12 Jenis Bisnis Online Tanpa Modal

online bisnis
online bisnis

12 Jenis Bisnis Online Tanpa Modal. Salah satu faktor yang menghambat orang dalam berbisnis adalah kebutuhan modal yang tinggi. Untungnya, ketersediaan koneksi internet saat ini memungkinkan Anda untuk memulai bisnis online tanpa dana. Tentu saja Anda membutuhkan komputer dan koneksi internet, tetapi selain itu, yang Anda butuhkan adalah ketekunan dan kreativitas Anda.


Tidak ingin mengeluarkan uang sepeser pun, tetapi ingin mendapatkan penghasilan dari internet dan lancar berbisnis? bisa! Lantas, bisnis online seperti apa yang tidak membutuhkan modal sih? Berikut 12 bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba.


1. Menjadi YouTuber


Salah satu bisnis online tanpa dana yang paling umum adalah melalui video. Anda harus sering menonton video di beberapa situs video seperti YouTube, bukan? Nah, dengan menjadi produser video atau YouTuber di YouTube, kamu bisa menghasilkan banyak uang! Yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.


Tentu saja, pertama-tama, Anda harus memiliki akun di situs video yang Anda minati. Dalam kasus YouTube, Anda dapat membuat akun secara gratis. Setelah itu, gunakan kreativitas Anda untuk membuat video yang menarik. Anda dapat menggunakan webcam bawaan laptop atau kamera ponsel cerdas Anda untuk membuat video.


Jika Anda menginginkan kualitas video yang lebih baik, Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli kamera berkualitas tinggi, tetapi tidak demikian halnya. Ini diperlukan untuk membuat video online. Setelah video direkam, Anda dapat menggunakan berbagai software gratis seperti Windows Movie Maker, Lightworks, Shotcut, dan Avidemux untuk mengedit video.


Setelah video selesai, Anda hanya perlu mendaftarkan akun monetisasi YouTube Anda. Pastikan Anda menghasilkan video berkualitas tinggi, karena jika YouTube menganggap video Anda tidak pantas, video Anda mungkin tidak menguntungkan. Monetisasi berarti menambahkan iklan ke video Anda sehingga ketika orang mengklik atau menonton iklan ini, Anda akan menghasilkan uang. Semakin banyak orang menonton video Anda dan mengklik iklan di dalamnya, semakin banyak pendapatan yang akan Anda hasilkan.


2. Bisnis Dropship


Pernahkah Anda mendengar dropshiping? Ini adalah bisnis di mana Anda menjual barang atas nama Anda, tetapi barang tersebut dikirim oleh orang lain. Misalnya, Anda memberi tahu teman Anda bahwa Anda menjual jaket. Ketika teman Anda tertarik untuk membeli jaket yang Anda jual, dia akan membayar Anda sejumlah uang. Kemudian, Anda membeli jaket secara online dari pihak lain dan mereka akan mengirimkan jaket ke teman Anda. Tentunya harga yang Anda tetapkan akan lebih tinggi dari harga aslinya untuk mendapatkan keuntungan.


Dengan semakin banyaknya perusahaan e-commerce di Indonesia saat ini, Anda dapat dengan mudah mengundang satu atau bahkan beberapa perusahaan untuk bekerja sama dengan Anda. Hal yang menarik dari bisnis direct selling ini adalah Anda tidak perlu stok barang untuk memulai bisnis Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda dapat menghemat biaya pembelian barang pajangan dan menyewa tempat untuk menyimpan barang tersebut. Dengan keunggulan tersebut, tidak heran jika bisnis direct selling menjadi salah satu bisnis online tanpa modal yang paling diminati.


3. Menulis blog atau membuat website sendiri


Suka menulis? Apakah Anda memiliki blog dengan informasi yang bermanfaat? Pertimbangkan untuk menambahkan iklan ke blog atau situs web Anda. Untuk membuat blog atau website secara gratis, Anda bisa menggunakan WordPress, Blogger, Weebly, Wix, dan berbagai layanan website builder. Setelah Anda memiliki situs web sendiri, Anda dapat menggunakan Google AdSense untuk menambahkan iklan. Dengan itu, Anda dapat mengubah hobi menulis Anda menjadi bisnis online dengan potensi besar.


Google AdSense adalah layanan Google populer yang terkait dengan iklan bergambar. Dengan mendaftarkan blog atau website Anda di Google AdSense, iklan akan muncul di blog atau website Anda. Tentu saja, Anda dapat memutuskan jenis iklan apa yang akan ditampilkan, sehingga Anda dapat memilih iklan yang cocok dengan blog dan situs web Anda. Ketika pengunjung mengklik iklan, Anda akan menerima sejumlah uang.


Namun seperti iklan di YouTube yang disebutkan di atas, pastikan situs Anda berisi konten yang menarik dan populer, karena proses seleksi Google AdSense sangat ketat. Untuk meningkatkan peluang Anda untuk diterima, Anda harus menggunakan nama domain yang diakhiri dengan ".com", meskipun itu berarti membayar setahun sekali. Jika akun Google AdSense Anda ditolak, Anda dapat mencoba mendaftar lagi setelah meningkatkan kualitas blog dan situs web Anda.


4. Informasi penjualan


Tidak hanya barang fisik yang dapat dijual, tetapi juga informasi yang berguna! Melalui blog atau website, Anda bisa menjual segala macam informasi. Contohnya adalah menjual e-book (e-book) yang Anda tulis tentang topik tertentu.


Dalam hal ini, setelah Anda selesai menulis, Anda dapat mengonversi artikel Anda ke dalam format PDF atau format lain sehingga dapat diakses dan tidak dapat diubah oleh pihak lain. Kemudian, Anda hanya perlu menampilkannya di situs web Anda dan mempromosikan tulisan Anda. Jika seseorang tertarik, yang harus Anda lakukan adalah mengirim email file ke orang yang tertarik. Tidak hanya menulis, kamu juga bisa menjual video pembelajaran yang kamu buat!


5. Menjadi freelancer


Layanan penjualan juga bisa menjadi bisnis online tanpa modal yang menguntungkan. Sesuai dengan kemampuan Anda, Anda dapat memberikan layanan berbasis biaya. Suka menulis? Anda bisa menjadi penulis lepas. Suka pengkodean? Programmer freelance bisa menjadi pilihan. Terlepas dari kemampuan yang Anda banggakan, Anda dapat mengubahnya menjadi sumber penghasilan.


Untuk meningkatkan kemungkinan orang menggunakan layanan Anda, Anda dapat bergabung dengan grup freelance di berbagai media sosial. Jika Anda baru memulai, yang terbaik adalah memulai dengan pekerjaan sederhana yang tidak dibayar dengan baik. Saat Anda memiliki lebih banyak pengalaman, orang akan semakin percaya pada kemampuan Anda, dan Anda dapat mulai mencoba pekerjaan yang lebih keras dan bergaji lebih tinggi!


Bisnis online tanpa dana di atas hanya dapat dilakukan melalui komputer dan koneksi internet. Namun, jika Anda bersedia mengeluarkan sedikit dana untuk fasilitas pendukung, seperti kamera atau domain website yang lebih baik, Anda secara signifikan dapat meningkatkan Peluang bisnis Anda untuk sukses.


6. Layanan konsultasi penjualan

Apakah Anda merasa senang dengan bidang tertentu? Saatnya Anda menjual keahlian Anda, jangan malu, karena cara ini bisa menambah brankas tabungan Anda.Misalnya, jika Anda seorang ahli dan memahami SEO atau optimasi mesin pencari, keahlian Anda bisa mahal. Seperti yang Anda ketahui, Anda dapat memberikan layanan konsultasi online melalui berbagai saluran.


7. Survei berbayar


Gambar: Freepik Cara mudah lainnya untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan mengikuti survei berbayar, yaitu Anda akan dibayar setelah mengisi survei. Tidak perlu dana, Anda hanya perlu mencari berbagai survei berbayar yang bertebaran di dunia maya. Tapi hati-hati penipuan!


8. Penerjemah


Bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal, hanya keahlian Anda. Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemahan bahasa, baik dari bahasa asing ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Jika Anda lulusan sastra, Anda dapat menggunakan keterampilan ini. Tidak perlu khawatir dengan jam kerja, karena Anda dapat mengatur jam kerja Anda sendiri. Merasa tidak yakin dengan kemampuan Anda? Cobalah untuk memberikan keahlian Anda kepada kerabat terdekat Anda terlebih dahulu, dan kumpulkan portofolio investasi Anda setelah Anda memutuskan untuk memberikan layanan kepada perusahaan yang membutuhkan.


9. Layanan desain


Apakah Anda suka melukis untuk bersenang-senang? Kesenangan Anda bisa manis, hanya dengan menggambar atau mendesain, Anda dapat mengumpulkan uang ekstra atau bahkan lebih. Sekarang ini banyak orang yang membutuhkan jasa desain loh. Dari mendesain logo untuk ulang tahun hingga logo toko belanja online. Jika Anda memiliki keahlian di bidang ini, Anda pasti bisa mendapatkan penghasilan tanpa mengeluarkan uang.


10. Fotografi


Sama seperti desain, fotografi juga merupakan keterampilan yang dapat menghasilkan uang saat ini. Seperti yang Anda ketahui, hampir setiap momen dan peristiwa dapat diabadikan dengan foto. Karena itu, jika Anda menganggap ini sebagai bisnis tambahan, tidak ada salahnya. Meski bukan modal 100%, teknik fotografi semacam ini bisa sangat menguntungkan lho.



11. Manajer media sosial


Pernahkah Anda berpikir untuk menjadi manajer media sosial? Jika Anda suka bermain media sosial, tidak ada salahnya mencoba menjadi social media manager. Pekerjaan ini relatif baru, tetapi sangat dibutuhkan. Apalagi sekarang akun-akun media sosial cepat laku terjual. Anda hanya perlu mengasah kemampuan untuk membuat konten yang menarik.


12. Agen real estate


Punya banyak teman dan jago pemasaran? Cobalah menjadi agen real estate, bisnis ini juga bisa dikatakan tidak memiliki modal dan resiko yang rendah. Sekarang, Anda juga bisa mencoba bisnis online. Ada banyak website yang menyediakan jasa agen real estate, dan Anda bisa langsung mencobanya.


Demikianlah 12 ide kreatif mencari peluang usaha tanpa modal di dunia internet.Bisnis online, bisnis online tanpa modal, cara bisnis online, peluang bisnis online, bisnis online baru, bisnis online terbaru.Semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar