Anchor Text Cara Membuat Dan Menggunakannya

Anchor text adalah link atau tautan yang disertai beberapa sisispan kata yang dalam sebuah artikel. Pengertian umumnya dengan bahasa yang mudah dimengerti adalah sisispan kata atau keyword yang dipakai untuk memanggil artikel didalam search engine.

Setelah menguasai cara menulis artikel pilar, skill berikutnya yang harus dikuasai adalah membuat anchor text. Artikel bagus tapi tidak mengerti dan bisa membuat artikel bertanggar di halaman pertama google adalah kesia-sian. Inilah pentingnya menguasai cara pembuatan dan penggunaan kata sisipan.

Secara dasar pembuatan kata sisipan terbagi menjadi 9 cara

cara buat anchor text

Branded Anchors

Kata sisipan yang dipakai untuk menaikkan domain authority dari sebuah website. Anggap saja domain blog anda masih baru dengan DA 1 untuk memperkuat authority domain maka digunakan branded anchors. Tiap sisipan kata yang anda gunakan pada artikel backlink berupa nama website, contoh:

nama website : indrak.eu.org

Sisipan kata Brand anchorsnya adalah : indrak atau indrak.eu.org di tiap artikel backlink yang dibuat.

Generic Anchors text

Sisipan kata generic paling sering kita jumpai baik dalam artikel backlink maupun artikel internal link. Mungkin anda sering mendengar gunakan kata call to action biasanya pemain affiliate dan marketing. Contoh kata yang disebut generic anchor adalah :

  • klik disini
  • masuk kesini
  • coba kesini
Cara Mencari Expired Tumblr

Sisipan Link blog tanpa menggunakan anchor text


Biasanya dalam artikel pada bagian akhir bentuknya seperti ini :

sumber : www.indrak.eu.org

Kata sisipan model seperti ini paling banyak digunakan saat sekarang karena dianggap paling aman dari penalti google.

Tanpa anchors text

Trick jadul dan sering dilakukan secara tidak sengaja. Akhir-akhir ini kembali lagi populer banyak digunakan brand besar caranya juga sangat mudah. Saat anda membuat backlink dalam sebuah artikel untuk image bagian alt text kosongkan saja.

Atau cara yang kedua yang juga sering terjadi terutama di forum-forum adalah memposting komentar dengan link tanpa text seperti https:// www indrak eu org. Kalau di cek dengan ahrefs akan muncul sebagai <a>no text</a>.

Sebagai variasi sisipan kata cara ini bisa dipakai karena sangat terlihat natural, dan sangat khas reader forum kasih url tanpa anchor.

Image Anchors

Gunakan keyword utama artikel anda dalam alt text image dan gunakan keyword turunan dari artikel untuk gambar berikut. Jika artikel anda menggunakan banyak image gunakan sisipan kata dari turunan keyword utama artikel anda.

contoh : keyword utama artikel adalah sambal

turunan keyword yang bisa dipakai adalah : resep sambal - sambal balacan - sambal goreng- resep sambal tradisional dst.

Kombinasi anchors dari Brand dan keyword utama

Caranya juga sangat mudah tinggal memberikan sisipan link dari perpaduan nama website dan keyword blog anda.

Contohnya : indrak jual adsense

Penelusuran terkait

Cara ini menggunakan google sugest dalam menerapkan anchor textnya. Cukup anda ketikan keyword artikel utama dalam google search dan lihat paling bawah penelusuran terkait biasanya ada 8 atau 10 keyword yang muncul disana. Itu digunakan sebagai kata sisipan dalam artikel backlink.

Partial match anchor text

Perpaduan cara yang menggunakan kata call to action dengan keyword utama artikel anda.

contoh : keyword utama resep sambal.
hasil : Untuk resep sambal lainya silahkan klik disini.

Exact Match Anchor text

Ini adalah rajanya anchor text paling disenangi dan paling banyak dipakai oleh blogger. Anchor jenis  ini sangat powerfull sekaligus sangat beresiko blog terkena pinalti dari google. Anchor ini menggunakan keyword utama sebagai sisipan kata di artikel backlink.

Contoh : keyword utama sambal

Hasil : secara murni hanya menggunakan kata "sambal" sebagai sisipan kata di semua artikel backlink yang dibuat. Kalau anda membuat 100 backlink artikel maka semuanya menggunakan anchor text "sambal".

Ini adalah 9 cara dan jenis penulisan anchor text yang berlaku secara umum dalam dunia blogger. Dalam melakukan kata sisipan untuk artikel backlink yang mengarahkan link ke blog sebaiknya jangan terlalu agresif dengan satu metode. Yang banyak di penalti google menyebabkan blog terkena deindex adalah membuat banyak sisipan kata dengan cara exact match.

Melakukan backlink untuk blog bukannya terlarang tapi melakukan backlink dengan anchor text yang agresif atau terlalu berlebihan. Backlink blog anda akan dinilai google tidak natural tidak alami oleh karena ini anda terkena deindex.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, saat melakukan backlink jangan hanya menggunakan 1 metode dari 9 metode diatas tapi lakukan dengan mencampur metode.

Cara sisipkan kata dengan annotation text

Ada satu cara anchors text yang sekarang lagi banyak digunakan blog bule yaitu annotation text. Apa itu annotation text ? sebuah kalimat yang berisi sisipan kata serta generic anchor dan yang mendapat link pengait ke blog utama adalah pada generic anchor.

contoh : Template blogspot fast loading terbaik saat ini adalah oreo untuk informasi lebih lanjut klik disini.

Oreo adalah keyword utama tidak diberi link tapi 'klik disini' yang generic anchor yang diberikan link. Atau bisa juga dikombinasikan dengan url telanjang seperti berikut:

contoh :  Template oreo sangat rekomendasi untuk dipakai blog pemula karena seo friendly dan fast loading dapatkan filenya di https://www.indrak.eu.org

Cara anchor text seperti diatas sedang menjadi trend dan banyak digunakan oleh blog-blog besar. Setelah paham cara-cara sisipan kata diatas pertanyaan berikutnya pasti seputar berapa jumlah yang tepat dalam melakukan sisipan kata di artikel pada blog backlink?.

Tidak ada jumlah yang pasti apalagi untuk blog pemula, tapi satu yang jelas yaitu semakin tinggi domain authority yang blog miliki semakin banyak anchor text yang dapat dibuat. Semakin kecil domain authority sebuah blog makin terbatas jumlah sisipan kata yang bisa dibuat dalam artikel backlink.


Jumlah Anchor Text paling aman untuk blog pemula

Jumlah disini adalah keseluruhan dari artikel backlink yang anda buat. Misal anda mentargetkan 100 artikel backlink untuk 100 web 2.0. Maka hitungan paling aman sisipan text dengan asumsi domain authority blog masih dibawah 10 adalah :

  • 70% sisipan kata menggunakan metode branded anchors ( 70 artikel )
  • 20% menggunakan sisipan link anchors ( 20 artikel )
  • 5% dengan generic anchor ( 5 artikel )
  • 3 % metode partial match ( 3 artikel )
  • 2% exact match ( 2 artikel )

Penjelasanya begini kenapa porsi branded lebih banyak dibanding exact yang sangat jelas mengandung keyword artikel. Karena domain authority masih kecil untuk bermain exact match sangat riskan. Lebih bijak jika up dahulu DA blog sampai di angka misal 20-30 baru porsi exact match di tambah.

Kalau tetap ingin memakai exact match lakukan saja dalam internal link di artikel pendukung itu jauh lebih baik dan lebih aman.

Cara mengirit backlinks dengan anchor text

anchors text

  1. Buat artikel backlink di website (A) yang punya authority lumayan semisal DA 20 dalam artikel kita akan menggunakan anchor text keyword dengan metode exact match dan kaitkan dengan artikel blog utama. Selanjutnya berikan branded anchor ke blog (B).
  2. Buat lagi artikel backlink di blogspot (B) dengan DA bebas kalau bisa dapat DA besar pakai. Dalam artikel gunakan metode branded anchor dan berikan brandednya ke website (C).
  3. Bikin artikel backlink di weebly (C) gunakan metode partial match dan berikan link ke blog (D).
  4. Selanjutnya dari blog D buat artikel di wix gunakan metode naked link dan berikan anchornya ke blog (E).
  5. Dari blog E buat artikel backlink tumblr dengan metode generic anchor berikan anchornya ke blog (F).
  6. Terkahir dari blog F buat artikel di wordpress berikan branded anchor kepada blog (A).


Ini adalah lingkaran sisipan kata yang bisa dibilang lebih terlihat natural dan bisa mencegah blog kita dari intaian google deindex. Apakah ke 6 blog diatas perlu di optimasi lebih lanjut ? tidak perlu hanya blog (A) saja yang dilakukan optimasi lebih lanjut. Sementara untuk B,C,D,E,F cukup lakukan share di tempat tempat berikut :

  • Directories seperti freeadstime org
  • Business Citation seperti foursquare
  • Press realese seperti yumpu com
  • Social bookmarking seperti chirpstory
  • Forum signature contoh kaskus
  • Profile links bisa dilakukan di wattpad

Q & A , Bagaimana dengan Blog yang sudah terlanjut over optimized anchor text exact match ? 

  • Sebenarnya sangat jarang blog terkena pinalti dari google hanya karena over optimized anchor text. Yang kebanyakan terjadi dikarenakan link-link jelek dipakai untuk backlink serta menggunakan artikel kopasan tanpa dimodifikasi lebih dahulu.
  • Kalau begitu apakah perlu disavow link ? jangan disavow link meski tempat backlink anda sangat buruk karena terindikasi link spam jangan dihapus. Tapi tambahkan backlink dari situs yang berkualitas untuk menutupi backlink yang buruk. Ketika anda menghapus backlink yang buruk maka DA akan ikut turun.
  • Ini sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang mempertanyakan ada blog punya backlink dari situs jelek tapi tetap ngacir. Itu karena jumlah backlink berkualitas dia jauh lebih banyak dibanding backlink yang buruk.
  • Setelah membaca artikel ini boleh tidak saya mengganti anchor text di artikel backlink ? tidak jangan lakukan itu karena artikel backlink anda sudah terindex dengan segala isinya lebih baik buat artikel baru.


Anchor text salah satu faktor terpenting dalam seo on page terutama jika anda ingin mengalahkan kompetitor. Kombinasi artikel pilar - internal link dan backlink - anchor text yang tepat akan membuat blog anda menguasai search engine dengan mudah.
LihatTutupKomentar