Free SSL vs Premium SSL

Free SSL vs Premium SSL.SSL Memliki pengertian yaitu  Secure Socket Layer yaitu merupakan sebuah sertifikat  keamanan yang sangat penting bagi setiap website, SSL ini memiliki fungsi yang vital yakni sebagai keamanan guna terhindar dari upaya pembobolan ataupun peretasan situs oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Apabila kebobolan terjadi Bisa saja mereka menggunakan informasi penting ataupun data rahasia yang bocor demi kepentingan mereka sendiri.

free ssl vs premium ssl
free ssl vs premium ssl

Oleh karena itu peran SSL sangatlah penting. Dengan menggunakan SSL ini maka resiko Peretasan ataupun juga Pencurian data bisa diminimalisir dengan baik. Hal tersebut karena pada dasarnya SSL ini sudah mempunyai jalurnya tersendiri agar terenkripsi antara pengguna dengan pemilik website agar sama-sama menggunakan servernya sendiri. Baik untuk web ataupun juga Brower SSL ini sangatlah aman dan mencegah timbulnya resiko peretasan. 


Sekarang ini sudah hampir seluruh website yang ada di dunia internet telah menggunakan protokol keamanannya baik organisasi, perusahaan, maupun individu dengan menerapkan SSL, Selain itu juga nyatanya penggunaan SSL sangat diwajibkan terutama oleh Google. 


Bagi anda yang penasaran dengan situs web Apakah sudah menggunakan SSL ataupun belum? Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan metode yang sangat Simple, Anda hanya perlu melihatnya pada bagian atas URL ketika sudah masuk ke website, disitu akan terlihat nampak sekali logo gembok maka  bisa dipastikan bahwa website tersebut telah support SSL tetapi jika tidak terlihat maka masih menggunakan http dan dipastikan bahwa website itu belum tersedia SSL yang Aman. 


Sebenarnya SSL banyak tersedia dan juga dijual di internet baik dalam versi gratis ataupun berbayar. Anda juga dapat menentukan SSL untuk dipergunakan dalam situs website dengan memilihnya baik SSL Gratisan ataupun Premium. 


Tetapi sebelum membeli sebuah SSL perlu anda ketahui bahwasannya SSL yang gratis dengan SSL Premium jika dibandingkan satu sama lainnya tentu sangat berbeda. Oleh karena jangan salah pilih ketika saat membelinya walaupun tersedia dalam bentuk Gratis Karena kedua SSL ini mempunyai keunggulan dan kekurangannya berikut penjelasan diantaranya. 


Free SSL VS Premium SSL


Seperti halnya membeli domain SSL juga tersedia dalam versi gratisan ataupun berbayar, namun kedua SSL ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing berikut merupakan perbedaan antara keduanya.

1. Masa Berlaku SSL

Perbedaan Antara keduanya bisa dilihat pada masa aktifnya perlu diketahui bahwa masa aktif SSL gratis hanya berlaku sampai 3 bulan saja dan setelahnya pengguna wajib melakukan pembelian kembali untuk menambah masa aktifnya. Namun hal ini tentunya sangat berlawanan jika dibandingkan SSL Premium atau berbayar. SSL Premium ini dapat aktif hingga 1 tahun lamanya, kelebihan lainnya yaitu pemilik bisa memperpanjang sendiri dengan membayarnya menggunakan uang dengan kisaran harga Rp 100 Ribuan saja.

2. Sertifikat

Perbedaan selajutnya terdapat pada sertifikat yang digunakan satu sama lainnya, yang mana SSL gratisan cuma mempunyai satu sertifikat saja yakni Domain Validation (DV) akan tetapi jika SSL Premium maka akan mempunyai tiga sertifikat sekaligus diantaranya Domain, Organization dan Extended Validation.

3. Dukungan Terbatas

Free SSL mempunyai kekurangan lainnya yaitu pada segi dukungan, SSL gratis hanya bisa digunakan oleh browser tertentu saja jika Website anda ingin support digunakan di semua jenis browser maka sebaiknya gunakanlah SSL Premium.

4. Keamanan

Berdasarkan pada tingkat kemanan SSL gratis mempunyai tingkat kemanan yang cukup rendah bila dibandingkan dengan SSL Premium. SSL Premium telah menggunakan jenis enkripsi terbaru dan termutakhir dengan sistem keamanan 256 bit. Berbeda dengan SSL gratisan yang menggunakan tingkat keamanan cukup rendah.

5. Support Layanan

SSL Premium memberikan jaminan layanan kepada para penggunanya apabila terjadi permasalahan atau kendala lainnya, akan tetapi ini berbeda dengan SSL gratisan yang tidak memiliki Support Layanan jadi ketika SSL tidak berfungsi atau ada kendala jangan berharap bisa diperbaiki kembali supaya normal.

6. Ranking SERP di Google

Walaupun SSL gratisan ataupun premium keduanya mempunyai Kelebihan yaitu bisa memberikan Rank pada SERP Google. Dengan begitu website kamu akan memiliki nilai positif Dimata Google, ini juga memudahkan website untuk cepat terindex Search Engine.

7. Support HTTPS

Free SSL ataupun Premium SSL keduanya sama-sama bisa menghidupkan HTTPS dengan begitu tingkat kemanan jauh lebih terjamin, selain itu https bisa memberikan tingkat kepercayaan pada pengunjung pasalnya ketika ada visitor yang membuka website kamu mereka akan diperlihatkan dengan logo gembok yang berada di sebelah atas pada mesin pencari. Logo ini memberikan petunjuk bahwa website yang anda gunakan Aman.


Itulah pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan dari SSL gratis dan SSL berbayar, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika anda ingin bertanya jangan lupa untuk berkomentar, Terima kasih.

LihatTutupKomentar