Cara Daftar Google News

Cara Daftar Google News. Cantuman Google Warta blog adalah cara terbaik untuk menarik pengunjung alami dan membantu meningkatkan pendapatan adsense.

cara daftar google news
cara daftar google news

Google News adalah layanan yang disediakan oleh Google yang memberikan informasi terkini berupa berita dari berbagai website di seluruh dunia termasuk Indonesia.


Google News tidak hanya berguna untuk pembaca, tetapi juga kolom tay mid-stream untuk pemilik website atau blog. Inilah sebabnya mengapa setiap pemilik situs web ingin artikel mereka muncul di Google Warta.


Agar situs web dapat muncul di Google Warta, Anda harus mengetahui cara mendaftar Google Warta dengan benar terlebih dahulu. Dengan cara ini, setiap artikel yang dipublikasikan juga akan muncul di Google Warta, dan kunjungan organik dapat meningkat.


Apakah Google News itu?


Secara umum, "Google News" memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, dan dapat diakses melalui perangkat dan komputer. Anehnya, Anda bisa menikmati layanan Google News secara gratis. Bahkan saat ini, masih ada 1 juta pengguna yang telah mendownload Google News di Play Store atau Google Play.


Bagi pengguna, Google News merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan informasi atau berita berdasarkan topik, lokasi, dan sumber berita. Dengan kata lain, pengguna dapat mempersonalisasi konten sesuai kebutuhan.


Harap diperhatikan bahwa layanan Google News tidak hanya dibuat untuk pengguna. Untuk pemilik situs web, mengirimkan situs web mereka ke Google Berita adalah opsi terbaik. Karena jika artikel mendapat tempat di layanan Google ini, akan banyak manfaatnya.


Google Berita memiliki 494 juta kunjungan dari seluruh dunia setiap bulan. Artinya dampak positif Google News untuk kepentingan situs patut diperjuangkan.


Mengapa demikian? Pasalnya, Google News tidak hanya dibuat untuk media berita online populer. Situs web berbasis Blogspot dan WordPress juga dapat didaftarkan di Google News.


Secara keseluruhan, jika Google Warta menerbitkan konten yang bermanfaat dan menarik, konten yang dipublikasikan di situs web tersebut dapat menjadi tajuk utama (disarankan) Google Warta.


Manfaat daftar Google Berita

Jika situs web berhasil menjadi bagian dari layanan Google, mendaftar blog dengan Google Warta dapat memperoleh banyak keuntungan, seperti:


1. Masuk ke halaman mesin pencari dengan mudah

Jika sudah berhasil mendaftarkan website Anda di Google News, tugas Anda selanjutnya adalah membuat konten seindah dan seunik mungkin. Karenanya, Google News tidak akan segan dan terpacu untuk menjadi headline.


Artinya, konten atau berita yang baru dibuat harus menempati peringkat pertama di mesin pencari Google. Google News adalah salah satu teknik terbaik untuk mendapatkan kesempatan masuk ke halaman pertama Google tanpa optimasi SEO (search engine optimization).


2. Meningkatkan jumlah pengunjung alami

Keuntungan lain dari Google News adalah peningkatan pengunjung alami. Semakin mudah orang menemukan apa yang mereka inginkan di mesin telusur, termasuk konten yang Anda buat, semakin besar peluang mendapatkan pengunjung alami.


Kemampuan untuk memiliki konten yang dipersonalisasi berdampak besar pada lalu lintas berkualitas tinggi. Pengguna yang mengunjungi situs web Anda akan senang bahwa topik yang Anda miliki terkait dengan topik yang mereka butuhkan atau cari.


3. Sebagai media merek yang efektif

Jika website Anda menyediakan konten yang kaya, dampaknya akan sangat positif. Pengunjung akan sering mengunjungi situs web Anda lagi. Selain itu, komentar yang Anda buat tentang suatu topik, website Anda akan dianggap ahli di bidangnya. Ini adalah hubungan antara membantu dan membangun merek situs web melalui Google Berita.


4. Peluang mendapatkan banyak backlink

Salah satu optimasi SEO off-page adalah mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Tentunya sebagai seorang blogger biasanya anda memahami fungsi backlink dalam meningkatkan "kepercayaan" pengunjung situs.


Reputasi situs dapat diperoleh dari Google News. Jika konten atau artikel Anda dijadikan rekomendasi oleh Google, maka konten tersebut juga akan menjadi referensi bagi orang lain, sebagai sumber terpercaya. Mungkin salah satu sumber ini adalah konten atau artikel di situs Anda.


Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin banyak pengguna mempercayai situs web Anda.


5. Tidak Ada Iklan Alternatif

Mengapa Google News merupakan alternatif gratis untuk beriklan? Seperti disebutkan di atas, Google Berita dapat secara efektif meningkatkan kesadaran merek.


Jika Anda kebetulan ingin mengiklankan situs web Anda, ini bukan masalah besar, selama Anda dapat mengiklankan konten yang Anda buat dan membayar banyak uang.


Tetapi jika ada cara untuk meningkatkan citra merek tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, mengapa tidak mencoba cara ini. Bukankah begitu?


Google Berita dapat membawa lalu lintas organik ke situs web Anda. Lalu lintas alami adalah kunjungan dari mesin telusur, dan Anda bisa mendapatkannya tanpa membayar biaya apa pun.


Persyaratan Cantuman Google Berita

Agar Anda bisa mendapatkan semua manfaat Google News seperti yang dijelaskan di atas, Anda perlu mendaftarkan situs web Anda di Google News terlebih dahulu.


Syarat untuk mendaftarkan website di Googel News sebenarnya sangat mudah. Konten berikut meliputi:


1. Buat situs berita

Banyak orang percaya bahwa salah satu syarat untuk mendaftarkan website dengan Google News adalah membuat website berita. Namun, tidak hanya situs berita yang dapat mencantumkan Google Berita. Bahkan blog biasa dengan subdomain bisa bergabung dengan layanan Google ini.


Tidak percaya? Silakan masukkan kata kunci: Cara mendaftar Blogspot ke Google News. Maka Anda akan mendapatkan jawabannya.


Intinya proses seleksi setelah mendaftar Google News akan dilakukan secara manual oleh Google. Google lebih selektif dalam memastikan bahwa situs web atau blog sesuai dengan tujuannya (menyediakan berita terbaru dan penting).


Oleh karena itu, meskipun situs Anda bukan situs berita, jangan berhenti mencoba mendaftarkan blog Anda di Google Berita. Singkatnya, buat konten berkualitas tinggi yang dibutuhkan dan dibaca manusia.


2. Buat konten berkualitas

Konten berkualitas tinggi adalah kunci utama untuk mendapatkan peringkat tertinggi di beranda mesin pencari. Ini juga berlaku jika Anda ingin mendaftar blog di Google News.


Apa yang dimaksud dengan konten situs web berkualitas tinggi?

  • Jangan mencuri konten orang lain
  • Cobalah untuk fokus hanya pada satu jenis konten. Misalnya: konten bisnis.
  • Selalu berikan informasi baru (update)
  • Jangan membuat konten yang dilarang oleh Google
  • Jelaskan struktur blog.
  • Gunakan tautan permanen yang unik dan itu tidak akan berubah
  • Tampilan website menarik dan responsif
  • Nyaman bagi pengguna untuk menjelajah
  • Jelaskan identitas situs web dengan baik

Poin-poin di atas tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Karena saya pikir pembaca biasanya sudah familiar dengan ini.


Cara mendaftar Google News

Setelah syarat di atas terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog Anda di Google News.Anda dapat melanjutkan sebagai berikut:


1. Masuk dengan akun Google

Harap masuk dengan akun Gmail Anda terlebih dahulu untuk masuk ke Pusat Penerbit Google.


2. Verifikasi kepemilikan situs web

Selanjutnya, Anda perlu memverifikasi situs web menggunakan Google Search Console (GSC). Karena Google News memiliki mesin pencari sendiri, pastikan Anda mengisi dan menambahkan peta situs xml di situs web atau blog Anda. Ini untuk Google Berita, dan akan selalu memperbarui perubahan yang terjadi di situs.


3. Buka Pusat Penerbit Google Berita

Buka Google Press Center dan daftar ke situs tersebut. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.


4. Tambahkan Wesbite / blog

Tambahkan blog Anda di bawah "Ingin merekomendasikan situs web untuk Google Warta?" klik disini. "


5. Isi informasi blog

Google membutuhkan informasi wajib tertentu selama proses kurasi. Harap isi informasi yang diperlukan dengan benar.


Informasi Umum

  • Tentang situs berita Anda: informasi rinci tentang blog berita terdaftar
  • Informasi Situs Web
  • URL Sumber: alamat situs web.
  • Nama sumber: Nama situs web.
  • Bahasa situs web: Bahasa yang digunakan di situs web. Harap diperhatikan bahwa Google Berita tidak mengizinkan banyak bahasa.
  • Kota, Negara Bagian / Propinsi dan Wilayah: Alamat lengkap.
  • Pilih semua kategori yang berlaku untuk konten situs web Anda
  • Konten opini: Apakah rilis situs web melibatkan konten opini?
  • Konten buatan pengguna: Jika konten buatan pengguna telah melalui proses pengeditan di blog
  • Blog: harap centang opsi ini
  • Siaran pers: berlaku jika situs web Anda juga menerbitkan siaran pers
  • Satire: Jika situs itu berdasarkan satir
  • Informasi bagian berita
  • URL: nama domain atau subdomain yang ingin Anda tambahkan
  • Label: Jenis konten yang ditampilkan


6. Selesai

Setelah mengisi data dengan benar, klik Submit.


7. Tunggu review Google News

Jika semua proses sudah selesai dengan benar, maka proses terakhir adalah menunggu Google News direview, waktu reviewnya 1-3 minggu.


Jika prosesnya sudah selesai dengan benar, maka menurut saya blog atau website Anda bisa diterima oleh Google News.


Kesimpulannya

Ini adalah cara Anda mendaftar Google Warta untuk situs web. Mudah, bukan itu masalahnya. Karena kurasi dilakukan secara manual oleh Google. Intinya, semua istilah dan manfaat telah dijelaskan dengan jelas di atas.


Itu tetap hanya kegigihan yang dibutuhkan untuk membuat konten berkualitas tinggi, dll, yang semuanya bisa diterima oleh Google News.


Jika konten website ditampilkan di Google News, maka peluang untuk menempati posisi pertama di mesin pencari lebih terbuka. Tidak berhenti sampai disitu, Anda hanya perlu menunggu waktu agar pengunjung situs ramai atau pengalaman bertambah.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. semoga berhasil!



LihatTutupKomentar