8 Jenis Backlink Dalam SEO

jenis backlink
backlink


8 Jenis Backlink Dalam SEO. Salah satu faktor yang mendukung keberadaan website atau blog kita di Search Engine Results Pages (SERPs) adalah backlink. Faktanya, membangun backlink sangat penting untuk membuat situs web yang ramah SEO. Oleh karena itu, pemilik website atau blog wajib mengidentifikasi berbagai jenis backlink agar halaman website mereka berpotensi muncul di halaman pertama mesin pencari.


Sebelum membahas berbagai jenis backlink, kita perlu mengetahui apa itu backlink. Sederhananya, backlink adalah tautan atau tautan ke situs web kita. Seringkali, backlink dipasang oleh situs web atau blog lain yang memiliki sumber atau referensi dari blog kita.


8 jenis backlink


Ada 8 jenis backlink yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan website kita di mesin pencari. Sebaiknya gunakan 8 backlink ini secara bersamaan agar optimasi website kita dapat bekerja dengan maksimal.


1. Tautan Balik Kontekstual


Tautan balik kontekstual sangat sederhana dan mudah dibuat. Caranya, Anda tinggal membuat artikel atau postingan dan menyisipkan link atau link ke website kita. Secara umum, backlink kontekstual digunakan ketika bagian dari konten atau artikel dirujuk atau berasal dari situs web kami.


2. Tautan Balik Komentar Blog


Jenis backlink ini menggunakan fitur comment bar dari blog atau website orang lain untuk menyertakan link ke website kita. Namun, tidak sembarang blog atau website bisa menjadi wahana “promosi” bagi backlink tersebut. Website yang menjadi target backlink kita harus memiliki tema yang berhubungan dengan website kita. Selain itu, semakin sedikit orang yang berkomentar di situs, semakin tinggi kemungkinan pengunjung situs akan melihat situs kita.


3. Tautkan Tautan Balik Profil


Backlink ini juga mudah didapatkan. Caranya, kita buat profil, entah itu media sosial, website bisnis kita, direktori industri atau situs review. Kami kemudian mengisi profil kami, termasuk alamat website atau blog kami. Oleh karena itu, link dari profil kita telah menjadi backlink ke website atau blog kita.


4. Tautan balik bookmark sosial


Tautan balik bookmark sosial adalah platform atau wadah untuk menyimpan tautan ke beberapa situs web. Jenis backlink ini sangat populer, sehingga spam backlink sering terjadi melalui platform. Oleh karena itu, pengguna harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang rumit untuk mendapatkan backlink ke situs web mereka.


5. Tautan Balik Blogroll


Tepatnya, backlink blogroll sangat populer di kalangan blogger veteran, pengguna Blogspot atau WordPress. Pada sebuah website atau halaman blog, terdapat sidebar yang berisi kumpulan blog dari pengunjung. Sayangnya, fitur blogroll tidak lagi digunakan saat ini, karena situs harus membuang widget yang tidak perlu.6. Tautan Balik Berbagi Dokumen atau Gambar


Tautan Balik Berbagi Dokumen atau Gambar Gunakan fitur seperti berbagi dokumen atau gambar untuk mendapatkan tautan balik. Tentu saja, dokumen atau gambar yang disimpan harus diunggah sebelum terhubung ke situs web kami. Saat mengedit dokumen, cukup sertakan tautan ke situs web kami. Pada saat yang sama, ketika mengunggah gambar, kita dapat langsung masuk ke situs web kita di kolom deskripsi gambar.


7. Tautan Balik Media Sosial


Jenis backlink ini menggunakan akun media sosial kita untuk mendapatkan backlink ke website atau blog kita. Seperti halnya tautan profil backlink, kita dapat menggunakan bilah situs untuk menempatkan situs web kita. Seperti Instagram, kita bisa menggunakan fitur swipe up untuk menempatkan link website kita dan mendapatkan backlink disana.


8. Tautan Balik Footer


Jika Anda seorang freelancer atau blogger dan juga mengerjakan proyek di situs web lain, Anda dapat menempatkan tautan ke blog atau situs web Anda di footer situs web tersebut. Tentunya website tempat Anda meletakkan backlink juga harus dioptimalkan agar trafficnya maksimal.


Itulah 8 jenis backlink yang bisa digunakan untuk memaksimalkan optimasi website kita agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian. Tentunya kedelapan backlink ini harus digunakan dengan berbagai cara agar bisa menghasilkan nilai SEO yang maksimal. Jika Anda ingin situs web Anda mencapai halaman pertama mesin pencari, Anda dapat menghubungi jasa backlink untuk Anda. Jasa backlink adalah sebuah digital marketing agency yang telah menangani banyak website di berbagai industri di Indonesia.

Sumber : https://www.dataseo.co.id/

Backlink

LihatTutupKomentar