Belajar SEO Dasar Bagi Blogger Pemula

belajar seo
belajar seo

Belajar SEO Dasar Bagi Blogger Pemula. Tidak berhenti belajar SEO. Mengingat algoritma Google yang terus berubah, strategi SEO harus selalu diperbarui. Kalau tidak, sulit untuk bersaing di halaman pencarian.


Belajar seo, belajar seo gratis, cara belajar seo, belajar seo website, belajar seo blogger pemula, belajar seo untuk pemula, seo belajar, belajar seo google, belajar teknik seo.

Tentu saja, Anda tidak ingin hal ini terjadi di situs web Anda, bukan?




Jadi, pada artikel ini, kami mengajak Anda untuk belajar SEO berdasarkan algoritma Google terbaru. Apa yang perlu dipelajari?


Untuk kenyamanan, kami telah membagi artikel penelitian SEO blog ini menjadi sepuluh bagian utama:


  • Konsep Dasar SEO
  • Optimasi Kecepatan Website
  • Optimasi Website Agar Mobile Friendly
  • Riset Keyword
  • Membuat Konten
  • On Page SEO
  • Technical SEO
  • Off Page SEO
  • Link Building
  • Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking


Kita urutkan dari diskusi yang paling sederhana. Jadi meskipun Anda seorang pemula, Anda dapat memahaminya dengan baik.


Konsep dasar SEO

Untuk mempelajari SEO, Anda perlu memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah optimasi website yang bisa mendapatkan peringkat tertinggi di halaman pencarian Google.


Situs web peringkat teratas akan mendapatkan banyak pengunjung berkualitas tinggi secara gratis. Bahkan, posisi nomor satu di mesin pencari mendominasi hasil klik sebanyak 10 kali.


Namun, karena Google merahasiakan teknologi peringkatnya, kita dapat melihat beberapa indikator utama SEO. Pertama-tama, Google menyukai situs web yang cepat. Kedua, Google menyukai artikel yang bermanfaat dan relevan. Ada banyak lagi.


Pengoptimalan kecepatan situs web

Sebelum masuk ke berbagai optimasi lainnya, umumnya belajar SEO harus dimulai dengan optimasi website agar lebih cepat. Karena kecepatan adalah salah satu faktor peringkat Google.



Jangan gunakan asumsi. Gunakan berbagai alat seperti Google PageSpeed ​​​​Insights atau GTMetrix untuk memeriksa. Setelah mendapatkan hasil, optimalkan sesuai rekomendasi.


Jika masalahnya ada di server, pastikan kualitas hosting dan lokasi server dalam kondisi terbaik. Jika ada kesalahan konfigurasi atau script yang mengganggu, mohon segera diperbaiki. Jangan lupa, selalu aktifkan teknologi kompresi seperti Gzip atau Brotli.


Memastikan bahwa situs web Anda sepenuhnya dioptimalkan adalah prasyarat untuk hasil terbaik.


Situs web yang dioptimalkan untuk seluler

Pengguna smartphone semakin banyak, dan akses internet terutama dilakukan melalui perangkat seluler. Adalah suatu kesalahan untuk tidak membuat situs web Anda ramah seluler.


Selain itu, Google memprioritaskan situs yang cocok untuk perangkat seluler untuk muncul di peringkat teratas hasil pencarian.


Cara melakukannya, Anda dapat menginstal tema situs web responsif. Tidak hanya itu, jangan lupa gunakan font yang mudah dibaca dan sediakan ruang putih yang cukup. Untuk pengoptimalan yang lebih baik, silakan gunakan AMP (Accelerated Mobile Pages). Dan, ada beberapa tips lainnya.


Riset Kata Kunci

Saat mempelajari SEO, riset kata kunci sama pentingnya. Adalah suatu kesalahan untuk membuat konten tanpa riset kata kunci. Karena riset kata kunci dapat membantu Anda memahami kebutuhan pengguna internet saat ini.



Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan riset kata kunci adalah:


Volume pencarian, yang menunjukkan jumlah kata kunci yang dimasukkan di Google saat mencari. Tingkat kesulitan kata kunci Tingkat kesulitan kata kunci berada di halaman pertama mesin pencari.


Selain itu, terdapat saran kata kunci yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci dengan maksud yang sama. Hasil pencarian juga penting untuk menganalisis bagaimana peringkat pesaing di tempat pertama.


Dengan melakukan riset kata kunci, Anda akan tahu apa yang terbaik untuk konten situs web Anda.


Buat konten

Membuat konten adalah tahap belajar SEO setelah menyelesaikan riset kata kunci.


Untuk dapat menghasilkan konten berkualitas tinggi, beberapa syarat harus dipenuhi:


  1. Pastikan konten Anda relevan dengan kebutuhan pembaca Anda. Jika tidak, blog/situs web Anda mungkin tidak dapat diakses. 
  2. Buat konten unik dengan volume pencarian yang bagus. 
  3. Memberikan informasi yang benar/valid dari sumber yang dapat dipercaya.


Ada banyak teknik lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat artikel situs web Anda menonjol dari artikel lain.


Optimasi SEO On Page

Saat mempelajari SEO lebih dalam, Anda harus memahami SEO On Page. Ini adalah pekerjaan optimasi yang menekankan pada peningkatan faktor internal situs web.



Beberapa langkah pengoptimalan ini adalah menggunakan tautan permanen yang sesuai, karena ini menentukan konten konten Anda. Trik lainnya adalah menulis judul meta dan deskripsi meta yang relevan dengan konten tetapi tidak akan terpotong di hasil pencarian.


Dari segi konten, On Page SEO juga berupaya untuk mengatur judul dan subtitle dengan benar dan menempatkan kata kunci dengan benar.


Pekerjaan optimasi SEO On Page lainnya masih banyak. Oleh karena itu, pastikan Anda memahaminya dan menggunakannya di situs web Anda.


Optimasi SEO Off Page

Dibandingkan dengan On Page SEO, langkah-langkah optimasi SEO Off Page lebih menekankan pada upaya di luar situs web itu sendiri.




Saat belajar SEO untuk melakukan optimasi Off Page, Anda perlu memperhatikan poin-poin berikut:


Pertama, dapatkan sebutan merek. Ini adalah cara yang efektif untuk mendapatkan lalu lintas berkualitas tinggi. Google juga akan mempertimbangkan situs yang disebutkan di media untuk mendapatkan peringkat tertinggi.


Kemudian, buat profil "Google Bisnisku" untuk memudahkan konsumen menemukan informasi tentang deskripsi bisnis, alamat, jam buka, dan foto bisnis Anda.


Anda juga perlu melakukan beberapa tugas pengoptimalan di luar halaman lainnya, seperti komentar dan berbagi media sosial.


Membangun Backlink

Sebagai bagian dari SEO Off Page, Anda tidak boleh melupakan pembuatan tautan saat mempelajari SEO. Link building adalah upaya untuk mendapatkan link ke website Anda dari website lain.



Saat melakukan link building, beberapa upaya yang dapat Anda lakukan adalah:


Cobalah untuk mendapatkan banyak tautan rujukan untuk menunjukkan situs web Anda sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan. Selain angka, pastikan tautan yang Anda dapatkan terkait dengan topik.


Dua hal tidak cukup, Anda juga perlu membentuk Otoritas Domain, perhatikan apakah jenis tautannya DoFollow atau NoFollow.


Optimasi mesin pencari lokal

Ada lagi pembahasan saat belajar SEO. Khususnya, jika pasar lokal adalah tujuan bisnis Anda, yaitu SEO lokal.




Optimisasi mesin pencari lokal bertujuan untuk selalu menempatkan situs web Anda di peringkat tertinggi dalam pencarian mesin pencari lokal. Mengingat 46% pencarian dilakukan secara lokal dan 29% di antaranya berakhir dengan pembelian, langkah ini penting.


Faktanya, teknik SEO lokal menggunakan hampir semua teknik SEO umum yang disebutkan di atas. Bedanya, fokusnya pada pasar lokal. Oleh karena itu, Anda akan terus membangun Google Bisnisku, melakukan riset kata kunci, dan lainnya.


Faktor yang mempengaruhi peringkat Google

Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menentukan peringkat situs web dalam hasil pencarian.



Maka tidak heran jika persaingan di halaman pertama Google sangat ketat. Google sengaja memiliki ratusan faktor rating untuk menjaga keadilan dan mencegah manipulasi.


Namun untungnya, Anda tidak harus memenuhi ratusan faktor peringkat Google untuk menjadi nomor satu di hasil pencarian. Anda hanya perlu fokus pada beberapa faktor kunci. apa ini?


Bagaimana,Belajar SEO itu mudah bukan?


Meski banyak hal yang harus dipahami, dengan langkah yang tepat, Anda akan cepat menguasai triknya. Tentunya harus ditunjang dengan banyak latihan dan hasilnya tercatat di website Anda.


Demikian pula, hal terpenting untuk belajar SEO adalah jangan pernah berhenti.


SEO adalah pekerjaan optimasi yang harus terus dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, kami percaya bahwa Anda dapat melakukannya.


Jadi, apa yang Anda tunggu? Gunakan pengetahuan Anda yang ada untuk menjadikan situs web Anda nomor satu.

LihatTutupKomentar