Contoh Artikel Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar

contoh artikel


Contoh Artikel Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar. Contoh artikel adalah contoh karya tulis yang menyajikan ide atau fakta yang dapat memberikan informasi tertentu kepada pembaca. Isi artikel bervariasi tergantung pada jenis atau topik yang dipilih. Untuk dapat membuat sebuah artikel, ciri-ciri berikut harus disertakan, antara lain:

  1. Singkat, padat, jelas
  2. Pembersihan menyeluruh dan menyeluruh
  3. Dari fakta atau fakta
  4. Tidak ada plagiarisme atau konten asli penulis
  5. Usulkan ide berdasarkan kebutuhan pembaca

Contoh Kata Pengantar Terbaru

Artikel ini ditulis untuk berbagai tujuan, termasuk:

  • memberikan informasi
  • Mempengaruhi atau membujuk
  • untuk menghibur
  • Perkenalkan diri saya atau keberadaan penulis
  • Sampaikan ide atau pendapat
  • Temukan solusi untuk masalah tersebut


Untuk bisa membuat artikel yang menarik, orang harus mengasah kemampuannya dengan mengasahnya setiap hari. Semakin sering Anda menulis, semakin seseorang dapat meningkatkan keterampilan menulisnya. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat digunakan sebagai bahan referensi.

Contoh Cara Menulis Artikel

Contoh artikel opini

Ada banyak jenis artikel dengan konten dan metode penyajian yang berbeda, salah satunya adalah artikel opini. Penulis sering menggunakan artikel opini untuk menyampaikan pendapat atau opini pribadi, namun tetap seimbang dengan fakta yang disajikan melalui data. Untuk memahami artikel opini, sebaiknya pahami dulu pengertian dan contoh artikel opini.


Apa itu artikel opini?


Apa itu artikel opini? Padahal, dari namanya bisa dilihat bahwa artikel opini adalah artikel yang berisi opini, ide, dan pemikiran pribadi. Penulis biasanya menggambarkan subjek tulisan secara bebas, rasional, dan objektif, karena masih didukung oleh argumentasi yang didasarkan pada fakta-fakta logis.

Contoh Cara Menulis Artikel

Karangan opini merupakan gabungan dari objektif dan subjektif, karena walaupun opini berisi opini pribadi, namun tetap mengandung fakta. Artikel jenis ini dapat ditemukan di berbagai media, termasuk media cetak dan media lainnya. Untuk memahaminya dengan lebih baik, Anda dapat membaca contoh artikel sudut pandang yang benar tentang topik berikut.


Contoh artikel opini


Penulis biasanya menggunakan jenis esai opini untuk memberikan pendapat pribadi tentang masalah yang sedang terjadi. Banyak topik dapat dijadikan sebagai artikel sudut pandang yang menarik untuk didiskusikan. Berikut ini adalah contoh artikel opini tentang topik lingkungan dan politik isu terkini:

Cara Menulis Artikel

1. Contoh artikel opini tentang lingkungan


Lingkungan adalah topik yang sering diangkat dalam pembuatan berbagai artikel, dan artikel opini adalah salah satunya. Sebagai contoh artikel opini berikut tentang topik lingkungan:


Apa dampak dari bencana kabut asap?


Bencana kabut asap mewarnai langit di Indonesia setiap tahun, terutama di sebagian Kalimantan dan Sumatera. Entah sampai kapan masalah ini bisa diselesaikan, karena meski pelakunya dikatakan sudah ditangkap, sepertinya terjadi setiap tahun. Bencana kabut asap tahunan di Indonesia dapat menimbulkan banyak dampak, sebagai berikut:


1. Penyakit ISPA Terus Meningkat


ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) merupakan penyakit yang langsung dirasakan ketika terjadi bencana kabut asap. Oleh karena itu, jumlah ini terus meningkat seiring dengan intensitas kabut asap yang setiap hari mencemari udara. Entah sengaja atau tidak sengaja, warga sekitar terpaksa menghirup udara yang bercampur dengan asap pembakaran hutan.


Penderita ISPA sebagian besar adalah anak-anak dan orang tua, dan memang rentan terhadap infeksi saluran pernapasan. Meski begitu, warga dewasa dapat terkena ISPA jika harus terus menerus menghirup udara yang berasap.


2. Gangguan aktivitas sehari-hari


Karena bencana kabut asap, sejumlah besar sekolah terpaksa ditutup selama beberapa minggu. Bisa dibayangkan, hal ini membawa banyak kerugian bagi negara, mahasiswa yang seharusnya belajar ilmu harus mengambil cuti karena kabut asap.


Selain sekolah, kegiatan lain juga akan sangat terganggu akibat bencana kabut asap. Daerah yang terkena dampak paling parah adalah Riau dan Sampi, di mana kabut tebal sangat mempengaruhi jarak pandang. Akibatnya, aktivitas sehari-hari warga terganggu dan laju melambat.


3. Mencemari udara negara tetangga


Hal lain yang paling meresahkan adalah Indonesia juga harus mengakui bahwa hal itu juga mencemari udara negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Indonesia memang salah satu negara dengan kawasan hutan terluas di dunia, namun jika terus terbakar seperti ini, apa jadinya.


Negara ini tidak lagi menjadi salah satu paru-paru dunia, namun telah menjadi salah satu negara yang mencemari dunia dengan kabut asap. Untuk itu, kita harus segera mencari solusi untuk mengatasi masalah ini.


Ini adalah efek jangka pendek yang mungkin terjadi ketika bencana kabut asap di Indonesia belum teratasi. Padahal, tidak hanya efek jangka pendeknya saja, namun efek jangka panjang berupa penyakit akibat radikal bebas sudah terpendam di masyarakat. Sebaiknya pemerintah segera memperbaiki peraturan pemeliharaan hutan agar benar-benar mengendalikan pembukaan lahan di sana dan menghindari kebakaran hutan.


spin artikel indonesia

2. Contoh artikel opini tentang pendidikan


Pendidikan masih menjadi topik yang paling sering disebutkan dalam esai publik, karena pendidikan dianggap sebagai masalah yang perlu dipecahkan. Berikut ini adalah contoh artikel opini nyata dengan topik pendidikan:


Pendidikan tinggi tidak bisa menghasilkan orang-orang terpelajar


Segala macam kejahatan, perilaku yang memalukan dan masalah-masalah lain di masyarakat disebabkan oleh perilaku orang-orang yang tidak berpendidikan. Tingkat pendidikan warga negara Indonesia terus meningkat, korupsi, kolusi, nepotisme dan masalah lainnya masih ada, mengapa?


Orang pintar belum tentu berpendidikan


SMA hingga doktor atau bahkan profesor sebenarnya tidak serta merta mengubah perilaku seseorang. Mungkin sekolah-sekolah menengah Indonesia berhasil melatih orang-orang pintar tapi tidak berpendidikan. Fakta membuktikan masih banyak koruptor bahkan profesor bergelar sarjana yang harus menderita di penjara.

Artikel Pilar

Model pendidikan formal di Indonesia hanya mengajarkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat masyarakat menjadi lebih pintar. Namun sayangnya, tidak diajarkan dalam hal etika mendidik orang. Inilah sebabnya mengapa masih banyak orang pintar yang melakukan perilaku memalukan seperti korupsi.


Mungkin hanya di Indonesia, mantan koruptor masih bisa menjadi pemimpin institusi. Hal ini seharusnya tidak menjadi aib bagi semua pihak, meskipun masih banyak orang terpelajar yang belum terpilih.


Revisi sistem pendidikan formal mungkin bisa menjadi solusi


Jika sistem pendidikan formal Indonesia segera dimodifikasi melalui proses prioritas, tidak hanya akan menghasilkan orang-orang terpelajar. Bagi orang yang terbiasa menerima pendidikan hanya dengan melihat hasilnya, mereka tidak akan peduli bagaimana atau prosesnya. Tidak masalah metodenya benar atau tidak, yang penting hasilnya sesuai keinginan.


Ada masalah dengan sistem di negara ini, dan siswa melakukan segala kemungkinan untuk mencapai hasil yang ditargetkan. Metode yang digunakan juga harus dimasukkan dalam penilaian apakah metode tersebut benar atau salah. Oleh karena itu, ini berarti memperhatikan proses mendapatkan hasil yang diinginkan.


Efek dari sistem pendidikan yang menekankan pada proses adalah lahirnya orang-orang pintar yang terdidik, bukan orang-orang pintar yang sok. Jika Indonesia dapat mengubah sistem pendidikannya menjadi seperti ini, maka Indonesia bukannya tanpa kemungkinan korupsi.


Sudah saatnya semua pihak berjuang melalui pendidikan dan membebaskan Indonesia dari korupsi. Pendidikan di rumah bisa dimulai sejak usia muda, dan orang tua di rumah juga harus bekerja keras untuk melatih orang-orang terpelajar, bukan hanya orang pintar.


Nah ini adalah contoh artikel opini dengan dua topik yang berbeda, namun tetap memberikan artikel yang menarik untuk dibaca. Definisi dan contoh artikel sudut pandang di atas dapat digunakan sebagai referensi bagi pembaca untuk menulis artikel sudut pandang yang benar.


Tulisan diatas adalah beberapa contoh artikel yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis.

LihatTutupKomentar