Off Page SEO Dasar Bagi Blogger Pemula

Off Page SEO Dasar Bagi Blogger Pemula. Blogger dan pemilik website pasti sudah kenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Ada dua type SEO yang umumnya dipakai untuk memaksimalkan hasil tujuan: On-Page SEO dan Off-Page SEO. Arah khusus dari pemakaian SEO untuk meningkatkan trafik dan page rangking di mesin pencari.


Off Page SEO
off page seo


Anda pasti ingin website punya Anda ada di halaman pertama atau lima halaman pertama. Tingkatkan rangking halaman Anda di mesin perayap bisa tingkatkan visibility website Anda. Ini menolong meningkatkan trafik, merek awareness, rangking halaman, dan alterasi dari pengunjung jadi konsumen setia.


Apakah itu off-page SEO?

Dalam SEO, istilah off-page optimization merujuk pada factor factor yang tidak terkait dengan halaman website Anda. Bila on-page SEO terkait dengan website seperti intern links, content, dan kata kunci (keyword), off-page terkait dengan link back linking atau building.


Untuk raih arah pemakaian SEO, tidak cukup dengan perduli pada website dan merek Anda. Anda pun harus usaha tingkatkan rekam jejak yang bagus hingga calon konsumen setia berkemauan untuk berkunjung dan pelajari lebih jauh berkenaan website dan usaha Anda.


Apakah bedanya off-page SEO dan on-page SEO?


Saat menilai sebuah situs, mesin perayap akan menyaksikan dari on-page (beberapa hal berkenaan website Anda) dan off-page (berapa terkenal website Anda).


Simpelnya, kelompok rangking Anda ditetapkan oleh factor on-page dan berapa tinggi rangking Anda dalam mesin perayap ditetapkan oleh factor off-page.


Dalam on-page SEO, panduan yang umumnya diberi ialah berkenaan kecepatan loading halaman, content, kualitas content, external links, judul dan yang lain, dan deskripsi. Sedang dalam off-page, Anda akan diberi panduan berkenaan link building, media sosial social bookmarking, dan pemasaran.


Kenapa off-page SEO penting?

Saat seorang cari info tentang sebuah merek, mereka umumnya telah mempunyai opini sendiri berdasar ulasan, tanggapan dari rekan dan keluarga, atau berberkenalan dalam dunia maya, dan info apa saja yang mereka dapat peroleh baik online atau offline.


Off-page SEO pada intinya memberitahu mesin perayap seperti Google bagaimana opini pengunjung berkenaan website Anda yang bisa menolong website Anda jadi website kewenangan dengan tingkatkan visibilitas. Tehnik ini membuat pengunjung menyebutkan merek Anda dan menautkannya ke content website Anda.


Tetapi, banyak yang memikir jika ­off-page SEO hanya link building. Walau sebenarnya ada cara-cara lain dalam memaksimalkan pemakaian off-page SEO.


Sistem kuno off-page SEO


Mengapa disebutkan sistem kuno? karena sistem ini banyak ditinggal oleh beberapa pegiat SEO, dapat disebut tidak works 100%, dan tidak direferensikan untuk dilaksanakan, tetapi bila ingin coba-coba untuk perbanyak pengalaman tidak masalah. Berikut daftar sistem kuno off-page SEO:


Promo Lewat Komunitas


Walau tidak bikin rugi tetapi sistem ini memerlukan waktu yang banyak. Anda disuruh untuk mengatakan merek Anda di beberapa komunitas yang sesuai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Lebih bagus Anda habiskan waktu untuk tingkatkan poin utama yang lain dalam usaha Anda.


Masukkan Website dalam Mesin Pencarian


Langkah ini jadi langkah yang dahulu umum dipakai untuk pastikan website Anda tampil dalam penelusuran Google dan Bing. Tetapi, dengan makin susahnya algoritme mesin perayap, langkah ini dipandang tak lagi memberi hasil.


Directory Artikel


Membuat content untuk directory artikel jadi salah satunya langkah lama yang biasa dilaksanakan dalam marketing konten. Tetapi realitanya banyak orang tidak membaca website directory ini karena artikelnya tidak berkualitas dan berisi beberapa hal yang tidak berkaitan.


Saat Google Panda tampil, website directory ini adalah kelompok website pertama yang alami pengurangan trafiic yang signifikan.


Website Directory


Ini adalah langkah yang dahulunya dipandang baik tetapi sekarang website ini dipandang tidak berguna. Website ini jarang-jarang didatangi karena Google sekarang sudah gantikan manfaat website directory dengan waktu penelusuran yang lebih cepat.


Social Bookmarking


Mengikut komunitas sosial media seperti Reddit dan StumbleUpon akan memberi hasil baik bila merek Anda jadi trending, tetapi kesempatan kali ini benar-benar susah untuk didapat. Ini karena website semacam ini di perbaharui secara cepat hingga bila Anda mengupload suatu hal, posting Anda dapat raib esok harinya.


Pemakaian Sosial Media yang Terlalu berlebih

Kemungkinan menurut Anda makin banyak media sosial yang Anda punyai makin kemungkinan besar untuk tingkatkan trafik. Banyak media sosial yang tidak terkait dengan usaha Anda. Anda membutuhkan jaringan sosial yang terkait untuk menolong promo yang baik.


Konsentrasilah pada beberapa media sosial yang sesuai usaha Anda hingga Anda dapat fokus dengan penganut Anda di media sosial itu.


Taktik Terkini off-page SEO


Sistem baru off-page ini dapat disebut masih works untuk dilaksanakan, berikut daftar taktik terkini off-page SEO:


Link Building


Sistem ini adalah sistem off-page yang paling efisien dan terkenal. Pada intinya saat Anda memberi link external dalam content Anda, Anda usaha kumpulkan votes sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan rangking dan melampaui pesaing Anda.


Sama dengan content, yakinkan Anda memperoleh backlinks yang berkualitas. Backlinks yang banyak tetapi tidak berkualitas tidak lebih bagus dibanding sedikit backlinks tetapi dari link yang berkualitas. Ada faktor-faktor yang tentukan kualitas sebuah link:

  • Website yang paling dipercaya
  • Kerangka yang berkaitan dengan isi content Anda
  • Reputasi dari backlinks
  • Text untuk link harus menggambarkan content dari link sasaran dalam sejumlah kata
  • Link alami dan bukan seperti javascript


Lalu bagaimanakah cara memperoleh link ini? Alami link adalah link yang paling dicintai oleh mesin pencari. Alami link bermakna website Anda dicintai oleh pemilik website lain dan memberi link ke arah website Anda karena sesuai isi content mereka.


Memperoleh alami link memang tidak mudah. Langkah terbaik dengan mengupload content yang berkualitas yang pantas jadi back-link di website mereka. Bila Anda memakai beberapa cara lama yang cuman mengutamakan jumlah, bersiap-siaplah untuk terserang penalti dari Google.


Ada satu langkah lain dalam lakukan link building yakni guest posting di mana Anda menulis di website kebalikannya atau lain. Tetapi, sebaiknya Anda lakukan ini bukan hanya untuk memperoleh link dan tidak boleh melakukan begitu sering.


Ketentuan pemakaian link building berbeda setiap saat dan mesin perayap juga usaha menghindar pemakaian langkah yang salah. Tetapi, bila Anda mengaplikasikan taktik yang bagus arah pemakaian link building akan terwujud.


Media Sosial


Sebagian besar orang mempunyai media sosial. Kecuali untuk bergaul dan bersenang-senang, ini bisa juga dipakai untuk off-page SEO. Ini ialah langkah yang bagus untuk tingkatkan trafik.


Walau link yang Anda dapatkan di sosial media umumnya ialah no-follow links, bukan bermakna link itu tidak berharga. Mempromokan merek Anda di media sosial bisa menolong meningkatkan trafik yang cukup signifikan.


Makin beberapa orang mendapati profile Anda, makin besar peluang mereka berkunjung website Anda. Sosial media menjadi link tambahan yang arahkan calon pengunjung ke website lewat profile Anda.


Lokal SEO


Dengan makin bertambahnya pemakaian handphone dan akses internet yang makin baik, sistem Local SEO makin terkenal.


Walau nampak sama dengan SEO umumnya, ke-2 SEO ini benar-benar berlainan di mana Local SEO fokus pada memberi hasil yang terkait berdasar posisi pemakai saat itu.


Untuk memakai Local SEO, pakai Google Places for Business Page dan melengkapi semua info yang diperlukan dan penyelarasan dengan account Google+ Anda.


Google belakangan ini mengatakan jika 87% orang memakai hp mereka dalam perjalanan. Disamping itu, 95% pemakai hp cari info lokal lewat hp mereka.


Faktor off-page SEO


Berikut beberapa aspek khusus yang menolong sistem off-page SEO dan meningkatkan rangking halaman Anda:


Inbound Links


Dalam meningkatkan rangking website Anda di mesin perayap, umumnya dengan menyaksikan jumlahnya link yang diperuntukkan ke website Anda.


Pemakaian hyperlink yang diperuntukkan ke website Anda dihitung sebagai suara suport untuk website Anda. Makin banyak link ke arah website Anda, makin banyak suara suport Anda di mata Google dan beberapa mesin perayap lainnya.


Sebaiknya juga bila link itu berawal dari bermacam domain berbeda.


Anchor Teks


Anchor teks adalah text yang jadi hyperlink. Dalam meangaplikasikan off-page SEO, sebaiknya Anda memberikan kata kunci (keyword) yang pas untuk link itu yang menolong mesin perayap untuk mengenali berkenaan website Anda dan ketahui kata kunci (keyword) yang akan dikasih rangking.


Yakinkan anchor teks yang dipakai memvisualisasikan isi content dari link yang diberikan. Pakai anchor teks yang beragam yang lebih dicintai oleh algoritme terkini dari Google.


Kualitas Link


Tidak seluruhnya link mempunyai nilai yang sama. Link dari website terkenal tidak sama nilainya dengan link dari website pemula.


Website yang umumnya digolongkan sebagai website yang paling dipercaya umumnya adalah:

  • Website dengan domain.edu atau.gov
  • Authority website yang disebut website besar yang selalu tampil berdasar kata kunci (keyword) Anda
  • Website yang telah ada lama
  • Website yang sesuai topik content Anda


Pemakaian beberapa link berkualitas tinggi dari situs yang terhitung kelompok di atas lebih dicintai dibanding mempunyai 100 link tidak berkualitas.


Backlink EDU

  1. http://ejournal.ukm.my/gema/user/register
  2. https://e-journal.biologi.lipi.go.id/
  3. https://journal.unpak.ac.id/
  4. http://journal.iaincurup.ac.id/
  5. http://e-journal.unipma.ac.id/
  6. https://jurnal.unimus.ac.id/
  7. http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/
  8. https://journal.untar.ac.id/
  9. https://ojs.unm.ac.id/
  10. https://journal.umy.ac.id/
  11. https://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/
  12. https://jurnal.ub.ac.id/
  13. https://ejournal.unmuha.ac.id/
  14. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/user/register
  15. https://ejournal.perpusnas.go.id/
  16. http://ejournal.kemenperin.go.id/jkk
  17. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mdr/user/register
  18. http://ejournal.uin-suka.ac.id/
  19. https://ejournal.unsrat.ac.id/
  20. http://openjournal.unpam.ac.id/
  21. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/
  22. https://ejournal.pps-unisti.ac.id/index.php/JIASK/user/register
  23. http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian
  24. http://jurnalnasional.ump.ac.id/
  25. http://ejournal.umm.ac.id/
  26. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/
  27. https://pbsi.uad.ac.id/daftarjurnal/
  28. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/user/register
  29. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/user/register
  30. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/joall/user/register
  31. https://jurnal.ugm.ac.id/
  32. http://journal.uinjkt.ac.id/
  33. https://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel
  34. https://e-journal.unair.ac.id/
  35. https://ejournal.undiksha.ac.id/
  36. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/
  37. https://journal.unesa.ac.id/
  38. http://journals.ums.ac.id/
  39. http://journal.um.ac.id/home/
  40. https://ejournal.unisba.ac.id/
  41. https://e-journal.usd.ac.id/
  42. http://journal.ui.ac.id/eJKI/index


Kecepatan Link Building


Kecepatan link building jadi salah satunya aspek khusus dalam ­off-page SEO. Tetapi, link building yang begitu cepat akan dipandang tidak lumrah oleh mesin perayap dan dapat berpengaruh penalti (terlebih bila website Anda masih termasuk baru).


Mesin perayap dapat ketahui kecepatan link building yang bagus, hingga memperoleh 1.000 link berkualitas rendah dalam sehari saat website Anda cuman berusia kurang dari satu bulan tidak nampak wajar.


Sepanjang Anda tidak memakai alat automatis yang prospektif beberapa ribu link pada sebuah waktu, Anda tak perlu begitu cemas.


Tools off-page SEO


Untuk memudahkan Anda, sekarang sudah banyak muncul beberapa alat yang menolong memaksimalkan sistem off-page SEO Anda. Berikut sejumlah alat yang dapat Anda pakai:


Google AdWords


Beberapa orang memandang jika Google AdWords adalah alat paling berguna untuk off-page SEO. Feature yang dijajakan diantaranya: tingkatkan jumlah konsumen setia, memperoleh hasil yang mudah dan cepat dipahami, kenaikan trafik yang berkualitas, memberikan info tentang penelusuran kata kunci (keyword), dan pasar.


Google AdWords adalah alat marketing yang memberi peluang untuk mengonversi pengunjung jadi konsumen setia dan jadi leads usaha Anda. Alat ini gampang dipakai, dapat dijangkau, dan mempunyai keterkaitan maksimal.


Ahrefs


Alat ini bermanfaat untuk bermacam hal karena Ahrefs mempunyai database back-link yang besar dan menolong Anda ketahui segalanya berkenaan website A pesaing dan nda.


Anda segera dapat ketahui bagaimanakah cara melampaui rangking kompetitor Anda. Feature yang dijajakan misalnya: mencari back-link Anda, mendapati keyword yang paling berkaitan, ketahui info kompetitor Anda, dan menganalisa taktik mereka.


Majestic


Majestic adalah salah satunya alat terbaik untuk SEO. Alat ini dikenal juga sebagai alat back-link paling hebat. Database nya dipandang mempunyai info mesin perayap yang paling rinci. Feature yang dijajakan diantaranya: SEO untuk profesional, media analytics, alat pebisnis, perbedaan dengan kompetitor, menelusuri domain secara rinci.


Moz


Service yang diberi oleh Moz benar-benar komplet yang tawarkan data trafik yang unik. Dengan memakai Moz, Anda bisa konsentrasi pada taktik yang Anda punyai hingga memungkinkannya Anda gampang diketemukan antara miliaran penelusuran yang dilaksanakan tiap harinya.


Feature yang dijajakan oleh Moz diantaranya: open site explorer, mencari promosi marketing Anda, mempelajari kesempatan sebuah keyword, dan mencari kekeliruan pelacakan.


Imbangkan Pemakaian off-page dan on-page SEO


Umumnya beberapa pakar SEO habiskan waktu semakin banyak untuk off-page SEO dibanding on-page SEO.


Tetapi, berapa besar juga usaha yang Anda kerjakan untuk off-page SEO, tanpa on-page SEO yang bagus karena itu usaha Anda bisa menjadi tidak maksimal.


Satu website yang nampak tidak paling dipercaya dari awalnya Anda membukanya pasti tidak membuat Anda ingin memberi backlinks ke arah website itu.


Website dengan design yang simpel tetapi menarik, bersih dari kekeliruan penulisan makin lebih memungkinkannya untuk memperoleh back-link dari situs-situs besar dan paling dipercaya seperti Forbes.


Walau Anda mempunyai link yang banyak, ini akan percuma bila pengunjung yang awalannya ketarik dengan ulasan website Anda menyaksikan website Anda yang nampak tidak paling dipercaya dan profesional. Makin beberapa orang membaca atau menyaksikan content Anda, makin besar prospektif Anda memperoleh citation atau link.


Makin banyak Anda memperoleh citation dan link, makin baik off-page SEO Anda.


Karena itu, optimalkan sistem on-page SEO Anda saat sebelum Anda mulai memakai sistem off-page SEO.


Kesimpulan dari Off-page SEO


Di dunia SEO, ada dua sistem penting yang perlu dilaksanakan secara imbang untuk memperoleh hasil yang maksimal; on-page dan off-page SEO.


Off-page benar-benar sangat penting dalam tingkatkan reputasi dan rekam jejak website Anda tetapi sistem nya bukan hanya dengan link building.


Walau memperoleh link jadi aspek terpenting (baik saat ini dan di periode depan), harus diingat jika ini hanya satu factor diantar 200+ factor yang lain dalam algoritme Google.


Disamping itu, link building tidak lagi satu proses linear di mana Anda terus-terusan membuat link. Anda pun harus memakai taktik untuk memperoleh link secara alami. Disini on-page SEO berperanan utama di mana content yang berkualitas yang berisi keterangan detil akan menarik semakin banyak pembaca dan membuat content Anda jadi content yang pantas jadi backlink.


Walau ke-2 ini terkait, ada banyak orang yakin jika cukup dengan lakukan satu dari dua langkah ini memberi mereka hasil yang maksimal. Mudah-mudahan tutorial off-page SEO ini bisa menolong Anda.


LihatTutupKomentar