Cara Optimasi Google Discover Dengan Cloudflare

cara optimasi google discover

Apa itu google discover? kumpulan thumbnail dari website dan youtube yang google letakkan tepat di bawah kolom search mobile di handphone os android maupun ios. Lebih spesifik lagi ini adalah pengganti dari google now atau yang biasa kalian kenal sebagai google feed.

Google discover adalah cara proaktif google dalam menyampaikan informasi ke mobile phone, Dengan mengambil data dari google activity yaitu web & app , history serta youtube activity. Dari data tersebut google menganalisa basis minat anda terhadap suatu topik.
Cara Optimasi Gambar
Bahasa singkatnya, ini adalah cara google memaksakan informasi ke mobile phone tanpa anda minta.Untuk menghilangkan google discover dari google chrome cukup dengan menonaktifkan menu web&app,history dan youtube, masuk ke pengaturan google account -- data & personalization -- activity control , pause kan 3 menu tersebut.
Cara Optimasi Google Discover Dengan Cloudflare

Seberapa penting google discover untuk blog? google discover sangat penting dan berguna untuk mendatangkan banyak traffik ke blog. Karena sifatnya pick up by google semua punya peluang yang sama untuk muncul dalam menu google discover.

Hebatnya lagi dari google discover, tidak diperlukan setting dan optimasi seo untuk mendapatkan keuntungan dari google discover. Neil patel mengakui mendapatkan 18.800 traffick blog selama 3 bulan dari kemunculan website di google discover.
keuntungan google discover

Bagaimana cara melihat statistik google discover? Statistik untuk google discover dapat ditemukan dalam google search console seperti gambar diatas. Syaratnya adalah blog sudah mendapatkan kunjungan traffik dari google discover, jika blog anda belum pernah mendapatkan kunjungan dari google discover maka menu stat tersebut tidak akan muncul dalam google webmaster.

Apa syarat untuk mendapatkan google discover? kalau bisa daftarkan dulu blog anda ke google news dan gunakan template AMP. Coba lihat dimobile phone siapa saja yang menguasai google discover indonesia, hampir semuanya media online besar dan menggunakan AMP.

Apakah blog biasa bisa mendapatkan google discover? Sangat bisa seperti diawal tulisan siapapun bisa berada dalam google discover.

Topik atau niche seperti apa yang bagus untuk google discover? niche evergreen paling rekomendasi, karena kemungkinan untuk selalu muncul dalam google discover terbuka lebar. Aplikasi ini membaca kebiasaan dan aktifitas pengguna mobile phone. Jika suatu saat posisi anda berada dikota tertentu discover melalui google chrome akan memunculkan artikel tempat makan terdekat atau hotel termurah. Niche evergreen yang terpantau dari mobilephone lebih banyak bermain dengan topik
  • Music
  • Sports
  • News
  • Marketing
  • Animals
  • Entertainment

Untuk indonesia paling banyak entertaiment terutama gosip dan news.
Bagaimana cara optimasi blog untuk google discover? Melalui laman google support disana diberitahukan bahwa :
  1. Pastikan artikel yang ditulis adalah artikel yang banyak di cari sesuai niche masing masing.Artinya adalah tulislah artikel yang mempunya volume pencarian besar dan penulisan yang lengkap dan detail. Tidak harus sesuai dengan kaidah SEO untuk masuk google discover asal tulisanya bagus enak dibaca dan runut.
  2. Syarat kedua adalah image pada artikel menggunakan ukuran 1200px dan kualitas gambar yang jernih tidak buram.
Yang akan kita bahas berikut ini sangat krusial bagi pengguna blogger atau blogspot mengenai image pada konten dengan ukuran 1200px alias image HD. Untuk ukuran image 1200px kurang lebih sekitar 3-5mb ini akan membuat speed loading blog bermasalah.Yang ujung ujunganya akan menyebabkan blog tersebut susah untuk masuk dalam google discover.

Untuk itu kita akan menggunakan CDN, apa itu CDN (Content Delivery Network)? Mengirimkan data baik itu image,css,javascript maupun video kepada pembaca blog anda dari server terdekat. Misal saya membuka blog anda dari kota newyork amerika serikat, maka data yang saya terima dari blog anda datang dari server newyork bukan dari server indonesia.Ini akan membuat speed loading blog anda up berkali kali lipat.

Ada banyak penyedia layanan CDN baik yang gratis maupun yang berbayar, yang kita gunakan sekarang adalah CDN dari Cloudflare. Cara menautkan domain blog ke cloudflare sangat mudah cukup anda registrasi ke cloudflare dan input url blog. Setelah itu anda akan diminta untuk mengganti nameserver domain dengan nameserver dari cloudflare.

Nah Cloudflare inilah yang akan kita gunakan untuk optimasi blog terutama optimasi image agar speed loading blog tidak drop. Untuk lebih jelasnya bisa ikuti video tutorial berikut ini Cara optimasi google discover dengan cloudflare

Tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi google discover sebagai salah satu sumber traffick untuk blog.Semoga artikel ini bermanfaat buat anda jangan lupa tinggalkan komen dibawah.

Penelusuran yang terkait dengan google discover
Cara mematikan google discover, cara mengaktifkan discover google, discover google tidak muncul, cara mengaktifkan feed di google, cara menonaktifkan discover google, google search, apa itu 1 kartu di feed, google feed.
LihatTutupKomentar