Warna Tersier Merupakan Perpaduan Antara Warna Apakah?

Warna Tersier

Warna Tersier Merupakan Perpaduan Antara Warna Apakah?Warna adalah kesan yang didapat mata dari pantulan cahaya pada benda. Pandangan lain adalah bahwa warna adalah bagian dari cahaya yang diteruskan atau dipantulkan.


apa itu warna tersier?



Bisa melihat warna adalah anugerah dari Tuhan dan kita harus bersyukur karenanya. Warna memberi kesan hidup dalam kehidupan kita karena warna dapat dikategorikan berdasarkan apa yang kita lihat.


Ternyata, warna juga ada jenisnya lho, Toppers. Mulailah dengan warna primer, sekunder dan tersier. Apa arti warna-warna tersebut, dan apa perbedaan antara ketiganya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.


Apa Saja warna primer, sekunder dan tersier?


Sudahkah Anda mencoba mencampur warna? Gunakan krayon, pensil warna, atau cat. Warna primer, sekunder, dan tersier adalah jenis warna yang dibedakan dengan pencampuran warna. Berikut penjelasan lebih lanjut dari ketiga warna tersebut:


warna primer


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “utama” berarti “yang pertama”, “khusus” atau “yang utama”. Warna primer adalah warna pertama atau warna utama di mana warna lain dibuat.


Dalam arti tertentu, warna primer adalah warna yang tidak dapat dibuat dengan mencampurkan warna lain. Mereka adalah warna buatan sendiri.


Tiga warna primer adalah merah, kuning dan biru. Warna-warna ini dapat dicampur untuk membuat warna lain. Misalnya:


Pencampuran warna merah dan kuning menghasilkan warna jingga (oranye).

Mencampur kuning dan biru menjadi hijau.

Pencampuran biru dan merah menghasilkan warna ungu.


warna sekunder


Seperti disebutkan sebelumnya, dua warna primer dapat dicampur untuk menghasilkan warna baru. Nah, warna baru ini disebut warna sekunder.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), "sekunder" berarti "sekunder", "sekunder", dan "bukan primer". Artinya, warna sekunder adalah warna yang berasal dari hasil pencampuran warna pertama (primer).


Dengan kata lain, warna sekunder adalah warna yang dibuat dengan mencampurkan dua warna primer menjadi satu. Warna sekunder meliputi oranye, hijau, dan ungu.


warna primer + warna primer = warna sekunder


merah + kuning = oranye


kuning + biru = hijau


biru + merah = ungu


Hasil warna sekunder bergantung pada seberapa banyak setiap warna primer digunakan. Misalnya, jika Anda menambahkan lebih banyak merah daripada kuning, Anda akan mendapatkan hasil oranye kemerahan. Jika Anda menambahkan lebih banyak kuning daripada merah, Anda akan mendapatkan hasil kuning-oranye.


Warna tersier itu apa?


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “tersier” berarti “ketiga”. Artinya warna ketiga adalah warna ketiga yang dihasilkan setelah warna pertama dan kedua dihasilkan.


Dalam pengertian ini, warna tersier tercipta ketika warna primer dicampur dengan warna sekunder. Warna tersier meliputi merah-oranye, kuning-oranye, kuning-hijau, biru-hijau, biru-ungu, dan merah-ungu.


warna primer + warna sekunder = warna tersier


merah + jingga = jingga kemerahan


kuning + oranye = kuning-oranye


kuning + hijau = kuning-hijau


biru + hijau = teal


biru + ungu = biru-ungu


merah + ungu = magenta


Bagaimana mengingat pencampuran warna


Apa warna merah dan kuning jika dicampur, bukan? Jika biru dan merah dicampur, jadi warna apa? Nah, Toppers, untuk membantumu mengingat kombinasi warna dengan lebih mudah, kamu bisa mencoba cara ini.


Secara sederhana, perpaduan warna primer, sekunder, dan tersier dapat diingat melalui warna pelangi. Kita tahu bahwa ada 7 warna pelangi, disingkat "Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U", tetapi indigo biasanya tidak digunakan dalam hal ini, menjadi:


Merah-Oranye-Kuning-Hijau-Biru-Ungu


Setiap campuran dua warna yang mengganti urutan menghasilkan warna perantara. Misalnya:


Merah campur kuning = Orange

kuning bercampur biru = hijau

biru campur merah = ungu


Cara ini hanya dapat digunakan untuk menghafalkan warna primer yaitu campuran merah, kuning, dan biru yang menghasilkan warna sekunder yaitu jingga (jingga), hijau, dan ungu.


Bolehkah mencoba cat dengan warna lain yang dicampur seperti jingga (oranye) dicampur hijau menjadi kuning? Apakah pencampuran hijau dan ungu menghasilkan warna biru? Atau akan jadi warna apa merah jika dicampur dengan jingga?


Anda mungkin mengerti dari percobaan ini bahwa inilah mengapa warna primer tidak dapat dihasilkan dengan mencampurkan warna lain.


Untuk mengingat warna tersier, Anda bisa mengingatnya dengan urutan warna pelangi di atas.


Sequential memory, overlapping memory, pertama baca warna utama, lalu baca warna sekunder yaitu merah-oranye, lalu baca orange-kuning (tapi baca warna primer dulu, jadi kuning-oranye), kuning-hijau, biru -hijau, biru-ungu, merah-ungu.


Fakta Menarik Tentang Warna!


Warna utama layar TV dan monitor komputer adalah merah, hijau, dan biru, atau sering disebut RGB.

Sebuah printer atau percetakan menggunakan warna biru muda (cyan), magenta, kuning (kuning) sebagai warna primer, atau yang sering disebut dengan CMYK saja. Printer juga menggunakan warna hitam.


Orang yang tidak dapat melihat warna atau memiliki persepsi warna yang menyimpang disebut buta warna. Kebanyakan penderita buta warna adalah laki-laki.

Terkadang warna ditambahkan ke makanan. Pewarna makanan digunakan untuk mewarnai makanan, namun beberapa makanan mengandung pewarna alami seperti betakaroten.

Ketika sesuatu tidak memiliki warna itu disebut transparan. Contohnya adalah udara.

Ilmu warna terkadang disebut sebagai kromatik, kolorimetri, atau sekadar "ilmu warna".

Bahan tembus cahaya, tidak seperti bahan tidak berwarna, masih bisa diwarnai, seperti kaca patri.


Apakah Anda sekarang tahu lebih banyak tentang berbagai warna dan perbedaannya?

LihatTutupKomentar