Belajar SEO Optimasi Search Engine Google

belajar seo
belajar seo

Bila Anda mempunyai, mengurus, memonetisasi, atau mempromokan content online lewat Google Pencarian, maknanya tutorial ini diperuntukkan untuk Anda. Bila Anda ialah pemilik usaha yang berkembang, pemilik situs dari beberapa puluh situs, ahli SEO di agen Situs atau ketarik dengan mekanika search engine optimization dan ingin belajar SEO secara otodidak, tutorial ini pas untuk Anda.

Bila berminat untuk ketahui rangkuman komplet mengenai beberapa dasar SEO sesuai praktek terbaik kami, Anda sudah buka content yang tepat. Tutorial ini tidak langsung mengubah situs Anda untuk meningkatkan rangking pertama di Google. Tetapi, cara kerjanya terbaik yang dirinci di bawah ini bisa mempermudah mesin pencarian dalam meng-crawl, mengindeks, dan pahami content Anda baik itu on page maupun off page.


Kerap kali, optimalisasi mesin menyusur (SEO) ialah mengenai lakukan pengubahan-perubahan kecil di sejumlah sisi situs Anda. Bila disaksikan secara terpisah, pengubahan ini kemungkinan seperti terlihat kenaikan setahap, tetapi bila dipadukan dengan optimalisasi yang lain seperti menggunakan kata kunci,membuat artikel berkualitas, pengubahan ini bisa memberi imbas yang berarti pada perform dan pengalaman pemakai di situs Anda dalam hasil pencarian organik.  


Beberapa hal yang tercakup dalam beberapa topik ini ialah komponen khusus pada halaman, dan Anda kemungkinan cukup memahami dengan sejumlah besar salah satunya. Tetapi, bisa saja Anda tidak memakainya secara maksimal.


Anda harus membuat konten situs ataupun content marketing untuk memberikan faedah bago pembaca Anda, dan tiap optimalisasi harus ditujukan untuk bikin pengalaman pemakai lebih bagus. Salah satunya pemakai itu ialah mesin menyusur,link building dan riset keyword yang menolong pemakai lain mendapati content Anda. Optimalisasi Mesin Menyusur ialah mengenai menolong mesin menyusur pahami dan tampilkan content. 


Situs Anda kemungkinan lebih kecil ataupun lebih besar dari situs contoh kami, dan tawarkan content yang paling berlainan, tetapi topik optimalisasi yang kami bahas di bawah ini bisa diaplikasikan ke semua ukuran dan tipe situs. Kami mengharap tutorial ini memberi beberapa gagasan baru mengenai langkah tingkatkan perform situs Anda.


Belajar Seo Dasar

Berikut glosarium singkat mengenai istilah penting yang dipakai dalam tutorial ini:

Index 

Google simpan semua halaman situs yang dijumpainya di index Google. Entri index untuk tiap halaman menggambarkan content dan posisi (URL) halaman itu. Mengindeks ialah saat Google ambil sebuah halaman, membacanya, dan menambahnya ke index: Google mengindeks beberapa halaman di situs saya ini hari.

Crawl  

Proses penelusuran halaman baru atau yang diperbaharui. Google mendapati URL dengan mengikut link, membaca peta situs, dan lewat cara-cara yang lain. Google meng-crawl situs, cari halaman baru, lalu mengindeksnya (bila seperti).

Crawler 

Software automatis yang meng-crawl (ambil) halaman dari situs dan mengindeksnya.

Googlebot 

Nama umum crawler Google. Googlebot meng-crawl situs secara terus-terusan.

SEO  

Optimalisasi mesin menyusur: proses untuk bikin situs Anda jadi lebih baik untuk mesin menyusur. Disamping itu, SEO adalah kedudukan yang diemban oleh orang yang bekerja dalam sektor ini: Kami barusan mengaryakan SEO baru untuk tingkatkan munculnya situs kami di situs.


Apa Blog Anda berada di Google?

Tetapkan apa situs Anda tertera di index Google - Kerjakan pencarian situs dengan 'site: URL teras situs Anda'. Bila hasilnya tampil, bermakna situs Anda tertera di index. Misalkan, pencarian untuk "site:wikipedia.org" akan tampilkan hasil ini.


Bila situs Anda tidak ada di Google - Walau Google meng-crawl miliaran halaman, tidak disangkal ada banyak situs yang lewatkan. Bila crawler kami melepaskan situs tertentu, ini kerap kali disebabkan karena salah satunya argumen berikut ini:

  • Situs tidak tersambung secara baik dengan situs lain di situs
  • Anda barusan mengeluarkan situs baru dan belum di-crawl Google
  • Design situs menyulitkan Google meng-crawl content secara efisien
  • Google memperoleh error saat coba meng-crawl situs Anda
  • Peraturan Anda memblok Google meng-crawl situs

Bagaimana supaya situs saya tercantum di Google?


Pencantuman dalam hasil pencarian Google gratis dan mudah; Anda bahkan juga tak perlu mengirim situs ke Google. Google ialah mesin menyusur automatis yang seutuhnya memakai crawler situs untuk menelusuri situs secara terus-terusan, cari situs untuk ditambah ke index kami. 


Kenyataannya, sejumlah besar situs yang tertera dalam hasil pencarian kami tidak dikirimkan dengan manual untuk tercantum, tapi diketemukan dan ditambah secara automatis saat kami meng-crawl situs itu. Dalami langkah Google mendapati, meng-crawl, dan menyiarkan halaman.


Kami tawarkan dasar webmaster untuk bikin situs yang pas untuk Google. Walau tidak ada agunan jika crawler kami akan mendapati situs tertentu, mengikut tutorial ini akan menolong membuat situs Anda ada di hasil pencarian.


Google Search Console sediakan beberapa alat untuk menolong Anda mengirim content ke Google dan mengawasi status Anda di Google Pencarian. Bila diharapkan, Search Console bahkan juga bisa mengirim pernyataan mengenai permasalahan krisis yang ditemui Google di situs Anda. Daftar ke Search Console.


Berikut beberapa pertanyaan landasan mengenai situs Anda sebagai referensi saat mengawalinya.

  • Apa situs saya ada di Google?
  • Apa saya memberi content berkualitas tinggi untuk pemakai?
  • Apa usaha lokal saya ada di Google?
  • Apa content saya dapat dijangkau dengan mudah dan cepat di semua piranti?
  • Apa situs saya aman?

Anda bisa mendapati info tambahan untuk mengawali di http://g.co/webmasters.


Sisi seterusnya pada document ini berisi tutorial mengenai langkah memperbaiki situs Anda untuk mesin menyusur, yang ditata berdasar topik. Anda bisa download checklist berisi panduan singkat yang bisa diciptakan dari http://g.co/WebmasterChecklist.

Apa Anda memerlukan ahli SEO?

Ahli SEO ("optimalisasi mesin menyusur") ialah orang yang dilatih untuk tingkatkan visibility situs Anda di mesin menyusur. Dengan mengikut tutorial ini, Anda telah mempunyai pengetahuan yang cukup agar bisa memaksimalkan situs. Disamping itu, Anda dapat memakai layanan professional SEO yang bisa menolong mengaudit halaman Anda.


Pemakaian layanan SEO ialah keputusan besar yang bisa tingkatkan rangking situs Anda dan mengirit waktu. Yakinkan Anda ketahui apa kurang lebih keuntungan memakai layanan SEO, dan rugi yang bisa diakibatkan oleh SEO yang tidak bertanggungjawab pada situs Anda. Banyak SEO dan agen dan konselor yang lain memberi service bermanfaat untuk pemilik situs, mencakup:

  • Pembahasan mengenai content atau susunan situs Anda
  • Anjuran tehnis mengenai peningkatan website: misalkan, hosting, peralihan, halaman error, dan pemakaian JavaScript
  • Peningkatan content
  • Manajemen kampanye peningkatan usaha online
  • Penelitian keyword
  • Training SEO
  • Ketrampilan dalam pasar dan geografis tertentu

Sesaat akan cari SEO, sebaiknya Anda pahami dan mengenal dulu langkah kerja mesin menyusur. Seharusnya baca tutorial ini sampai akhir, terutamanya rujukan berikut ini:

  • Google 101: Langkah Google meng-crawl, mengindeks, dan menyiarkan halaman8
  • Dasar Webmaster Google9
  • Langkah memakai layanan SEO10


Bila Anda merencanakan memakai layanan SEO, makin cepat makin baik. Saat yang pas untuk mengaryakan SEO ialah saat Anda menimbang perancangan ulangi situs atau merencanakan mengeluarkan situs baru. Dengan itu, Anda dan SEO bisa pastikan jika Anda membuat situs yang ramah mesin menyusur. Namun, SEO yang bagus dapat menolong Anda memperbaiki situs yang telah ada.

Menolong Google mendapati content Anda

Langkah awal untuk tampilkan situs Anda di Google ialah pastikan jika Google bisa mendapatinya. Langkah terbaik untuk melakukan dengan mengirim peta situs. Peta situs ialah file di situs yang memberitahu mesin menyusur mengenai halaman baru atau yang diganti di situs Anda. Dalami langkah membuat dan mengirim peta situs lebih lanjut.

Google mendapati halaman lewat link dari halaman lain. Saksikan Mempromokan situs Anda pada bagian seterusnya pada document ini untuk pelajari langkah menggerakkan orang mendapati situs Anda.

Memberitahu Google halaman yang mana jangan di-crawl

Praktek Terbaik

Untuk info umum, blokir crawling yang tidak diharapkan memakai robots.txt

File "robots.txt" akan memberitahu mesin menyusur bila bisa terhubung dan meng-crawl sisi situs Anda. File ini, yang perlu dinamakan "robots.txt", ditaruh di directory root pada situs. Ada peluang halaman yang dikunci oleh robots.txt masih bisa di-crawl, hingga untuk halaman yang peka, Anda harus memakai sistem yang lebih aman.

blokir crawling
blokir crawling

Anda mungkin tidak ingin halaman tertentu pada situs Anda di-crawl karena tidak ada manfaatnya bagi pengguna jika halaman tersebut ditemukan di hasil penelusuran mesin telusur. Jika ingin mencegah mesin telusur agar tidak meng-crawl halaman Anda, Google Search Console memiliki generator robots.txt yang sesuai untuk membantu Anda membuat file ini. 


Perhatikan bahwa jika situs menggunakan subdomain dan Anda ingin halaman tertentu tidak di-crawl pada subdomain tertentu, Anda harus membuat file robots.txt terpisah untuk subdomain tersebut. Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang robots.txt, sebaiknya baca panduan ini tentang menggunakan robots.txt.


Pelajari beberapa cara lain untuk mencegah konten agar tidak ditampilkan di hasil penelusuran14.


Hindari:

  • Crawling oleh Google pada halaman hasil penelusuran internal Anda. Pengguna tidak suka mengklik hasil mesin telusur hanya untuk diarahkan ke halaman hasil penelusuran lain di situs Anda.
  • Crawling pada URL yang dihasilkan layanan proxy.


Untuk informasi sensitif, gunakan metode yang lebih aman


Robots.txt bukanlah cara yang tepat atau efektif untuk memblokir materi sensitif atau rahasia. File ini hanya menginstruksikan crawler berperilaku baik bahwa halaman tidak dapat di-crawl, namun tidak mencegah server agar tidak menayangkan halaman tersebut ke browser yang memintanya. 


Salah satu alasannya adalah mesin telusur masih dapat merujuk URL yang Anda blokir (hanya menampilkan URL, tidak menampilkan judul atau cuplikan), jika kebetulan ada link ke URL tersebut di suatu tempat di Internet (seperti log perujuk). Selain itu, mesin telusur yang tidak patuh atau berperilaku buruk yang tidak memahami Standar Pengecualian Robot bisa jadi tidak mematuhi perintah robots.txt Anda. 


Akhirnya, pengguna yang penasaran dapat memeriksa direktori atau subdirektori di file robots.txt dan menebak URL dari konten yang ingin Anda sembunyikan.


Dalam kasus ini, gunakan tag noindex jika Anda hanya ingin halaman tidak muncul di Google, tetapi mengizinkan pengguna yang memiliki link untuk mengakses halaman. Untuk keamanan yang sebenarnya, Anda harus menggunakan metode otorisasi yang tepat, seperti meminta sandi pengguna, atau menghilangkan halaman sepenuhnya dari situs.

Membantu Google (dan pengguna) memahami konten

Mengizinkan Google melihat halaman Anda sebagaimana pengguna melihatnya

Saat meng-crawl halaman, Googlebot akan melihat halaman sama seperti yang dilihat pengguna pada umumnya15. Untuk rendering dan pengindeksan yang optimal, selalu izinkan Googlebot mengakses file JavaScript, CSS, dan gambar yang digunakan oleh situs. Jika file robots.txt situs Anda tidak mengizinkan crawling pada aset ini, hal ini secara langsung akan mengganggu performa algoritme kami dalam merender dan mengindeks konten Anda. Akibatnya, peringkat situs menjadi tidak optimal.


Tindakan yang disarankan:

  • Gunakan alat Inspeksi URL16. Tindakan ini memungkinkan Anda melihat secara persis cara Googlebot melihat dan merender konten, sehingga akan membantu Anda mengidentifikasi serta memperbaiki sejumlah masalah pengindeksan pada situs.


Membuat judul halaman yang unik dan akurat

Tag <title> memberi tahu pengguna dan mesin telusur tentang topik halaman tertentu. Tag <title> harus ditempatkan di dalam elemen <head> dokumen HTML. Sebaiknya Anda membuat judul yang unik untuk setiap halaman di situs.

membuat judul unik
membuat judul unik

Membuat judul dan cuplikan yang baik di hasil penelusuran

Jika dokumen Anda muncul di halaman hasil penelusuran, isi tag judul dapat muncul di baris pertama hasil penelusuran (jika belum terlalu memahami berbagai bagian dari hasil penelusuran Google, sebaiknya lihat video anatomi hasil penelusuran).


Judul untuk halaman beranda dapat mencantumkan nama situs/bisnis Anda dan dapat menyertakan beberapa informasi penting lainnya seperti lokasi fisik bisnis atau mungkin beberapa fokus atau penawaran utamanya.


Praktik Terbaik

Jelaskan konten halaman dengan akurat


Pilih judul yang natural dan menjelaskan topik konten halaman secara efektif.


Hindari:

  • Judul yang tidak ada hubungannya dengan konten pada halaman.
  • Penggunaan judul default atau samar seperti "Tanpa Judul" atau "Halaman Baru 1".
  • Buat judul unik untuk setiap halaman


Idealnya, setiap halaman di situs memiliki judul unik, yang membantu Google mengetahui perbedaan setiap halaman di situs Anda. Jika situs Anda menggunakan halaman seluler terpisah, Anda juga perlu menggunakan judul yang bagus di versi selulernya.


Hindari:

  • Penggunaan satu judul untuk semua atau sebagian besar halaman di situs Anda.
  • Gunakan judul yang singkat namun deskriptif


Judul bersifat informatif dan singkat. Jika judulnya terlalu panjang atau dianggap kurang relevan, Google mungkin hanya menampilkan sebagian atau salah satu judul yang dibuat secara otomatis di hasil penelusuran. Google juga dapat menampilkan judul yang berbeda, bergantung pada kueri pengguna atau perangkat yang digunakan untuk menelusuri.


Hindari:

  • Judul yang sangat panjang dan tidak bermanfaat bagi pengguna.
  • Kata kunci yang tidak perlu di tag judul.


Menggunakan tag meta "deskripsi"

Tag meta deskripsi pada halaman memberikan ringkasan konten halaman kepada Google dan mesin telusur lainnya. Judul halaman dapat berupa beberapa kata atau frasa, sedangkan tag meta deskripsi pada halaman mungkin berupa satu atau dua kalimat, atau bahkan paragraf pendek. Sama seperti tag <title>, tag meta deskripsi ditempatkan dalam elemen <head> pada dokumen HTML Anda.

Menggunakan tag meta "deskripsi"
Menggunakan tag meta "deskripsi"

Apa faedah tag meta deskripsi?

Tag meta deskripsi penting karena Google kemungkinan memakainya sebagai kutipan untuk halaman Anda. Lihat jika kami menjelaskan "kemungkinan" karena Google bisa pilih untuk memakai sisi yang berkaitan dari text yang nampak di halaman Anda, bila text itu pas dengan kueri pemakai. Menambah tag meta deskripsi ke tiap halaman akan bermanfaat bila Google tidak bisa mendapati opsi text yang pas untuk dipakai dalam kutipan.

Apa faedah tag meta deskripsi?
Apa faedah tag meta deskripsi?

Buat rangkuman content halaman yang tepat

Tulis deskripsi yang akan memberitahu dan memancing ketertarikan pemakai saat mereka menyaksikan tag meta deskripsi sebagai kutipan pada hasil pencarian. 


Walau tidak ada panjang minimum atau optimal untuk text dalam tag meta deskripsi, seharusnya yakinkan text lumayan panjang untuk diperlihatkan seutuhnya di Pencarian (penting diingat jika pemakai kemungkinan menyaksikan ukuran kutipan yang lain, tergantung pada langkah dan tempat mereka lakukan pencarian), dan berisi semua info berkaitan yang dibutuhkan pemakai untuk tentukan apa halaman itu berguna dan sesuai yang mereka mencari.

Jauhi:

  • Penulisan tag meta deskripsi yang tidak ada hubungannya dengan content halaman.
  • Pemakaian deskripsi umum seperti "Ini ialah halaman" atau "Halaman mengenai kartu bisbol".
  • Deskripsi yang cuman berisi keyword.
  • Mengopi dan tempelkan keseluruhnya content document ke tag meta deskripsi.


Pakai deskripsi unik untuk tiap halaman

Mempunyai tag meta deskripsi yang lain untuk tiap halaman menolong pemakai dan Google, khususnya dalam pencarian yang tampilkan beberapa halaman di domain Anda ke pemakai (misalkan, pencarian yang memakai operator site: ). 

Bila situs Anda mempunyai beberapa ribu atau bahkan juga juta-an halaman, tidak dianjurkan membuat tag meta deskripsi lewat cara manual. Dalam masalah ini, Anda bisa automatis membuat tag meta deskripsi berdasar content tiap halaman.

Jauhi:

  • Pemakaian tag meta deskripsi tunggal di semua halaman website Anda atau sebagian besar halaman.

Memakai tag judul untuk mengutamakan text penting

Pakai judul yang berarti untuk memperlihatkan topik yang perlu, dan tolong buat susunan hierarkis untuk content Anda, hingga pemakai gampang untuk menyaksikan document Anda.

Pikirkan Anda sedang menulis sebuah garis besar

Sama dengan menulis garis besar untuk sebuah makalah tebal, pikir beberapa point khusus dan sub-poin content di halaman dan tetapkan lokasi yang pas untuk memakai tag judul.

Jauhi:

  • Peletakan text pada tag judul yang tidak menolong tentukan susunan halaman.
  • Pemakaian tag judul yang malah lebih pas dipakai tag lain seperti dan .
  • Tidak konsisten dan ketidakteraturan ukuran tag judul.


Pakai tag judul sekedarnya pada halaman

Pakai tag judul di lokasi yang tepat. Kebanyakan tag judul pada suatu halaman bisa mempersulit pemakai untuk scan content dan tentukan akhir topik dan awalnya topik yang lain.

Jauhi:

  • Pemakaian tag judul terlalu berlebih pada suatu halaman.
  • Pemakaian judul yang paling panjang.
  • Pemakaian tag judul yang cuman berdasar style visual text dan tidak mempresentasikan susunan.


Menambah markup data terancang

Data terancang ialah code yang bisa Anda tambah ke halaman website untuk menggambarkan content ke mesin menyusur, hingga mesin menyusur bisa pahami content halaman dengan lebih bagus. Mesin menyusur bisa memakai pengetahuan ini untuk tampilkan content dengan yang lebih berguna (dan mengundang perhatian!) pada hasil pencarian. Sebagai hasilnya, ini bisa menolong menarik konsumen setia yang pas untuk usaha Anda.

Menambahkan markup data terstruktur
Menambahkan markup data terstruktur

Misalkan, bila Anda mempunyai toko online dan memberikan markup pada halaman produk tertentu, perlakuan ini menolong kami pahami jika halaman itu tampilkan sebuah sepeda, harga, dan pembahasan konsumen setia. Kami kemungkinan tampilkan info itu pada kutipan untuk hasil pencarian kueri yang berkaitan. Kami mengatakan sebagai "hasil kaya".


Kecuali memakai markup data terancang untuk hasil kaya, kami bisa memakainya untuk tampilkan hasil yang berkaitan dalam pola lain. Misalkan, bila Anda mempunyai toko fisik, memberikan markup pada pukul membuka toko akan membuat calon konsumen setia bisa mendapati toko Anda pas saat diperlukan, dan memberitahu mereka apa toko sedang membuka atau tutup saat konsumen setia mencari.

Anda bisa memberikan markup pada beberapa substansi yang berkaitan dengan usaha:

  • Produk yang Anda jual
  • Posisi usaha
  • Video mengenai produk atau usaha Anda
  • Jam membuka
  • Acara dan daftar
  • Resep
  • Simbol perusahaan Anda, dan yang lain.


Seharusnya pakai data terancang dengan markup notasi yang disokong untuk menggambarkan content Anda. Anda bisa menambah markup ke code HTML pada halaman Anda, atau memakai alat seperti Data Highlighter dan Pemandu Markup24 (saksikan sisi Praktek Terbaik untuk ketahui info secara lengkap mengenai feature itu).


Check markup memakai pengetesan Hasil Kaya

Sesudah memberikan markup content, Anda bisa memakai pengetesan Hasil Kaya Google25 untuk pastikan tidak ada kekeliruan saat mengaplikasikannya. Anda dapat masukkan URL tempat content ada, atau mengopi HTML aktual yang mengikutkan markup.

Jauhi:

  • Pemakaian markup yang tidak benar.
  • Pakai Data Highlighter


Bila ingin coba memberikan markup terancang tanpa mengganti code sumber situs, Anda bisa memakai Data Highlighter yang disebut alat gratis dan terpadu di Search Console yang memberikan dukungan subkumpulan tipe content.


Bila Anda ingin memperoleh code markup yang bisa disalin dan ditempelkan ke halaman, coba alat Pemandu Markup.

Jauhi:

  • Perubahan code sumber situs bila Anda tidak percaya mengenai implementasi markup.
  • Awasi langkah memberikan markup pada halaman


Bermacam laporan hasil kaya di Search Console tampilkan jumlah halaman di situs yang teridentifikasi mempunyai markup tipe tertentu, jumlah munculnya markup pada hasil pencarian, dan jumlah click pada markup sepanjang 90 hari akhir. Laporan ini memperlihatkan error yang sudah kami diagnosis.

Jauhi:

  • Tambahan data markup yang tidak nampak oleh pemakai.
  • Pembahasan palsu atau tambahan markup yang tidak tepat.


Mengurus penampilan situs Anda pada hasil Google Pencarian

Data terancang yang betul pada halaman membuat halaman penuhi persyaratan untuk mempunyai beberapa feature khusus pada hasil Pencarian, terhitung bintang pembahasan, hasil yang didekorasi dengan menarik, dan yang lain. Saksikan galeri tipe hasil pencarian yang sesuai halaman Anda.

Mengendalikan hierarki situs Anda

Ketahui langkah mesin menyusur memakai URL

Mesin menyusur membutuhkan URL unik per sisi content agar bisa meng-crawl dan mengindeks content itu, dan arahkan pemakai ke content itu. Content yang lain - misalkan, produk yang lain di toko - dan content yang diubah - misalkan, terjemahan atau macam lokal - perlu memakai URL terpisah supaya diperlihatkan dengan pas dalam pencarian.


URL biasanya dipisah jadi bagian-bagian:

protocol://hostname/path/filename?querystring#fragment

Contoh:

https://www.example.com/RunningShoes/Womens.htm?size=8#info


Google mereferensikan supaya semua situs memakai https:// bila memungkinkannya. Nama host ialah tempat situs dihosting, umumnya memakai nama domain yang sama yang Anda pakai untuk e-mail. Google membandingkan di antara versus "www" dan "non-www" (misalkan, "www.example.com" atau cuman "example.com"). Saat menambah situs ke Search Console, seharusnya tambah versus http:// dan https://, dan versus "www" dan "non-www".


Lajur, nama file, dan string kueri tentukan content apa dari server Anda yang dijangkau. Ke-3 sisi ini sensitif huruf besar/kecil, jadi "FILE" akan hasilkan URL yang lain dengan "file". Nama host dan prosedurnya tidak sensitif huruf besar/kecil; hingga penggunaan huruf kecil atau besar tidak punya pengaruh.


Bagian (dalam masalah ini, "#info") biasanya mengenali sisi manakah dari halaman yang di-scroll browser. Karena content tersebut umumnya sama, lepas dari bagian, mesin menyusur umumnya meremehkan bagian apa saja yang dipakai.


Saat mengarah ke halaman teras, garis miring sesudah nama host memiliki sifat opsional karena akan arahkan pemakai ke content yang serupa ("https://example.com/" sama dengan "https://example.com"). Untuk lajur dan nama file, garis miring akan memberikan indikasi URL yang lain (mengisyaratkan file atau directory), misalkan, "https://example.com/fish" berbeda dengan "https://example.com/fish/".


Navigasi penting untuk mesin menyusur

Navigasi situs penting dalam menolong pengunjung untuk mendapati content yang mereka harapkan secara cepat. Feature ini dapat menolong mesin menyusur pahami content yang dipandang penting oleh pemilik situs. Walau hasil pencarian Google diberi pada tingkat halaman, Google kerap kali memprediksi peranan sebuah halaman di situs pada dasarnya.

Navigasi penting bagi mesin telusur
Navigasi penting bagi mesin telusur

Targetkan navigasi berdasar halaman teras Anda

Semua situs mempunyai halaman teras atau "root", yang biasanya adalah halaman yang terbanyak didatangi di situs dan tempat awalnya bernavigasi untuk beberapa pengunjung. Terkecuali situs Anda cuman mempunyai beberapa halaman, Anda harus pikirkan langkah pengunjung bernavigasi dari halaman umum (root page) ke halaman dengan content yang lebih detil. Apa Anda mempunyai halaman yang cukup sekitar tempat topik tertentu yang bisa digambarkan lewat sebuah halaman (misalkan, halaman root -> daftar topik berkaitan -> topik spesifik)? Apa Anda mempunyai beberapa ratus produk berlainan yang penting digolongkan pada beberapa halaman kelompok dan subkategori?


Memakai 'daftar breadcrumb'

Breadcrumb ialah jejeran link intern pada bagian bawah atau atas halaman yang memungkinkannya pengunjung untuk kembali membuka sisi awalnya atau terhubung root page secara cepat. Pada umumnya breadcrumb, halaman yang umum (umumnya root page) ialah halaman yang pertama, link paling kiri, dan makin ke kanan akan tampilkan daftar sisi yang lebih detil. Seharusnya pakai markup data terancang breadcrumb28 saat tampilkan breadcrumb.


Buat halaman navigasi yang simpel untuk pemakai

Halaman navigasi ialah halaman simpel di situs Anda yang tampilkan susunan situs, dan umumnya terbagi dalam daftar hierarki halaman di situs. Pengunjung bisa berkunjung halaman ini bila mereka alami permasalahan saat mendapati halaman di situs Anda. Walau mesin menyusur akan berkunjung halaman ini untuk memperoleh lingkup crawl yang baik pada bermacam halaman di situs Anda, halaman ini khususnya diperuntukkan untuk pengunjung orang.


Buat hierarki yang mengucur dengan cara alamiah

Permudah pemakai saat terhubung dari content umum ke content yang lebih detil yang mereka harapkan di situs Anda. Tambah halaman navigasi saat diperlukan dan pakai halaman ini dengan efisien dalam susunan link intern Anda. 


Yakinkan semua halaman di situs Anda bisa dicapai lewat link, dan halaman tidak membutuhkan peranan "pencarian" intern agar diketemukan. Kaitkan ke halaman berkaitan, bila seperti, untuk memungkinkannya pemakai mendapati content yang serupa.

Jauhi:

  • Jaringan link navigasi yang susah, misalkan, mempertautkan tiap halaman di situs Anda ke tiap halaman yang lain.
  • Kebanyakan menggunting content (hingga diperlukan 20 click dari halaman teras untuk sampai ke halaman yang diharapkan).


Pakai text untuk bernavigasi

Mengatur sejumlah besar navigasi dari dan ke bermacam halaman di situs Anda lewat link text akan mempermudah mesin menyusur meng-crawl dan pahami situs Anda. Saat memakai JavaScript untuk bikin halaman, pakai komponen "a" dengan URL sebagai nilai atribut "href", dan buat semua poin menu pada pemuatan halaman, bukan menanti hubungan pemakai.

Jauhi:

  • Navigasi yang seutuhnya terbagi dalam gambar atau animasi.
  • Pemakaian pengatasan kejadian berbasiskan plugin atau skrip untuk navigasi.


Buat halaman navigasi untuk pemakai, peta situs untuk mesin menyusur

Masukkan halaman navigasi simpel untuk keseluruhnya situs Anda (atau halaman yang terpenting, bila Anda mempunyai beberapa ratus atau beberapa ribu halaman) untuk pemakai. Buat file peta situs XML untuk pastikan mesin menyusur mendapati halaman baru dan halaman yang diupdate di situs Anda, sertakan semua URL yang berkaitan dan tanggal modifikasi paling akhir dari content khusus.

Jauhi:

  • Halaman navigasi yang didiamkan lewat waktu dengan link yang hancur.
  • Pengerjaan halaman navigasi yang cuman memberikan halaman tanpa mengendalikannya, misalkan menurut subyek.


Hadirkan halaman 404 yang berguna

Pemakai kadang terhubung halaman yang tidak berada di situs Anda, baik dengan mengikut link yang hancur atau menulis URL yang keliru. Memakai halaman 404 kustom yang arahkan pemakai balik ke halaman yang bisa dijangkau di situs Anda bisa tingkatkan kualitas pengalaman mereka. 

Halaman 404 seharusnya mempunyai link yang arahkan pemakai balik ke root page dan dapat memberi link ke content terkenal atau yang sesuai penelusuran pemakai di situs Anda. Anda bisa memakai Google Search Console untuk mendapati sumber URL yang mengakibatkan error "tidak diketemukan".

Jauhi:

  • Pengindeksan halaman 404 di mesin menyusur (yakinkan server situs terkonfigurasi untuk memberi code status HTTP 404 atau - pada situs berbasiskan JavaScript - meliputi tag noindex bila halaman yang disuruh tidak ada).
  • Penutupan halaman 404 supaya tidak di-crawl lewat file robots.txt.
  • Pesan yang kabur seperti "Tidak diketemukan", "404", atau bahkan juga tidak ada halaman 404.
  • Design halaman 404 yang tidak sesuai sisi situs yang lain.


URL yang simpel akan sampaikan info content

Membuat kelompok dan nama file preskriptif untuk document di situs bukan hanya menolong membuat situs Anda teratur, tetapi membuat URL yang lebih gampang dimengerti untuk siapa saja yang ingin membuat link ke content Anda. Pengunjung kemungkinan tidak demikian ketarik bila menyaksikan URL yang paling panjang dan memusingkan, yang cuman berisi sedikit kata yang bisa dikenal.


URL sebagai berikut bisa memusingkan dan mempersulit pemakai:

https://www.brandonsbaseballcards.com/folder1/22447478/x2/14032015.html

URL yang berarti makin lebih bermanfaat dan gampang dipahami dalam kerangka yang lain:

https://www.brandonsbaseballcards.com/article/ten-rarest-baseball-cards.htm

URL diperlihatkan pada hasil pencarian


Paling akhir, harus diingat jika URL ke document umumnya diperlihatkan pada hasil pencarian pada Google di bawah judul document.

Google mahir dalam meng-crawl semua tipe susunan URL, walau URL itu cukup susah. Namun, seharusnya bikinlah URL sesimpel kemungkinan.


Pakai kalimat dalam URL

URL berisi kalimat yang berkaitan dengan content dan susunan situs Anda makin lebih mempermudah pengunjung yang buka situs Anda.

Jauhi:

  • Pemakaian URL yang panjang dengan patokan dan ID sesion yang tak perlu.
  • Penyeleksian nama halaman yang generik seperti "halaman1.html".
  • Pemakaian keyword yang tidak dibutuhkan seperti "kartu-bisbol-kartu-bisbol-kartubisbol.htm".


Buat susunan directory simpel

Pakai susunan directory yang mengendalikan content Anda secara baik dan mempermudah pengunjung ketahui posisi content di situs Anda. Coba pakai susunan directory Anda untuk memperlihatkan tipe content yang diketemukan di URL itu.

Jauhi:

  • Pemakaian jenjang subdirektori yang susah, seperti ".../dir1/dir2/dir3/dir4/dir5/dir6/page.html".
  • Pemakaian nama directory yang tidak ada hubungannya dengan content didalamnya.


Buat 1 versus untuk 1 URL untuk terhubung document

Untuk menahan pemakai mempertautkan ke satu versus URL dan pemakai lain mempertautkan ke versus yang lain (perlakuan ini bisa jadi memperburuk rekam jejak content itu antara URL), seharusnya Anda fokus untuk memakai dan mengarah ke satu URL dalam link intern dan susunan pada halaman Anda. 


Bila Anda merasakan jika sebagian orang sedang terhubung content yang serupa lewat beberapa URL, mempersiapkan peralihan 301 dari URL yang tidak diharapkan ke URL menguasai ialah jalan keluar yang pas dalam kasus ini. Anda dapat memakai URL kanonis atau memakai komponen link rel="canonical" bila tidak bisa mengubah pemakai.

Jauhi:

  • Akses content yang serupa dari halaman subdomain dan directory khusus, misalkan, "domain.com/page.html" dan "sub.domain.com/page.html".


Memaksimalkan content Anda

Buat jadi situs Anda menarik dan berguna

Content yang memikat dan berguna akan memberi dampak yang semakin besar untuk situs Anda dibanding dengan factor yang lain diulas di sini. Pemakai tahu content yang berkualitas saat mereka menyaksikannya dan peluang akan arahkan pemakai lain buka content itu. Ini bisa dilaksanakan lewat posting website, service sosial media, e-mail, komunitas, atau media yang lain.


Penebaran situs baik lewat sosial media atau dari mulut ke dalam mulut ialah factor yang menolong membuat rekam jejak situs Anda di mata pemakai dan Google, biasanya ini dibarengi dengan content yang berkualitas.


Mengoptimalkan konten Anda
Mengoptimalkan konten Anda

Kenali content yang diharapkan pembaca (dan suguhkan ke mereka)

Pikir kalimat yang kemungkinan dijelajahi pemakai untuk mendapati content Anda. Pemakai yang memiliki pengetahuan luas mengenai sebuah topik kemungkinan memakai keyword yang lain dalam kueri pencarian dibandingkan seorang yang tidak begitu ketahui topik itu. 


Misalkan, fans lama sepak bola kemungkinan mencari [fifa], ringkasan dari Fédération Internationale de Football Association, sedang fans baru kemungkinan memakai kueri yang lebih umum seperti [pertandingan sepak bola]. 


Untuk memberi hasil yang positif, Anda bisa memercayakan pemakaian keyword saat menulis content dan memperhitungkan ketidaksamaan dalam sikap pencarian pemakai dalam memakai keyword itu. Google AdWords sediakan Kata kunci (keyword) Planner ringkas yang menolong Anda mendapati macam keyword baru dan menyaksikan prediksi volume pencarian untuk tiap keyword. 


Disamping itu, Google Search Console sediakan kueri pencarian paling atas yang akan munculkan situs Anda, dan kueri pencarian yang arahkan sejumlah besar pemakai ke situs Anda di Laporan Perform.


Pikirkan untuk bikin service baru dan bermanfaat yang tidak dijajakan situs lain. Anda dapat menulis bagian-bagian riset asli, menebarkan cerita informasi yang memikat, atau manfaatkan pangkalan pemakai yang unik. Situs lain kemungkinan kekurangan rujukan atau ahli untuk lakukan ini.


Catat text yang gampang dibaca

Pemakai menyenangi content yang dicatat secara baik dan gampang dibaca.

Jauhi:

  • Kelalaian saat menulis text hingga memunculkan beberapa kesalahan ejaan dan gaya bahasa.
  • Content yang dicatat sembarangan atau berkualitas rendah.
  • Menyelipkan text pada gambar dan video untuk content tekstual: pemakai kemungkinan ingin mengopi dan tempelkan text itu dan mesin menyusur tidak bisa membaca text-nya.


Mengatur topik Anda secara jelas

Mengendalikan content dengan rapi akan menolong pengunjung karena mereka bisa menebak mana awalnya sebuah topik content dan mana pada akhirnya. Pengelompokan content ke kelompok dan sisi yang pas akan menolong pemakai mendapati content yang mereka harapkan secara cepat.

Jauhi:

  • Pemakaian sebagian besar text dalam bermacam topik ke halaman tanpa paragraf, subjudul, atau pembelahan tatanan letak.


Buat content baru yang unik

Content baru bukan hanya akan membuat pengunjung yang telah ada balik ke situs Anda, tetapi datangkan pengunjung baru.

Jauhi:

  • Perulangan (atau bahkan juga penulisan) content yang ada yang tidak memberi banyak faedah untuk pemakai.
  • Duplikat atau penulisan content dengan versus yang paling serupa dengan content lain di situs.
  • Dalami duplikat konten lebih lanjut


Maksimalkan content untuk pemakai, tidak untuk mesin menyusur

Umumnya, hasil positif dapat didapat dengan membuat situs seperti keperluan pemakai, dan pastikan situs bisa dijangkau dengan gampang oleh mesin menyusur.

Jauhi:

  • Keyword yang tak perlu dan dengan jumlah banyak untuk diperuntukkan ke mesin menyusur tetapi memiliki sifat mengusik atau mungkin tidak logis untuk pemakai.
  • Blok text seperti "kekeliruan ejaan kerap kali dipakai untuk mencapai halaman ini" yang tidak memberi banyak faedah untuk pemakai.
  • Menyembunyian text dari pemakai bermaksud penyelubungan37, tapi tampilkannya ke mesin menyusur.


Melakukan tindakan dengan arah tumbuhkan keyakinan pemakai

Pemakai akan berasa nyaman berkunjung situs Anda bila mereka berasa situs itu bisa dipercayai.

Situs dengan rekam jejak baik bisa dipercayai. Bangun rekam jejak untuk ketrampilan dan keyakinan di bagian tertentu.


Beri info mengenai siapakah yang memublikasikan situs Anda, sediakan content, dan maksudnya. Situs berbelanja dan transaksi bisnis keuangan yang lain harus mempunyai info service konsumen setia yang pasti dan memberikan kepuasan untuk menolong pemakai menuntaskan permasalahan. Situs informasi harus memberi info yang pasti mengenai siapakah yang bertanggungjawab atas content itu.


Memakai tehnologi yang pas penting juga. Bila halaman checkout di situs berbelanja tidak mempunyai jaringan yang aman, pemakai tidak bisa mempercayai situs itu.


Perjelas ketrampilan dan kewenangan

Ketrampilan dan kewenangan situs tingkatkan kwalitasnya. Yakinkan content di situs Anda dibikin atau diedit oleh beberapa orang yang mempunyai ketrampilan dalam topik itu. Misalkan, sediakan ahli atau sumber yang eksper bisa menolong pemakai pahami artikel. Memberi kesepakatan yang kuat di halaman berkaitan topik ilmiah adalah praktek yang pas bila kesepakatan seperti itu benar ada.


Beri jumlah content yang pas untuk subyek Anda

Membuat content berkualitas tinggi memerlukan minimal satu diantara banyak hal berikut ini: waktu, tenaga, ketrampilan, dan talenta/ketrampilan. Content harus tepat secara faktual, dicatat secara jelas, dan mendalam. Maka misalkan, bila Anda menerangkan halaman Anda sebagai resep, beri resep komplet yang gampang dituruti, bukan cuman satu set bahan atau deskripsi landasan sajian.

Jauhi:

  • Sediakan content yang tidak mencukupi untuk kepentingan halaman.


Jauhi iklan yang mengusik

Kami mengharap iklan bisa nampak. Tetapi, Anda jangan biarkan iklan mengusik pemakai atau menahan mereka menyaksikan content situs. Misalkan, iklan, content tambahan, atau halaman interstisial (halaman yang diperlihatkan saat sebelum atau sesudah content yang ingin Anda saksikan) yang mempersulit pemakai terhubung situs. Dalami topik ini lebih lanjut38.

Jauhi:

  • Tempatkan iklan yang mengusik di halaman Anda.
  • Memakai link dengan arif


Catat text link yang baik

Text link ialah text yang nampak dalam sebuah link. Text ini memberitahu pemakai dan Google mengenai halaman yang Anda kaitkan. Link di halaman Anda kemungkinan berbentuk link internal—mengarah ke halaman lain di situs Anda—atau link external—mengarah ke content di situs yang lain. Dalam satu dari kasus ini, makin baik text link Anda, makin gampang untuk pemakai untuk menelusuri dan mempermudah Google untuk pahami halaman yang Anda kaitkan.

Menggunakan link dengan bijak
Menggunakan link dengan bijak

Dengan text link yang seperti, pemakai dan mesin menyusur bisa dengan gampang pahami content halaman terpaut.


Tentukan text preskriptif

Text link yang Anda pakai untuk sebuah link harus sediakan minimal gagasan dasar halaman yang dikaitkan.

Jauhi:

  • Text link generik seperti "halaman", "artikel", atau "click di sini".
  • Text yang tidak sesuai topik atau mungkin tidak ada hubungannya dengan content halaman yang dikaitkan.
  • Biasanya pemakaian URL halaman sebagai text link, meskipun ini dibolehkan, misalkan dalam mempromokan atau mengarah alamat situs baru.


Catat text dengan singkat

Tulislah text yang cepat tetapi preskriptif-umumnya cuman sejumlah kata atau frasa singkat.

Jauhi:

  • Text link yang panjang, seperti kalimat panjang atau paragraf pendek.


Pola link hingga gampang disaksikan

Bikinlah supaya pemakai bisa dengan gampang membandingkan di antara text umum dan text link dalam link Anda. Content Anda jadi tidak begitu berguna bila pemakai melepaskan link atau mungkin tidak menyengaja mengekliknya.

Jauhi:

  • Pemakaian CSS atau style text yang membuat link seperti terlihat text biasa.


Pikirkan mengenai text link untuk link intern

Anda kemungkinan umumnya berpikir untuk mempertautkan link untuk arahkan pemakai ke luar situs, tetapi seharusnya Anda lebih memerhatikan text link yang dipakai untuk link intern agar menolong pemakai dan Google mengarahkan situs Anda dengan lebih bagus.

Jauhi:

  • Pemakaian text link yang panjang atau berisi keyword yang kebanyakan cuman untuk mesin menyusur.
  • Pengerjaan link yang tak perlu, yang tidak menolong pemakai saat mengarahkan situs.


Hati-hatilah dengan link situs yang Anda kaitkan

Anda bisa mentransfer beberapa rekam jejak situs Anda ke situs lain saat situs Anda terpaut ke situs lain itu. Kadang pemakai bisa manfaatkan ini dengan menambah link ke situs mereka sendiri pada bagian tanggapan atau papan pesan Anda. 


Atau kadang Anda kemungkinan mengatakan situs secara negatif dan tidak mau menaruhkan rekam jejak situs Anda pada situs itu. Misalkan, Anda sedang menulis entri website berkenaan topik berkaitan spamming tanggapan dan ingin mengatakan situs yang barusan lakukan spamming tanggapan di website Anda. 


Anda ingin mengingatkan seseorang mengenai situs ini, jadi Anda mengikutkan link ke situs itu pada content Anda; tetapi, Anda pasti tidak mau memberi beberapa rekam jejak dari link Anda untuk situs itu. Ini ialah saat yang pas untuk memakai nofollow.


Contoh lain pendayagunaan atribut "nofollow" ialah link widget. Bila memakai widget faksi ke-3 untuk memperbaiki pengalaman dan hubungan pemakai di situs Anda, check apa widget itu berisi link yang tidak mau Anda taruh di situs bertepatan dengan widget. 


Beberapa widget bisa menambah link ke situs Anda dan tambahan ini tidak memiliki sifat opsional dan berisi text link yang kemungkinan tidak dikendalikan oleh pemilik situs. Bila tidak bisa meniadakan link dari widget yang tidak diharapkan, 


Anda bisa menonaktifkannya kapan pun memakai "nofollow". Bila Anda membuat widget untuk maksud fungsionalitas atau content yang Anda beri, yakinkan untuk mengikutkan nofollow pada link di kutipan code standar.


Paling akhir, bila Anda berminat untuk mengikutkan nofollow kesemua link di halaman, Anda bisa menambah tag dalam tag untuk halaman itu. Anda bisa mendapati detil secara lengkap berkaitan tag meta robot di website Pusat Google Pencarian39.


Perangi tanggapan berisi spam dengan "nofollow"

Menyetel nilai atribut "rel" dari link ke "nofollow" atau "ugc" akan memberitahu Google jika link tertentu pada situs Anda tidak semestinya dituruti atau mungkin tidak memberi rekam jejak halaman Anda ke halaman arah yang dikaitkan. 


Mengikutkan nofollow pada link bermakna menambah rel="nofollow" atau atribut yang lebih detil seperti "ugc" dalam tag anchor untuk link, sama seperti yang diperlihatkan berikut ini:

Anchor teks here

atau:

Anchor teks here


Kapan feature ini bermanfaat? Bila situs Anda mempunyai website dengan tanggapan khalayak yang diaktifkan, link dalam tanggapan itu memberi rekam jejak Anda ke halaman yang kemungkinan tidak mau Anda bantu. Tempat tanggapan website pada halaman benar-benar rawan pada tanggapan berisi spam. 


Pemberian nofollow pada link yang ditambah pemakai ini akan pastikan Anda tidak memberi rekam jejak halaman yang dibuat dengan kerja keras ke situs berisi spam.


Automatis tambah atribut "nofollow" ke kotak kometar dan papan pesan

Beberapa paket software website secara automatis menambah atribut nofollow pada tanggapan pemakai, tetapi pengeditan ini bisa dilaksanakan dengan manual untuk yang tidak melakukan. Perlakuan ini dianjurkan untuk tempat situs dengan content yang dibikin pemakai, seperti buku tamu, komunitas, kolom opini, daftar referensi, dan lain-lain. 


Bila Anda siap jamin link yang ditambah oleh faksi ke-3 (misalkan, bila pengamat ialah orang yang bisa dipercaya), Anda tak perlu memakai nofollow pada link; tetapi, mempertautkan ke situs yang dipandang spam oleh Google bisa mempengaruhi situs Anda sendiri


Memaksimalkan gambar Anda

Pakai gambar HTML

Pakai komponen gambar HTML untuk memasangkan gambar ke content.


Pakai komponen  atau HTML.

Markup HTML semantik menolong crawler mendapati dan mengolah gambar. Dengan memakai komponen , Anda dapat tentukan beberapa pilihan bermacam ukuran monitor untuk gambar responsive. Anda mungkin saja memakai atribut loading="lazy" pada gambar supaya halaman berisi bisa lebih cepat untuk pemakai Anda.

Jauhi:

  • Memakai CSS untuk tampilkan gambar yang Anda harapkan buat kami index.


Pakai atribut "alt"

Berikan nama file yang preskriptif dan deskripsi atribut alt untuk gambar. Atribut "alt" memungkinkannya Anda tentukan text alternative untuk gambar bila text asli tidak bisa diperlihatkan karena beberapa argumen.


Kenapa memakai atribut ini? Bila pemakai menyaksikan situs Anda memakai tehnologi simpatisan, seperti pembaca monitor, content atribut alt memberi info mengenai gambar itu.


Argumen lain ialah, bila Anda memakai gambar sebagai link, text alternative untuk gambar itu akan diberlakukan sama dengan text link pada link text. Tetapi, kami tidak merekomendasikan memakai kebanyakan gambar untuk link pada navigasi situs bila link text bisa penuhi arah yang serupa. 


Paling akhir, memaksimalkan nama file gambar dan text alternative akan memudahkan proyek pencarian gambar seperti Pencarian Google Gambar untuk pahami gambar Anda dengan lebih bagus.


Pakai nama file dan text alternative yang cepat tetapi preskriptif

Seperti bagian-bagian lain dari halaman yang ditarget supaya maksimal, nama file dan text alternative yang cepat tetapi preskriptif ialah opsi yang paling tepat.

Jauhi:

  • Pemakaian nama file generik seperti "image1.jpg", "pic.gif", "1.jpg" jika memungkinkan—jika situs Anda mempunyai beberapa ribu gambar, seharusnya berikan nama gambar secara automatis.
  • Nama file yang paling panjang.
  • Pemakaian keyword yang kebanyakan pada text alternative atau mengopi dan tempelkan semua kalimat.


Pakai text alternative bila memakai gambar sebagai link

Bila Anda pilih memakai gambar sebagai link, isi text alternative akan menolong Google untuk lebih pahami halaman yang Anda kaitkan. Pikirkan Anda sedang menulis text link untuk sebuah link text.

Jauhi:

  • Penulisan text alternative yang begitu panjang hingga dipandang seperti spam.
  • Pemakaian link gambar untuk navigasi situs Anda.


Menolong mesin menyusur mendapati gambar Anda

Peta situs gambar bisa memberi info selanjutnya mengenai gambar yang diketemukan di situs Anda ke Googlebot. Perlakuan ini akan tingkatkan peluang gambar Anda diketemukan pada hasil Pencarian Gambar. Susunan file ini serupa dengan file peta situs XML untuk halaman Anda.


Memakai pola gambar standard

Pakai tipe file umum yang disokong - Beberapa browser memberikan dukungan pola gambar JPEG, GIF, PNG, BMP, dan WebP. Seharusnya Anda mempunyai perpanjangan dari nama file yang sesuai tipe file.


Jadikan situs Anda mobile-friendly

Sekarang ini, telah banyak orang yang memakai piranti mobile. Banyak orang mencari Google memakai piranti mobile. Versus desktop situs kemungkinan susah untuk disaksikan dan dipakai di piranti mobile. Mengakibatkan, situs mobile jadi sisi utama di dunia online. 


Kenyataannya, mulai akhir 2016, Google sudah mulai melakukan eksperimen untuk memprioritaskan pemakaian content situs versus mobile untuk pemberian rangking, penguraian data terancang, dan pengerjaan kutipan.


Pilih taktik mobile

Ada cara-cara untuk bikin situs Anda siap dan Google memberikan dukungan sistem implementasi yang lain:

  • Design situs yang responsive (Direferensikan)
  • Penyiaran aktif
  • URL terpisah


Sesudah membuat situs yang bisa dijangkau lewat piranti mobile, Anda bisa memakai Pengetesan Situs Mobile-friendly Google untuk mengecek apa halaman di situs penuhi persyaratan untuk dikasih cap "Mobile-friendly" pada halaman hasil Google Pencarian. 


Anda dapat mengecek laporan Manfaat Mobile Search Console untuk membenahi permasalahan berkaitan manfaat mobile yang mempengaruhi situs.


Bila situs Anda menyediakan banyak content statis (seperti posting website atau halaman landing produk) di beberapa halaman, pikirkan untuk mengaplikasikannya memakai AMP (Accelerated Mobile Pages). 


Ini ialah feature khusus HTML yang pastikan situs Anda mudah dan cepat dijangkau oleh pemakai, dan bisa dipercepat lebih jauh oleh bermacam basis, terhitung Google Pencarian.



Mengonfigurasikan situs mobile agar diindeks secara tepat

Lepas dari komposisi yang Anda tentukan untuk mempersiapkan situs mobile Anda, ada banyak point utama yang perlu jadi perhatian:

  1. Bila Anda memakai Penyiaran Aktif atau mempunyai situs mobile terpisah, berikan signal ke Google saat halaman diformat untuk mobile (atau mempunyai halaman sama dengan yang diformat untuk mobile). Ini menolong Google menyiarkan content Anda ke penelusur mobile secara tepat pada hasil pencarian.
  2. Bila Anda memakai Design Situs yang Responsive, pakai tag meta name="viewport" untuk memberitahu browser langkah sesuaikan content. Bila memakai Penyiaran Aktif, pakai header HTTP Vary untuk memberitahu pengubahan yang bergantung pada agen pemakai. JIka Anda memakai URL terpisah, berikan signal jalinan di antara 2 URL dengan menambah tag dengan komponen rel="canonical" dan rel="alternate" pada halaman.
  3. Menjaga supaya resource masih bisa di-crawl. Memblok resource halaman bisa memberi kisah yang tidak komplet dari situs Anda ke Google. Ini kerap terjadi saat file robots.txt memblok akses ke sejumlah atau semua resource halaman Anda. Bila Googlebot tidak mempunyai akses ke resource halaman, misalkan CSS, JavaScript, atau gambar, kami kemungkinan tidak mengetahui jika halaman itu dibikin untuk diperlihatkan dan berperan secara baik di browser mobile. Dalam kata lain, kami kemungkinan tidak mengetahui halaman itu sebagai "mobile-friendly", hingga tidak tampilkannya dengan seharusnya ke pemakai yang mencari di mobile.
  4. Jauhi kekeliruan umum yang mempersulit pengunjung mobile, seperti tampilkan video yang tidak bisa diputar (misalkan, video Flash sebagai content penting halaman).
  5. Halaman mobile yang memberi pengalaman penelusur yang jelek bisa didemosikan dalam rangking atau diperlihatkan dengan peringatan dalam hasil pencarian mobile. Ini terhitung, tapi tak terbatas pada interstisial sehalaman penuh di piranti mobile yang mengusik pengalaman pemakai.
  6. Beri fungsionalitas penuh kesemua piranti. Pemakai mobile menginginkan peranan yang serupa - seperti memberikan tanggapan dan membayar - dan content pada mobile dan semua piranti yang lain disokong situs Anda. Kecuali content tekstual, yakinkan semua photo dan video penting dipasangkan dan bisa dijangkau di piranti mobile. Untuk mesin menyusur, siapkan semua data terancang dan metadata yang lain - seperti judul, deskripsi, komponen link, dan tag meta yang lain - kesemua versus halaman.
  7. Yakinkan data terancang, gambar, video, dan metadata yang Anda punyai di situs desktop diikutkan di situs mobile.


Tes halaman mobile Anda dengan Pengetesan Situs Mobile-Friendly untuk menyaksikan apa Google memandang situs Anda berperan secara baik pada piranti mobile.


Bila memakai URL yang terpisah untuk halaman mobile, yakinkan Anda mengetes URL desktop dan mobile, hingga Anda bisa memverifikasi jika peralihan dikenal dan bisa di-crawl.


Untuk ketahui info secara lengkap, saksikan tutorial situs mobile-friendly Google.


Mempromokan situs Anda

Walau sejumlah besar link ke situs akan ditambah secara setahap, karena orang mendapati content Anda lewat pencarian atau langkah lain dan menautkannya, Google pahami jika Anda ingin memberitahu seseorang mengenai usaha keras yang telah Anda tuang dalam content Anda. 


Dengan mempromokan content baru secara efisien, orang yang ketarik dengan subyek yang serupa akan bisa lebih cepat mendapati situs Anda. Seperti umumnya point yang tercakup dalam document ini, mengaplikasikan referensi ini sampai pada step yang berlebihan bisa betul-betul merusak rekam jejak situs Anda.


Posting website pada situs yang memungkinkannya pangkalan pengunjung ketahui jika Anda menambah hal baru ialah langkah yang pas untuk mempromokan content atau service baru Anda. Pemilik situs yang lain mengikut situs Anda atau feed RSS dapat ketahui perubahan situs Anda.


Mempromokan perusahaan atau situs secara off line bukan usaha yang percuma. Misalkan, bila Anda mempunyai situs usaha, yakinkan URL-nya tertera di kartu usaha, kop surat, poster, dan lain-lain. Anda dapat mengirim newsletter secara berulang-ulang ke client lewat e-mail yang memberitahu mereka mengenai content baru di situs perusahaan.


Bila Anda memulai usaha lokal, menambah info usaha itu ke Google Bisnisku52 akan menolong mencapai konsumen setia di Google Maps dan pencarian situs.


Kenali mengenai situs sosial media

Situs yang dibikin yang fokus pada hubungan pemakai dan feature share akan mempermudah situs diketemukan oleh group pemakai yang ketarik dengan content yang tepat.

Jauhi:

  • Usaha selalu untuk mempromokan tiap content baru, memberi kisah sepintas dari content yang dibuat; lebih bagus konsentrasi pada poin yang memikat untuk dan terkenal.
  • Bawa situs ke skema yang membuat content dipropagandakan ke status paling atas di service itu dengan tidak lumrah.


Capai beberapa orang di komune yang berkaitan dengan situs Anda

Peluangnya ialah, ada beberapa situs yang konsentrasi pada topik yang sama dengan situs Anda. Buka komunikasi dengan beberapa situs ini umumnya memberi faedah. Topik terkenal di niche atau komune Anda bisa memberi gagasan tambahan untuk content atau membuat rujukan komune yang bagus.

Jauhi:

  • Pengangkutan keinginan link berisi spam ke semua situs yang terkait dengan tempat topik Anda.
  • Pembelian link dari situs lain dengan arah memperoleh PageRank.


Menganalisa perform pencarian dan sikap pemakai

Menganalisa perform pencarian Anda

Mesin menyusur khusus, terhitung Google, memberi beberapa alat gratis untuk pemilik situs untuk menganalisa performnya di mesin menyusur mereka. Di Google sendiri, alat itu ialah Search Console.


Search Console sediakan 2 kelompok info penting: Bisakah Google mendapati content saya? Bagaimana perform saya pada hasil Google Pencarian?


Memakai Search Console tidak menolong situs Anda memperoleh tindakan istimewa; tetapi, perlakuan ini bisa menolong mengenali permasalahan yang, bila diatasi, bisa menolong perform situs Anda jadi lebih baik pada hasil pencarian.

Dengan service itu, pemilik situs bisa:

  • Menyaksikan sisi manakah dari situs yang memiliki masalah saat di-crawl Googlebot
  • Mengetes dan mengirimi peta situs
  • Menganalisa atau membuat file robots.txt
  • Meniadakan URL yang telah di-crawl oleh Googlebot
  • Tentukan domain opsi Anda
  • Mengenali permasalahan dengan judul dan tag meta deskripsi
  • Pahami langkah yang dipakai pencarian paling atas untuk mencapai situs
  • Menyaksikan sepintas langkah Googlebot menyaksikan halaman
  • Terima pemberitahuan pelanggaran dasar kualitas dan minta alasan ulangi situs
  • Alat WebMaster Bing Microsoft tawarkan alat gratis untuk pemilik situs.


Menganalisa sikap pemakai di situs Anda


Bila Anda sudah tingkatkan crawl dan pengindeksan situs memakai Google Search Console atau service yang lain, Anda kemungkinan ingin ketahui mengenai trafik yang tiba ke situs Anda. Program situs analytics seperti Google Analytics ialah rujukan data yang pas dalam kasus ini. Anda dapat memakainya untuk:

  • Memperoleh data mengenai langkah pemakai mencapai dan berperangai di situs Anda
  • Mendapati content yang terpopuler di situs Anda
  • Menghitung dampak dari optimalisasi yang Anda bikin di situs, misalkan, apa mengganti tag meta deskripsi dan judul tingkatkan trafik dari mesin menyusur?


Untuk pemakai kelanjutan, info yang diberi pada paket analytics, dipadukan dengan data dari file log server, bisa memberi info yang lebih mendalam mengenai langkah pengunjung berhubungan dengan document (seperti keyword tambahan yang kemungkinan digunakan penelusur untuk mendapati situs Anda).

LihatTutupKomentar