Apa Keistimewaan Pulau Nusa Penida

Nusa Penida


nusa penida


Apa keistimewaan pulau nusa penida? Apakah saat ini Anda sedang merencanakan liburan ke Bali? Namun, ketika Anda berlibur di Bali, Anda ingin pergi berlibur ke tempat wisata unik di Bali. Jadi saya merekomendasikan Nusa Penida Tour karena memiliki objek wisata yang unik dan sangat menawan. Ada banyak aktivitas liburan seru yang bisa kamu lakukan di Pulau Nusa Penida. Khusus di halaman ini, saya akan menulis artikel tentang panduan liburan ke Nusa Penida, Bali.

Pada halaman ini Anda dapat menemukan informasi tentang Panduan Liburan Nusa Penida Bali seperti:
  1. Informasi umum tentang Nusa Penida.
  2. Kondisi alam dan pengembangan pariwisata.
  3. Tempat wisata.
  4. Cara menuju tempat wisata Nusa Penida dari Bali.
  5. Barang-barang yang harus dibawa saat liburan ke Nusa Penida.
  6. Transportasi liburan di Nusa Penida.

Informasi umum tentang Nusa Penida


Di manakah lokasi Pulau Nusa Penida? Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil di tenggara Bali, dipisahkan oleh Selat Padang. Di dekat pulau ini terdapat dua pulau kecil lainnya, yaitu Pulau Lembongan dan Pulau Nusa Seningan. Ketiga pulau kecil di bagian tenggara Bali ini memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri, dan masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing. Ketiga pulau tersebut termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Jenis Tempat Wisata Apa Saja?

Kata Nusa Penida berarti dari bahasa Bali, Nusa berarti pulau, dan Penida berasal dari dua kata, Ped dan Ida. Ped berarti kematian dan Ida berarti kekuatan. Jadi Nusa Penida bisa berarti pulau dengan kekuatan mematikan.

Nusa Penida adalah yang terbesar dari tiga pulau dan umumnya dikenal oleh penduduk setempat sebagai Nusa Gede. Besar artinya besar. Dan Nusa Ceningan merupakan pulau terkecil dari ketiga pulau tersebut. Khususnya bagi wisatawan khususnya Nusa Lembongan, pulau yang paling terkenal bagi wisatawan Australia.

Kondisi alam dan perkembangan pariwisata di Nusa Penida


Kondisi alam Pulau Nusagard meliputi lereng dan perbukitan yang dikelilingi lautan. Pulau ini memiliki daerah yang sangat kering dengan kandungan kapur yang tinggi di dalam tanah. Karena itu, sebagian besar masyarakat setempat memilih petani, nelayan, dan pedagang rumput laut untuk mencari nafkah.

Sejak awal tahun 2014, industri pariwisata di Nusa Penida berkembang pesat sehingga menarik banyak wisatawan untuk berlibur. Pesatnya perkembangan pariwisata telah mengubah mata pencaharian banyak penduduk lokal Nusa Penida. Beberapa bekerja di akomodasi, transportasi dan restoran.

Pariwisata di kawasan ini masih sangat lambat, dengan sebagian besar wisatawan di Nusa Penida untuk tujuan berfoto dan melakukan aktivitas wisata watersport Bali, snorkeling dan scuba diving.

Pariwisata di pulau tetangga Nusa Lembongan bahkan berkembang lebih pesat. Kebanyakan wisatawan yang suka berlibur ke Lembongan adalah wisatawan yang menyukai aktivitas wisata pantai Bali.

Tempat Wisata di Nusa Penida, Bali


Saat ini jika Anda sedang berlibur di Nusa Penida, Anda tidak akan menemukan beach club seperti kawasan wisata Seminyak di Bali. Namun, Nusa Penida tetap layak dikunjungi karena keindahan alamnya yang unik. Di Nusa Penida, Anda akan menemukan banyak sekali keindahan alam yang cukup unik jika dijadikan sebagai background foto.

Daya tarik wisata Nusa Penida terletak pada tiga hal, yaitu;
  • Pantai pasir putih.
  • Pemandangan indah dari atas tebing tinggi.
  • Keindahan pemandangan bawah laut.

Pantai pasir putih di Nusa Penida


Pulau ini juga terkenal dengan tempat wisatanya yang eksotis dan unik terutama pantai pasir putihnya seperti Pantai Atuh Nusa Penida dan Broken Beach Nusa Penida. Pemandangan pantai berpasir putih di Pulau Nusa Penida sangat indah. Dulu, tempat wisata pasir putih di Nusa Penida ini jarang dikunjungi wisatawan. Karena di masa lalu, tidak ada cukup jalan menuju Pantai Putih Nusa Penida.

Namun kini perlahan, infrastruktur jalan di Nusa Penida mulai berkembang pesat. Dengan infrastruktur jalan yang menuju ke tempat wisata Nusa Penida membuat wisatawan tertarik untuk berlibur di Pulau Nusa Penida. Jika ingin mengetahui daftar pantai pasir putih di Pulau Nusa Penida yang menawarkan keindahan alam dan masih sepi, klik link di bawah ini!

Pemandangan indah dari atas tebing tinggi


Foto oleh Candace Smith Sebagian besar daratan Nusa Penida berada di atas tebing, dan pemandangan tebing di bagian selatan Pulau Nusa Penida menghadap ke Samudra Hindia. Dengan cara ini pemandangan laut dari atas tebing sangat indah, terutama di sore hari. Spot populer dengan pemandangan indah Samudera Hindia dari atas tebing seperti Pantai Bukit Kelingking Nusa Penida, Tebing Banah dan Tebing Saren.

Keindahan pemandangan bawah laut


Tempat wisata Nusagard terletak pada kegiatan wisata bahari, dan semua orang lebih familiar dengan yang namanya Bali Water Sports. Aktivitas wisata bahari yang paling populer di Nusa Penida adalah scuba diving dan snorkeling.

Karena Pulau Nusagard dikelilingi oleh laut, pulau ini memiliki kawasan kegiatan wisata selam yang sangat luas. Selain itu, biota laut yang masih alami dan terpelihara dengan baik, seperti terumbu karang dan ikan langka Mora-Mola.

Tempat Snorkeling dan Scuba Diving di Nusa Penida


Tempat terbaik untuk orang yang suka scuba diving dan snorkeling di Pulau Nusa Penida adalah:

  • Poin Malibu.
  • Teluk Penida.
  • Batu Mering.
  • Toya Parker.
  • Titik pari manta.
  • Abasstone.
  • Batu lumbung.

Panduan Cara Menuju Tempat Wisata Nusa Penida dari Bali


Nusa Penida dan Bali dipisahkan oleh lautan. Oleh karena itu, ada dua cara untuk pergi dari Bali ke Nusa Penida, dengan helikopter melalui udara atau laut dengan speedboat.

Jika Anda bepergian ke Nusa Penida dari Bali, cara terbaik dan termurah untuk sampai ke Nusa Penida adalah melalui laut. Ada beberapa tempat di Bali yang memiliki rute keberangkatan dari Bali ke Nusa Penida dengan menggunakan kapal/speedboat. Berikut daftar lokasi speedboat dari Bali ke Nusa Penida:

1. Pelabuhan Pantai Sanur Bali ke Nusa Penida


Dengan Idola Express – Cara Pergi Dari Sanur Ke Nusa Penida Tempat paling populer untuk naik speedboat dari Bali ke Penida adalah pelabuhan pantai Sanur. Karena ada banyak pilihan speedboat di pelabuhan pantai Sanur, mulai dari yang tarifnya murah hingga yang mahal.Di Pelabuhan Pantai Sanur, ada pilihan untuk menggunakan speedboat maupun perahu tradisional/sampan.

Selain itu, lokasi Pantai Sanur sangat strategis karena berada di kawasan wisata Bali selatan. Jadi jika anda tinggal di kawasan wisata Seminyak di Bali, maka jarak ke Pantai Sanur hanya 16 km dan perkiraan waktu tempuhnya adalah 50 menit.

Operator Speedboat Pantai Sanur


Ada banyak operator speedboat yang menawarkan jasa penyeberangan laut dari Bali ke Nusa Penida, misalnya Maruti Express, Idola Express Sanur, Fast Boat Mola-Mola Express, Angel's Billabong Fast Cruise dan Tamarind Express Fast Boat.

Jadi operator speedboat mana yang terbaik untuk berwisata ke Nusa Penida. Menurut saya pribadi, pelayanan yang diberikan oleh semua operator speedboat di Sanur hampir sama, perlu diperhatikan waktu keberangkatan speedboat akan disesuaikan dengan waktu Anda.

2. Pelabuhan Bali Serangan ke Nusa Penida


Fast Boat Gili Getaway juga merupakan salah satu pelabuhan penyeberangan di kawasan wisata Bali selatan yaitu Pelabuhan Serangan. Lokasi Pelabuhan Serangan dekat dengan Pelabuhan Benoa. Beberapa operator speedboat di Pelabuhan Serangan menawarkan layanan transit ke Nusa Penida seperti Gili Getaway. Namun, sebagian besar operator speedboat di pelabuhan Serangan menawarkan layanan speedboat dari Bali ke Bali

Gili Trawangan dan Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jarak tempat wisata Kuta di Bali ke Pelabuhan Serangan lebih dekat dibandingkan dengan Pantai Sanur. Dari kawasan pantai Kuta di Bali menuju Pelabuhan Serangan menempuh jarak 14 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit.

Penyeberangan perbatasan di Pelabuhan Serangan lebih menarik bagi mereka yang mengutamakan kenyamanan dan harga tiket feri second speed. Karena Pelabuhan Serangan menggunakan desain khusus pelabuhan Fast Boat, maka memiliki banyak fasilitas pelabuhan. Penumpang tidak perlu kaki basah saat menaiki speedboat, ada resto, dan ada ruang tunggu penumpang yang sangat nyaman.

3. Pelabuhan Padang Pai, Karangasem


Padang Bai Karangasem, jika ingin berlibur ke Gili Trawangan terkenal dengan speed boat dengan tarif murah. Pelabuhan Padang Bai juga menyediakan layanan transit ke Pulau Nusa Penida menggunakan kapal feri besar (kapal Roro Nusa Jaya Abadi) yang dapat mengangkut kendaraan Anda. Waktu berlayar adalah 1 jam dan kapal akan berlabuh di pelabuhan utama Penida.

Sebagian besar wisatawan yang berangkat dari pelabuhan Padang Bai menuju Nusa Penida karena singgah di kawasan wisata Bali timur seperti Amed, Tulamben, Candidasa. Jika penduduk setempat berkendara melintasi perbatasan, mereka juga memilih untuk berangkat dari Pelabuhan Padang Bai di Karangasem.

4. Pelabuhan Tribuana Pantai Kusamba Klungkung


Nusa Penida adalah wilayah administrasi kabupaten Klungkung, dan masyarakat di Klungkung memilih untuk naik speedboat di pelabuhan Tribuana di Pantai Kusamba Klungkung saat melewati Nusa Penida. Karena lokasi pelabuhan Tribuana Kusamba lebih dekat dengan rumah mereka dan tiket speedboat lebih murah di pelabuhan Tribuana Kusamba.

Selain masyarakat lokal Klungkung, wisatawan yang menginap di kawasan wisata Ubud juga memilih untuk menyebrang dari Pantai Tribuana Kusamba.

Operator speedboat di pelabuhan Tribuana Kusamba


Ada 3 operator speedboat yang menawarkan pelayaran ke Nusa Penida dari pelabuhan Kusamba seperti Fast Boat Sekar Jaya, Gangga Express dan Bukit Sebrang. Waktu tempuh dari Pantai Kusamba menuju Nusa Penida adalah 1 jam dan speedboat akan berhenti di pelabuhan Toya Pakeh atau Sampalan.

Tiket speedboat WNI di Pelabuhan Kusamba dibandrol dengan harga Rp50.000/orang untuk 1 kali transit. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, tarif speedboat ke Pantai Kusamba adalah Rp 100.000 per orang sekali jalan.

Yang Wajib Dibawa - Panduan Liburan Nusa Penida


  1. Payung/topi dan kacamata. Cuaca di Nusa Penida lebih panas dari Bali. Jadi jangan lupa membawa topi, kacamata hitam dan payung. Yang terbaik adalah memakai tabir surya untuk menghindari kulit Anda terbakar dari terik matahari.
  2. Uang tunai. Fasilitas ATM dan tempat yang menerima pembayaran kartu kredit masih terbatas di Nusa Penida. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membawa uang tunai saat berlibur di Nusa Penida, Bali.
  3. Baju renang dan kacamata. Nusa Penida terkenal dengan pantainya yang indah, dan jika Anda ingin berenang, ada baiknya Anda membawa baju renang dan kacamata renang. Peralatan snorkeling tidak perlu dibawa karena banyak tempat untuk menyewa peralatan snorkeling di Nusa Penida.
  4. Gunakan sandal hiking. Sebagian besar jalan di tempat wisata Nusa Penida masih berbatu, sehingga memakai sandal hiking adalah pilihan terbaik untuk alas kaki. Saat Anda berada di pantai dengan menggunakan sandal hiking, Anda tidak akan takut sepatu Anda basah atau terkena pasir.
  5. Sebuah smartphone dengan penyisihan data yang cukup. Selama liburan di Nusa Penida, Anda akan sangat mengandalkan Google Maps, jadi pastikan kuota data Anda mencukupi. Di beberapa wilayah Nusa Penida koneksi internet akan lambat atau Anda tidak akan menerima sinyal. Kami menyarankan Anda menyimpan peta Google Nusa Penida secara offline di ponsel Anda.

Transportasi Wisata – Panduan Liburan Nusa Penida


Transportasi umum di Nusa Penida saat ini belum tersedia, sehingga mobil pribadi menjadi pilihan. Mobil pribadi, sepeda motor atau mobil. Pulau ini relatif besar, dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk naik sepeda motor dari ujung timur ke ujung barat pulau.

1. Sewa sepeda motor


Mendapatkan jasa sewa sepeda motor di nusa penida sangatlah mudah karena anda akan menemukan banyak penyedia jasa sewa sepeda motor sesampainya di pelabuhan nusa penida. Sewa motor di Nusa Penida saat ini dibandrol dengan harga Rp 75.000/24 ​​jam (tanpa bahan bakar). Saran saya adalah Anda segera mengisi bahan bakar tangki sepeda motor Anda di pelabuhan. Karena saat ini SPBU di Nusa Penida masih sangat terbatas.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata motor di Nusa Penida, ada baiknya untuk melihat kondisi jalan di Nusa Penida saat ini. Saat ini jalan menuju beberapa tempat wisata belum sebagus yang ada di Bali. Jadi Anda harus memiliki keahlian mengendarai sepeda motor saat melewati jalan yang terjal dan rusak. Jika Anda merasa tidak nyaman mengendarai sepeda motor, sebaiknya pilih jasa sewa mobil dengan sopir.

2. Sewa mobil driver + BBM


Pilihan transportasi lain untuk liburan Anda di Nusa Penida adalah menggunakan jasa sewa mobil dengan sopir, sudah termasuk BBM. Sewa Toyota Avanza di Nusa Penida dengan sopir + BBM Rp 550.000. Sama seperti mengendarai sepeda motor, perjalanan Anda akan tetap tidak nyaman karena kondisi jalan yang masih buruk di beberapa tempat. Tapi setidaknya pengemudi yang Anda gunakan tahu banyak tentang kondisi jalan di Pulau Nusa Penida.

Pertanyaan yang Sering Diajukan – Panduan Liburan Nusa Penida


Apakah ada taksi online atau taksi seperti Grab di Nusa Penida? Layanan taksi online seperti Grab tidak tersedia di Nusa Penida. Paragraf sebelumnya mencantumkan moda transportasi di Nusa Penida.

Ada Rumah Sakit di Nusa Penida Saat ini ada Rumah Sakit Umum di Pulau Nusa Penida. Nama Rumah Sakit, RS PRATAMA NUSA PENIDA. RUMAH SAKIT PRATAMA NUSA PENIDA terletak di Jalan Pendidikan, Toya Pakeh, Sakti, Nusa Penida. Di rumah sakit primer, dokter dan perawat menyediakan layanan darurat 24 jam. RUMAH SAKIT PRATAMA NUSA PENIDA mampu memberikan perawatan ringan maupun tindakan bedah minor. Namun, jika perlu perawatan serius, ia dikirim ke RS Pusat Sangra di Bali.

Ringkasan Panduan Liburan Nusa Penida


Jika dilihat dari ukuran pulaunya, jika dibandingkan dengan Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan, Nusa Penida lebih besar. Jadi jika ingin menjelajahi banyak daerah di Pulau Nusa Penida, 1 hari tidak cukup. Liburan di Nusa Penida minimal 3 hari lamanya dan jika ingin menjelajah Pulau Nusa Penida harus bersiap-siap.Jalan di Nusa Penida tidak sebagus di Bali. Jadi persiapkan diri Anda untuk melewati beberapa jalan yang terjal dan rusak. Bagi yang belum terbiasa mengendarai sepeda motor di jalan rusak, menyeberang jalan di Nusa Penida bisa menjadi tantangan tersendiri.

Itu saja Panduan Liburan Nusa Penida. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang liburan Anda ke Pulau Nusa Penida, tuliskan di kotak komentar di bawah.

Supaya halaman ini tidak terlalu panjang, maka saya akan menulis di halaman lain tentang panduan liburan itinerary liburan ke nusa penida, tempat wisata di nusa penida, kegiatan liburan di nusa penida, dll.
LihatTutupKomentar