SEO Youtube | Cara Rank Video Youtube

SEO Youtube,Cara Rank Video Youtube. Bukan rahasia lagi bahwa video adalah bagian dari pemasaran online. Saat ini, video menjadi salah satu konten yang paling populer karena kebanyakan orang lebih suka menonton video daripada membaca artikel karena lebih menarik secara visual.


Tingkat keterlibatan pemirsa video juga lebih tinggi daripada artikel, tetapi sayangnya, masih banyak orang yang belum menggunakan video sebagai bagian dari strategi SEO mereka. Ini mungkin karena tidak banyak diskusi tentang pengoptimalan mesin pencari video.


Untuk artikel atau konten lainnya, video SEO sendiri memang lebih teknis dari SEO. Namun, jika Anda dapat mengoptimalkan SEO video yang diunggah, video dapat menjadi jenis konten yang kuat yang dapat meningkatkan kesadaran merek atau lalu lintas situs web Anda. Lihat komentar di bawah ini.



Tentukan kata kunci yang tepat untuk video Anda


Langkah pertama yang dilakukan mirip dengan langkah-langkah teknik SEO blog, yaitu meneliti dan mengidentifikasi kata kunci. Kata kunci juga merupakan bagian penting dari pengoptimalan mesin pencari video. Riset kata kunci dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang sedang populer dan diminati, sehingga membantu Anda menentukan konsep atau tema video. Anda juga dapat memperkirakan berapa banyak lalu lintas yang akan Anda dapatkan.


Meski begitu, cara meneliti kata kunci video berbeda dengan menentukan kata kunci postingan blog. Ada dua alasan untuk metode penelitian yang berbeda ini. Pertama, jika Anda menggunakan YouTube, kebanyakan orang akan menemukan video Anda dari video yang direkomendasikan.


Tidak banyak orang yang akan menemukan video Anda karena mereka akan mencari sendiri judul video Anda. Alasan kedua adalah bahwa Google dan YouTube bekerja secara berbeda. Konten yang dicari di Google biasanya berbeda dengan konten yang dicari di YouTube.


Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dengan kata kunci saat mengunggah video ke Internet. Gunakan alat Saran YouTube untuk menemukan saran atau inspirasi kata kunci.


Mirip dengan Google Suggest, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang ingin digunakan di kolom pencarian YouTube. Saran yang muncul ini adalah kata kunci yang sering dicari orang di Youtube.


Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tag TubeBuddy untuk meningkatkan SEO video. Ini adalah ekstensi dari Google Chrome. Tujuan ekstensi ini adalah untuk melihat tag yang digunakan oleh orang lain. Dari TubeBuddy, Anda dapat melihat tag mana yang sering digunakan dan tag yang membuat video muncul di halaman pertama pencarian YouTube.


YTCockpit adalah alat penelitian lain yang dapat digunakan. Alat ini dirancang khusus untuk YouTube. Cara penggunaannya sangat sederhana, Anda hanya perlu membuka website, memasukkan kata kunci, dan YTCockpit akan memberikan beberapa saran dan indikator kata kunci untuk setiap kata kunci yang ditampilkan.


Jika saluran YouTube Anda mendapatkan lalu lintas yang cukup, Anda juga dapat menggunakan statistik analisis YouTube untuk melihat kata kunci mana di saluran Anda yang paling populer. Anda dapat menemukan halaman analitik di dasbor YouTube. Kemudian pilih sumber lalu lintas dan klik Youtube untuk mencari.


Di sana, Anda dapat menemukan kata kunci paling populer di saluran. Dari daftar kata kunci, Anda dapat melakukan dua hal. Salah satunya, Anda bisa mengoptimalkan SEO dari video yang ada.


Anda dapat menambahkan tag dan kata kunci yang relevan ke deskripsi video. Anda kemudian dapat menggunakan kata kunci ini untuk membuat video. Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan bahwa video baru Anda lebih cocok dengan kata kunci ini.


Buat video menarik


Tentunya untuk menarik perhatian, video yang menarik adalah sebuah keharusan. Ini adalah langkah optimasi mesin pencari video yang sangat penting, karena video yang menarik akan membuat orang menonton video dari awal hingga akhir. Pastikan juga konten video Anda menginformasikan penonton dan cocok dengan kata kunci yang Anda targetkan.


Pengingat penting, fokuslah pada 15 detik pertama. Pasalnya, setelah seseorang membuka video selama 15 detik pertama, YouTube dapat merekam apakah video Anda telah menarik perhatian. Ini juga akan mempengaruhi peringkat video Anda, karena mereka akan menempatkan video yang mendapat perhatian dalam waktu 15 detik di peringkat yang lebih tinggi.


Jangan takut untuk membuat video panjang. Sebagian besar video yang muncul di halaman pertama hasil pencarian YouTube cukup panjang, biasanya lebih dari 10 menit.


Video berdurasi panjang juga akan memungkinkan pemirsa Anda menonton video lebih lama, yang pasti akan membantu pengoptimalan mesin pencari video Anda.


Optimalkan video di YouTube


Untuk mengoptimalkan SEO video YouTube, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci pada judul video. Pastikan kata kunci utama yang Anda gunakan muncul di judul. Judul adalah bagian pertama dari YouTube dan bahkan indeks Google. Menyertakan kata kunci dalam judul video juga akan memaksimalkan rasio klik-tayang (RKT).


Selain judul, perhatikan juga deskripsi videonya. Batasi deskripsi hingga 200 kata, karena semakin jelas deskripsi yang Anda berikan, akan semakin mudah bagi YouTube dan Google untuk mengenali konten video Anda.


Pemahaman YouTube yang lebih mendalam tentang video dapat membantu video Anda muncul di rekomendasi terkait atau video yang direkomendasikan. Tag video YouTube tidak berpengaruh seperti dulu, tetapi tetap penting. Pastikan kata kunci Anda termasuk dalam tag ini.


Youtube dapat mendeteksi beberapa kata dalam video dengan tingkat akurasi hingga 90%. Ketika YouTube membaca kata kunci target Anda, mereka dapat memahami bahwa video Anda adalah untuk kata kunci tersebut. Sama seperti teknik SEO dalam menulis, jangan terlalu sering mengulang kata kunci karena akan terbaca seperti spam.


Seperti disebutkan di atas, CTR juga perlu dimaksimalkan. YouTube menggunakan rasio klik-tayang untuk memberi peringkat video. Jika pengguna mencari kata kunci dan memilih video untuk ditonton, itu akan meningkatkan rasio klik-tayang Anda. Semakin tinggi rasio klik-tayang yang Anda dapatkan, semakin tinggi peringkat video Anda.


Untuk meningkatkan CTR, pastikan Anda menggunakan headline yang menarik dan informatif. Namun jangan gunakan judul clickbait, atau judul yang menipu penonton hanya untuk meningkatkan penayangan video. Selain judul, thumbnail juga penting, jadi kamu harus membuatnya terlihat menarik.


Langkah terakhir dalam memaksimalkan rasio klik-tayang adalah menulis deskripsi yang menarik. Youtube menampilkan 125 karakter pertama dari deskripsi video. 125 karakter tersebut harus menarik agar orang mengklik video Anda.


Authority Channel


Mungkin Anda jarang mendengar tentang izin saluran. Pada dasarnya, video yang diunggah di saluran dengan otoritas tinggi dan komunitas yang kuat akan berperingkat lebih tinggi daripada video yang diunggah di saluran baru. Ada beberapa cara untuk menetapkan izin saluran untuk akun YouTube Anda.


Pertama, buat saluran gambar Anda. Mengapa saluran Anda berbeda dari saluran YouTube lainnya? Ini adalah pertanyaan pertama yang harus Anda pertimbangkan. Pemirsa akan bertanya mengapa Anda membuat saluran dan apa yang bisa mereka dapatkan dari saluran YouTube Anda.


Jika Anda memiliki pesan dan topik yang konsisten di saluran Anda, pengguna YouTube akan lebih termotivasi untuk berlangganan.


Anda juga dapat mengunggah judul dan logo di saluran YouTube Anda, gambar yang menggambarkan saluran YouTube Anda, dan slogan agar pemirsa Anda tahu cara fokus mengunggah video di saluran YouTube Anda.


Deskripsi halaman juga dapat membantu fase branding, terutama jika Anda menyertakan kata kunci target untuk menginformasikan fokus saluran YouTube Anda.


Membuat daftar putar juga dapat membantu meningkatkan izin saluran Anda. Pastikan daftar putar Anda dapat membantu mewakili saluran Anda. Jika Anda menggunakan kata kunci ekor panjang untuk memberi nama daftar putar ini, itu bagus.


Salah satu faktor yang meningkatkan izin saluran adalah jumlah pelanggan atau pelanggan saluran Anda. Anda bisa membuat channel trailer untuk menambah jumlah subscriber, karena dengan channel trailer, Anda bisa langsung memperkenalkan channel YouTube Anda kepada calon pelanggan.


Durasi cuplikan video biasanya tidak lebih dari satu menit, di mana Anda harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Siapa kamu?
  • Mengapa orang harus menonton video Anda?
  • Apa yang membuat saluran Anda unik?
  • Mengapa orang harus berlangganan saluran YouTube Anda?


Cara lain untuk meningkatkan pelanggan adalah dengan meminta pemirsa untuk berlangganan di akhir video. Cara ini banyak digunakan oleh para Youtuber, bahkan para Youtuber ternama sekalipun. Jika seseorang telah menonton video Anda dari awal hingga akhir, kemungkinan besar mereka akan berlangganan saluran Anda.


Jangan lupa untuk memasukkan tautan saluran YouTube Anda di situs web dan media sosial yang dapat Anda andalkan setiap saat.


Unggah video berkualitas tinggi


Video berkualitas tinggi (HD) adalah video yang memiliki gambar berkualitas tinggi yang jernih dan tidak terlihat retak atau buram.


Untuk membuat video definisi tinggi, Anda memerlukan kamera atau camcorder genggam, karena jika ponsel Anda tidak dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi, konten yang direkam akan jauh lebih baik daripada yang direkam oleh ponsel. Youtube sangat mementingkan kepuasan penonton, sehingga mereka lebih memilih video berkualitas tinggi.


Bagikan video Anda


Anda dapat menggunakan banyak platform media sosial untuk mempromosikan video Anda, seperti Twitter, Instagram, atau Facebook. Anda juga dapat memberikan video Anda ke situs berita populer yang memiliki jutaan pengunjung setiap hari. Ini dapat membantu Anda menarik lebih banyak pengunjung.


Selain media sosial, Anda juga dapat menggunakan forum untuk memperluas audiens Anda. Unggah tautan video Anda dalam topik terkait.


Anda juga dapat membuat utas Anda sendiri untuk berbagi video. Jangan mengirim spam saat membagikan video Anda di forum.


Jika ini terjadi, akun dan video Anda mungkin ditandai sebagai spam. Anda harus menunggu dengan sabar hingga hasil backlink ini meningkatkan jumlah pelanggan saluran Anda dan jumlah penayangan video.


Selain media sosial dan forum, Anda juga bisa menggunakan email. Beri tahu pelanggan Anda bahwa Anda telah mengunggah video baru sehingga pengguna ini bisa mendapatkan konten berkualitas dari Anda, dan video Anda dapat dilihat oleh penerima email.


Anda juga dapat menyematkan atau menempatkan video di blog atau situs web. Mengintegrasikan konten dengan video melalui penyematan dapat membantu Anda mendapatkan tautan balik. Sebagian besar Youtuber mempromosikan video mereka dengan menempatkan tautan ke video lain di akhir video mereka.


Seperti halnya subscriber, orang yang menonton video Anda dari awal hingga akhir akan cenderung menonton video lain yang Anda rekomendasikan.


Optimalkan untuk meningkatkan peringkat di Google

cara rank video youtube
cara rank video youtube


Kata kunci pencarian Google untuk menemukan hasil video. Oleh karena itu, Anda mungkin harus fokus menemukan kata kunci yang tepat untuk Google, karena ini sedikit berbeda dari YouTube. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan Google Suggest untuk melihat kata kunci mana yang biasanya berperingkat tinggi untuk video di Google.


Jika Anda ingin video YouTube Anda mendapat peringkat tinggi, selain mengoptimalkan video dan membuat video yang menarik, semuanya kembali ke backlink yang Anda dapatkan. Semakin banyak backlink yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat video Anda di halaman hasil pencarian Google.

LihatTutupKomentar