Cara Menulis Artikel Dan Contoh Artikel

Cara Menulis Artikel
Cara Menulis Artikel Dan Contoh Artikel

Cara Menulis Artikel Dan Contoh Artikel. Akhir-akhir ini, warga sudah pasti dekat dengan tulisan atau review bersebaran di beberapa medium atau sosial media. Bahkan juga tulisan artikel dimana kebenarannya tidak cocok realitas juga banyak yang tertarik membaca dan turut menebarkannya.


Artikel✍️ Cara menulis artikel ✅
Metode Artikel📝 Cara membuat artikel ✅
Daftar Pustaka🟢 Cara menulis daftar pustaka dari artikel ✅
Artikel SEO🍭 Cara menulis artikel seo ✅


Tulisan-tulisan itu barangkali dapat dimaksud dengan artikel. Artikel sendiri yaitu karangan pendek, kira-kira di antara 400 sampai 2.000 kata, mengulas topik khusus dan diperuntukkan untuk memberikan pemikiran pada suatu fakta, baik berbentuk bukti, ide atau opini khusus.

Spin Artikel indonesia

Untuk beberapa orang cara menulis artikel itu gampang. Dia tinggal menulis apa isi kepalanya dalam satu tulisan maka jadilah artikel. Tetapi, tidak dapat disangkal beberapa individu berasa susah membuat artikel.Sekalipun bisa cara menulis artikel namun tidak memikat, berbelit-belit serta tak kaya data.


Nah,menurut Anda mengapa menulis artikel hoax itu senantiasa memikat? Walau informasinya berbohong kenapa orang ramai-ramai membacanya dan mendistribusikannya? Argumennya ialah lantaran pembikin hoax tahu apakah yang sedang disukai warga, apa yang lagi dibicarakan dan dibenci.

Scrape Artikel

Contoh: Warga sedang repot dengan kabut asap, karena itu tampil artikel hoax datangkan hujan bikinan dengan menjemur air garam.


Cara Menulis Opini


Nah, bila Anda pengin belajar cara menulis artikel memikat, menulis suatu hal kurang lebih akan berguna untuk warga, atau mengenai peristiwa yang lagi dibahas warga.


Memproses Tulisan Artikel


Selanjutnya, berikut tingkatan terpenting dalam membuat artikel, yakni memproses tulisan Anda. Sesudah Anda tentukan tema artikel, tentukan pemikiran, dan kumpulkan rujukan, tiba waktunya Anda memproses seluruh hal tersebut jadi satu tulisan utuh.


Ada banyak cara menulis artikel bagus.


Pertama, Anda harus tentukan style menulis spesifik. Ini bisa didapat dengan cara membaca tulisan seseorang, lalu bila Anda telah mendapati style menulis yang menurut Anda bagus dan pas untuk Anda, ikuti style itu. 

Artikel Auto Spinner

Kedua, memerhatikan tanda baca serta kalimat. Ini yang kerap lepas dari cara menulis artikel untuk pemula. Basic dari satu tulisan artikel ialah kalimat yang utuh. Lihat bagaimana Anda menaruh subyek predikat dan object, lalu tanda koma atau titik yang Anda pakai.


Ketiga, jauhi pemakaian kata yang serupa dalam satu paragraf. Atau bila Anda terpaksa sekali tuliskan kata yang serupa carilah persamaan katanya. Disini kemahiran kosakata Anda dapat dites. Pokoknya pakai kosakata yang kaya dan pakai KBBI bila perlu.


Saat proses menulis dalam artikel, lakukan menulis 5 sampai 7 kalimat pada sebuah paragraf. Anda tak perlu membuat begitu susah.


Langkah awal coba menulis 500 sampai 600 kata dahulu. Coba cara menulis artikel dengan 5 paragraf. Satu paragraf untuk pembuka, tiga paragraf untuk isi, dan satu paragraf untuk penutup.


Pakai pemikiran dan rujukan yang telah Anda kumpulkan jadi kalimat yang saling berlanjut. Sisanya, Anda tinggal latihan cara menulis artikel sesering mungkin.


Panduan cara menulis artikel


Ada banyak panduan lain dalam membuat artikel yang kemungkinan dapat Anda aplikasikan.


Tips Menulis Artikel


Misalkan, jangan kebanyakan menulis artikel pada awal, sebab ini kemungkinan dapat membuat Anda buntet bila belum terlatih. Tulislah sedikit-sedikit tapi sering.


Selanjutnya, pilih topik artikel yang akrab dengan Anda hingga lebih kuasai hal itu, jangan begitu mengawang-awang. Cukup pikir permasalahan pada topik itu, selanjutnya jabarkan pengetahuan Anda.


Cara Menulis Artikel



Cara menulis artikel ramah SEO untuk memulai blog.Memasuki dunia blogging memang tidak semudah yang dibayangkan, karena ada beberapa hal yang perlu dikuasai oleh beberapa blogger. 


Salah satu teknik yang perlu Anda kuasai adalah cara menulis artikel yang ramah SEO. Pertanyaan ini sangat penting karena artikel atau konten merupakan kunci penting agar banyak pengunjung yang dapat membacanya. Jika tercapai, metode berikut akan sangat efektif.


Anda perlu mengetahui banyak teknik SEO aga cara menulisr artikel atau konten yang Anda anggap serius memiliki kualitas yang unggul. Jika Anda dapat melakukan ini, kemampuan Anda untuk berada di puncak pencarian Google akan ditingkatkan. Pertanyaan ini sangat efektif untuk Anda ketika Anda menggunakan SEO untuk menulis artikel. Google semakin menyukainya.


1. Tetapkan Topik  Sebelum Menulis Artikel

Topik tulisan Anda harus detil. Makin detil makin memancing minat baca.


Tentukan Arah tulisan. Umumnya artikel, apa lagi dalam artikel tipe deskripsi dan narasi, tidak menjelaskan arah tulisan secara tertulis, tetapi tersurat.


2. Rumuskan gagasan dasar atau permasalahan menulis artikel

Nah, ini dapat memakai outline atau kerangka gagasan dasar per paragrafnya. Jadi misalkan Anda mau menjelaskan persoalan di paragraf pertama, contoh permasalahan di paragraf ke-2 , pemicu di paragraf ke-3 , imbas di paragraf empat dan jalan keluar di paragraf lima.


3. Bikinlah Ikhtisar Artikel

Ringkasan membuatnya gampang. Anda dapat membuat secara baik jika nalar atau alur artikel anda betul.


4. Pastikan kata kunci yang benar


Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memastikan bahwa kata kunci digunakan di awal. Anda dapat menggunakan alat-alat ini untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat untuk menulis artikel Anda. Dengan kata rahasia berikutnya, sebagian pengunjung dapat menuliskan kata kunci (keywords) yang ingin mereka cari melalui mesin pelacak.


Di tempat ini, Anda harus menjelajahi siapa audiens Anda dan siapa yang membaca situs Anda. Ini yang paling penting agar Anda bisa memastikan kata kunci yang benar. Anda dapat menentukan kata kunci yang biasanya diketik beberapa orang melalui mesin pencari. Anda tidak hanya dapat menggunakan alat, tetapi Anda juga dapat menentukan kata kunci (keywords) berdasarkan pertimbangan Anda sendiri, yang sama dengan materi atau konten yang Anda buat.


5. Konfirmasikan konten artikel yang diinginkan pembaca


Arah pembaca untuk mencari data melalui internet adalah memahami jawaban yang dicarinya. Pemilik blog atau situs web Anda harus membuat konten yang serius dan berkualitas sehingga pembaca puas dengan jawaban yang Anda dapatkan di situs web. Google sendiri bisa mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan banyak pengunjung untuk membaca di website Anda.


Semakin lama waktu membaca, semakin baik kualitas artikel Anda yang benar-benar dapat memenuhi persyaratan beberapa pembaca. Cobalah untuk menulis teks lengkap dan mampu menjawab banyak pertanyaan dari para seeker. Jika cara merekam artikel berdasarkan ekspektasi beberapa pencarian, Google bisa memberikan lebih banyak poin untuk artikel Anda.


6 Gunakan kata kunci kunci


Dengan menggunakan kata kunci terkonsentrasi (kata kunci), Anda dapat menerapkannya untuk membuat konten artikel (mis. SEO standar). Ini tidak berarti bahwa Anda menggunakannya berulang kali atau terlalu banyak. Jika Anda menggunakan terlalu banyak konsentrasi kata kunci, masalah ini akan terjadi di kemudian hari, sehingga menurunkan kualitas artikel Anda. Artikel ditulis oleh manusia, dan tentunya komposisi penulisannya harus sama dengan pemikiran manusia.


Anda dapat mengikuti artikel SEO untuk menjadikannya peringkat pertama di hasil pencarian Google. Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan dengan menulis artikel sehingga banyak pengunjung selalu dapat membacanya dengan mudah. Hanya menulis artikel berkualitas tinggi dan merevisinya terlepas dari apakah itu valid atau tidak. Jika mana yang bagus, Anda bisa mempublikasikannya.


7. Harus membaca artikel


Penulisan artikel SEO pasti terbaca oleh sebagian pengunjung. Di mana mereka akan menjelajahi konten artikel tersebut. Tidak hanya itu, baik dalam tanda baca maupun aspek lainnya, penulisan juga harus jelas dan teratur. Saat menulis artikel, Anda sangat membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi agar tidak ada kesalahan, dan Anda juga dapat memberikan profesionalisme tingkat tinggi untuk jaringan yang dijaga.


Jika sudah selesai menulis artikel untuk direvisi lagi tidak akan ada tanda baca atau salah penulisan, yang akan lebih efisien. Selain itu, jika ada tulisan yang salah atau mungkin tidak Anda inginkan, Anda juga bisa meminta bantuan pembaca untuk memberikan tanggapan. Melalui ini, Anda dapat melakukan perbaikan.


8. Gunakan tautan internal dan eksternal


Nantinya, pemandu akan menulis artikel yang dipublikasikan secara online, di mana sangat penting untuk menggunakan tautan internal dan eksternal. Manfaat tautan eksternal dan internal ini dapat memberikan informasi lebih banyak kepada pembaca tentang tujuan utama artikel yang dia tulis.


Tautan internal adalah tautan ke salah satu artikel di situs web itu sendiri. Pada saat yang sama, tautan eksternal adalah tautan ke situs web Anda, bukan hanya situs web Anda. Namun dalam dua jenis tautan ini, masing-masing memiliki efek yang serupa. Tetapi untuk tautan eksternal, ini merujuk ke situs web internal lain.


9. Perhatikan bagian penting blog


Saat menulis artikel, hal yang cukup penting untuk Anda terapkan secara efektif adalah dengan melihat komponen penting di website. Beberapa di antaranya termasuk URL, judul situs web, judul, dll. Elemen ini memiliki pengaruh terpenting pada kualitas artikel Anda sehingga memenuhi standar SEO.


Jika artikel Anda ingin ditampilkan di beranda, Anda harus melihat bagian ini. Ketiga hal tersebut sebenarnya merujuk pada konten web yang Anda hasilkan agar dapat berjalan dengan efisien. Layaknya judul artikel yang sangat menarik, judul artikel harus menggunakan kata kunci. Hal yang sama berlaku untuk bagian lain, seperti subtitle, URL, dan bagian lain.


10. Optimasi gambar


Optimasi gambar juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat membuat konten artikel berkualitas tinggi. Pembaca tidak akan bosan saat mengunjungi blog atau website yang berisi gambar. Apalagi jika konten artikel Anda lebih panjang, maka positioning gambar adalah pilihan terbaik Anda.


Anda harus menerapkan beberapa hal dalam pengoptimalan gambar agar sesuai dengan standar SEO. Saat membuat gambar, harus dipastikan bahwa nama sebenarnya dari file gambar yang dipublikasikan sama dengan konsentrasi kata kunci yang digunakan. Ini akan memudahkan Anda mencocokkan gambar artikel yang diupload. 


11. Unggah konten secara konsisten


Stabilitas adalah salah satu metode terpenting di mana stabilitas harus diterapkan. Beberapa orang sering kali tidak bisa tetap sama karena tidak membawa hasil. Dengan stabilitas, ini akan memberi Anda peluang besar untuk sukses. Karena Anda harus menulis setidaknya 3 artikel setiap hari, Anda harus menulis setidaknya 3 artikel setiap hari.


12. Tidak banyak kata


Google menyukai konten artikel atau menyiapkan detail sebanyak mungkin. Jumlah artikel yang diterapkan secara valid harus setidaknya 300 kata. Ini akan membuat konten Anda terlihat lebih baik. Tentu saja, beberapa pembaca yang mengunjungi situs Anda juga lebih nyaman. Semakin banyak konten yang dimiliki suatu artikel, semakin efisien, tetapi Anda juga harus memperhatikannya agar bermanfaat bagi pembaca tertentu.


Hal yang penting diingat dalam tulisan artikel ialah:


1. Elemen 5W+1H 

  • What: Apa masalahnya
  • Where : Di mana tempatnya
  • When : Kapan
  • Who : Siapakah yang menceritakan, atau bercerita mengenai siapa
  • Why : Mengapa masalah berlangsung
  • How : Bagaimana masalah itu dapat berlangsung, atau bagaimana masalah itu dituntaskan.


2. Sesuai Realitas

Artikel memanglah terdiri dari 2 yaitu Fiksi dan Nonfiksi. Dalam artikel bukan fiksi Anda pasti harus membuat sesuai kenyataan. Bagaimana cara mengenali itu kenyataan ataulah bukan, silahkan kerjakan check dan ricek dari bermacam sumber sampai dapatkah artikel cover both side.


Nah keutamaan menyampaikan hal sesuai bukti ialah lantaran sekarang ini undang-undang kita ketat sekali mengenai UU ITE yang akan memenjarakan orang yang menulis informasi berbohong atau hoax.


3. Jangan Menyentuh Pribadi atau Golongan

Seluruh orang bebas menulis, menulis apa yang dia kehendaki. Tetapi tulislah yang berguna, tidak cuma buah berpikir yang didalamnya menyudutkan seorang atau golongan spesifik. Kecuali akan mengakibatkan perseteruan, Anda pun mempunyai potensi menyalahi hukum dan bertemu dengan pihak berwajib.


Tipe Artikel


1. Artikel Deskripsi


Artikel uraian ialah karangan yang mempunyai tujuan untuk menulis kisah satu realitas hingga pembaca bisa menggambarkannya dalam pikiran. Saya lebih senang menyebutnya menjadi artikel gambaran. Karena 100 % artikel ini berisi deskripsi situasi, peristiwa, kejadian.


Contoh artikel


Asus Zenfone Max Pro ialah hp android keluaran Asus di tahun 2020. Hp ini tarik sebab mempunyai design yang lain dengan hp Asus seri awalnya. Ukuran monitornya lumayan besar yakni 5,2 inch. Hp ini termasuk tipis, yaitu cuman 7,7 mm. Hal itu membuat hp ini cukup tenteram dipegang. Namun benar-benar licin sebab disamping depan belakang ada kaca Gorila Glass dengan wujud 2,5D hingga cukup meliuk di pinggirannya. 


Di awal penggunaan sering saya menjatuhkannya. Tetapi hp ini cukup kuat. Cameranya berisi kristal safir hingga kuat dan menawan. Tombol volume dan power berada di samping kanan. Hp ini terhitung unibody hingga tidak dapat dilepaskan covernya. Slot memory dan kartu SIM berada disamping kiri. Disamping atas ada 3,5 mm audio jack dan disamping bawah ada port USB tipe C. Tombol khusus berbentuk panel sentuh dan ada berada di belakangnya ada sensor sidik jemari. Sepintas, hp ini terlihat seperti iPhone X. 


2. Artikel Narasi


Artikel tipe ini diperuntukkan untuk bercerita satu kondisi atau keadaan, baik berdasar posisi waktu atau posisi peristiwa.


Artikel narasi dapat seperti cerita (novel, cerpen, komik, dongeng, film, sinetron, dll), dalam artikel cerita harus ada penokohan, seperti pada narasi biasanya. Si figur dilukiskan selaku pribadi yang bergelut dengan permasalahan dan berkonflik dengan kehidupan. Dan dia usaha memenangi pertarungan itu. Ada perselisihan kehidupan membuat tulisan tipe ini memicu ketertarikan baca. Karena jika tidak ada perselisihan, maka suatu cerita bisa menjadi cemplang.


Contoh Artikel 


Salah satunya keperluan penting akan kesehatan lingkungan ialah permasalahan air bersih, sanitasi dan persampahan. Keperluan akan air bersih, pengendalian sampah yang tiap hari dibuat oleh warga dan pembuangan air sampah langsung disalurkan pada aliran/sungai. Hal itu mengakibatkan pandangkalan aliran/sungai, mampetnya aliran/sungai sebab sampah.


Di saat musim hujan terus berlangsung memunculkan penyakit dan banjir. Permasalahan air bersih adalah hal yang paling fatal untuk kehidupan kita. Di mana tiap hari kita memerlukan air bersih untuk minum, mengolah, mandi, beberapaya dan membersihkan. Sama air yang bersih tentu saja membuat kita terlepas dari penyakit.


3. Artikel Eksposisi


Artikel tipe ini adalah karangan yang mempunyai tujuan untuk merinci satu tema. Bisa berbentuk paparan mengenai pengertian, peranan, sisi dan manfaat satu ide. Dapat berbentuk cara, cara atau proses melakukan sesuatu. 


Keunikan artikel ini ialah memperlihatkan beberapa poin, urut-urutan angka, bagian demi bagian cara, menyamakan pengertian, dan lain-lain. Kadang ada elemen pemikiran individu dalam artikel tipe ini, kadang tidak.


Contoh Artikel


Evaluasi adalah salah satunya faktor yang paling bermakna dan dibutuhkan dalam kehidupan ini. Dengan adanya evaluasi, seorang tentu saja bisa membuat jati diri mereka. Ada juga jati diri tersebut sebenarnya bisa terbentuk karena adanya personalitas seorang.


Nah, menjawab hal itu, pemerintahan berusaha membuat personalitas itu dengan beberapa sistem.


Diantaranya adalah dengan menukar Kurikulum Unit Pengajaran ( KTSP) jadi kurikulum 13. Penggantian ini kenyataannya bagikan ketetapan adanya suatu hal dalam mekanisme evaluasi di Indonesia.


Alasantasi

evaluasi yang lebih mengutamakan ke segi ketrampilan dari murid secara orang.

Bisa disebutkan jika hal tersebut adalah suatu bentuk evaluasi yang berusaha buat mengeruk kekuatan pada diri seorang orang. Jika di kursi sekolah, sampai orang itu adalah murid atau simpatisan didik.


Hal itu sangatlah bermakna agar nanti bisa mengeruk talenta- talenta terselinap yang dimiliki oleh masing- masing murid.


Dan yang bermakna buat digarisbawahi adalah jika tiap- setiap murid tentu saja mempunyai kekuatan, talenta, dan juga kepandaian yang lain di antara satu yang lain. Tidak itu saja, sektor yang mereka meminati dan kuasai juga kenyataannya berbeda.


Seorang murid yang tidak pandai dalam satu pelajaran belumlah pasti ia adalah murid yang bermakna bodoh. Di bagian lainnya ia tentulah memiliki ketrampilan dan juga keunggulan spesifik.


Dan dengan adanya penilaian, sampai pandai atau tidaknya seorang simpatisan didik.


Di mana hal ini tidak akan selalu didetetapkan oleh pandai atau tidaknya dia dalam kelas. Guru juga tidak diperbolehkan bagikan merek bodoh ke murid jika kebenaran ia tidak pintar dalam hal mata pelajaran kelas.


kenyataannya hal ini juga telah diusahakan oleh pemerintah. Adalah dengan bagikan kurikulum terbaru di dunia evaluasi yang dijumpai dengan Kurikulum 13.


Dengan adanya kurikulum ini, sampai pemerintahan berusaha melakukan penggalian kekuatan di tiap- setiap murid dan juga berusaha memberikan personalitas dari murid itu sendiri.


Penegasan Ulang


Evaluasi personalitas adalah bekal sejak awal untuk murid di periode yang akan datang. Murid perlu memiliki sikap tolerir sejak disaat ini dengan sesamanya.


Mereka juga harus memiliki kekuatan atau kemampuan yang bisa dibanggakan agar bangsa ini sekian tahun di depan betul- benar mampu menyikapi dan alami perkembangan zaman yang tetap jadi berkembang.


4. Artikel Persuasi

Artikel tipe ini populer dengan artikel motivasi. Karena cara menulis artikelnya memiliki sifat merayu alias persuasif. Dampaknya bisa gerakkan pembaca untuk lakukan atau mengikut suatu hal dan kebalikannya tinggalkan suatu hal.sebuah hal. 


Artikel ini umumnya sering dipakai oleh pelaku bisnis, konselor, agamawan, psikiater, terapi, pengambil peraturan dan siapa saja yang pengin membawa publik untuk ingin, ikhlas, semangat, bergairah mengaminkan dan tidak menampik apa yang mereka pasarkan.


Contoh artikel

Tinggal di kota yang padat seperti pada Jakarta, tiap setiap pribadi seharusnya jaga kebersihan lingkungan. Salah satunya langkah yang termudah dalam jaga kebersihan lingkungan dengan buang sampah pada tempatnya. Seperti waktu musim hujan di beberapa pintu air yang berada di Jakarta dipenuhi oleh timbunan sampah yang tidak nikmat dipandang. Ini kerap menyebabkan air membludak dan banjir di wilayah permukiman.


Sampah yang dibuang asal-asalan akan menutup saluran air pada selokan. Saat hujan datang akan mengakibatkan banjir sebab air tidak bisa mengucur pada selokan. Karena itu mari kita selalu jaga kebersihan lingkungan dengan buang sampah pada lokasi yang sudah disediakan.


Paling akhir, jangan sampai stop latihan menulis artikel, sebab menulis tidaklah kemampuan yang terkuasai secara instant, semua perlu pembiasaan dan latihan. 


Sampai Anda dapat membuat artikel secara baik dan bagus.Begitu penjelasan berkenaan cara menulis artikel, beberapa jenisnya sampai contoh-contoh artikel. Mudah-mudahan berguna.


Cara membuat artikel yang baik dan benar dan contohnya

Artikel adalah langkah untuk sampaikan ide atau info lewat internet. Arah pembikinannya juga cukup bermacam, dimulai dari untuk mendidik sampai pasarkan produk dari sebuah usaha. Supaya artikel yang dibuat berkualitas, Anda perlu ikuti panduan dan langkah menulis artikel yang benar dan baik di bawah ini.

Untuk hasilkan satu artikel, penulis tentu membutuhkan beberapa penyiapan yang perlu dilaksanakan. Minimal, ada 3 formasi menulis artikel pada proses preparing.

  1. Tentukan topik yang ingin dikatakan
  2. Kerjakan penelitian cepat dan buat daftar rekomendasi
  3. Tetapkan gagasan dasar dan rangka artikel

Keyword : cara menulis daftar pustaka dari artikel, cara menulis artikel, cara menulis artikel yang baik, cara menulis artikel ilmiah, cara menulis footnote dari artikel, cara menulis daftar pustaka artikel, cara menulis artikel seo, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di google, cara menulis artikel opini, cara menulis artikel di blog, cara menulis referensi dari artikel, cara menulis daftar pustaka dari artikel internet, tata cara menulis artikel, cara menulis dan membaca artikel serba serbi ilmu, cara menulis daftar pustaka dari artikel jurnal, cara mendapatkan uang dari menulis artikel di internet, cara menulis artikel yang berkualitas, cara menulis sumber dari artikel, cara menulis artikel di babe, cara menulis artikel yang baik di blog, cara menulis daftar pustaka dari artikel ilmiah, bagaimana cara menulis artikel praktis, bagaimana cara menulis artikel, cara menulis abstrak artikel, cara menulis artikel yang benar, bagaimana cara mengumpulkan data untuk menulis artikel, cara menulis artikel populer, cara menulis artikel yang menarik, cara menulis artikel di uc news, cara menulis daftar pustaka artikel dari internet, cara menulis catatan kaki dari artikel, cara menulis footnote dari artikel internet, cara menulis artikel di kompasiana, cara menulis artikel di jalantikus, cara mendapatkan uang dari menulis artikel, cara menulis artikel seo friendly, cara menulis judul artikel, cara menulis artikel dan contohnya, cara menulis pendahuluan artikel, cara menulis artikel berita, cara menulis artikel jurnal, bagaimana cara menulis artikel yang baik, cara menulis kutipan dari artikel internet, sebutkan cara menulis artikel, contoh cara menulis artikel, cara menulis dapus dari artikel internet, cara menulis artikel seo friendly berkualitas, cara menulis footnote artikel, cara menulis artikel di vebma,
LihatTutupKomentar