Cara Membuat Index API Google Dengan Rank Math

Cara Membuat Index API Google

Cara Membuat Indexing API Google Dengan Rank Math. Nah kesempatan ini saya akan ulas langkah cepat submit artikel terindeks google. Panduan ini adalah salah satunya trick optimisasi on-page SEO pada tahun 2020 loh. Artikel ini lebih akan mengulas langkah Seting Instan Indexing Rank Math Supaya Artikel Anda Cepat Terindeks Google.


Index API Google
Index API Google

Mengapa gunakan langkah ini? Sebab umumnya kita lakukan submit indeks secara manual dengan copy-paste URL ke google Search Console. Pikirkan bila ada beberapa ratus dan beberapa ribu artikal post dan page yang pengin anda submit ke Google.


Plugin SEO WordPress benar-benar sediakan feature ini lewat Sitemap. Tapi terkadang artikel yang ada disitemap memerlukan waktu yang lama sampai di indeks oleh google. Dalam kata lain, panduan ini bisa juga jadi langkah cepat halaman web anda terindeks oleh google.

Apakah itu Indexing API Google?

Indexing API ialah API sah google yang memungkinkannya pemilik situs untuk memberitahu Google langsung saat halaman web ditambah atau dihapus. Sebab adalah API, jadi dengan Indexing API ini halaman web anda akan tercrawl automatis serta lebih cepat terindeks oleh mesin perayap google.

Persyaratan Awalnya

Bukan rahasia kembali jika pengin halaman web kita cepat terindeks oleh google karena itu kita harus optimisasi on-page SEO web kita seperti kecepatan web, artikel yang seo friendly, sampai susunan web seo-friendly.

Untuk supaya artikel cepat terindeks google atau agar posting website cepat terindeks Google dapat turuti persyaratan nya ini:

  • Situsnya memakai cms WordPress
  • Telah integratifkan Search Console di web
  • Telah submit Sitemap Indeks di Search Console
  • Unduh dan Install Plugin Instan Indexing
  • Punyai account Google Cloud Basis

Plugin Instan Indexing ini walaupun satu developer sama Rank Math tetapi dapat cocok dengan bermacam plugin SEO yang lain.

Panduan Langkah Seting Instan Indexing Rank Math Supaya Artikel Cepat Terindeks Google

Di bawah ini ialah beberapa langkah langkah seting instan indexing rank math supaya artikel cepat terindeks google:

  • Unduh dan Install Plugin Instan Indexing
  • Buat Indexing API di Google Cloud Basis
  • Seting Plugin Instan Indexing

Sebab saya pikir rekan-rekan tentu sudah mengetahui langkah unduh dan instal plugin wordpress karena itu kita langsung ke cara ke-2 yakni buat indexing API di Google Cloud Basis.

Buat Indexing API di Google Cloud Basis

Di bawah ini ialah beberapa langkah langkah cepat submit artikel post dan page ke indeks google:Buat Proyek di Google Cloud Basis

Buat Proyek di Google Cloud Basis

Click GOOGLE API CONSOLE untuk segera buat Proyek di GCP. Tinggal Click Continue. Jika pernah buat proyek, anda dapat tentukan proyek yang pernah dibikin di menu dropdown. Indexing API akan automatis aktif pada halaman selanjutnya. Langsung jadi ke cara seterusnya.


Oh ya nama projectnya sekarang ini akan dibikin automatis oleh Google, umumnya diawali dengan My First Proyek. Jadi ingat nama projectnya ya.

Buat Account Servis

Setelah itu membuat Account Servis dengan click SERVICE ACCOUNT PAGE. Selanjutnya dibagian atas Select a proyek tentukan nama proyek yang awalnya telah dibikin.

  • Setelah itu click Create Servis Akun
  • Isi nama di kolom Servis Akun Name, Servis Akun ID, dan Deskripsi ya seperti yang anda harapkan. Kemudian tentukan Create.
  • Pada kolom Servis Akun ID itu harus di taruh semuanya ya sebab ini akan diperlukan untuk step selanjutnya.
  • Selanjutnya tentukan Role Owner pada halaman seterusnya seperti gambar di bawah ini.
  • Seterusnya click tombol Create Key dan tentukan pola JSON. Taruh baik file yang telah kedownload itu ya. Tentukan Done dan anda akan ditujukan ke halaman seterusnya. Tapi taruh itu ya.
  • Menambah Account Servis ke Google Search Console
  • tahap selanjutnya ialah menambah account servis tadi telah dibikin ke Google Search Console web kita. Jadi anda harus duah klarifikasi GSP web anda ya. Lihat video berikut untuk menambah Owner ke GSP anda.
  • Seterusnya hanya click tombol Add Owner dan masukan Servis Akun ID tadi telah tersimpan. Jika lupa, dapat click di sini dan saksikan kolom E-mail.

Seting Plugin Instan Indexing Rank Math

Cara paling akhir ialah seting instan indexing rank math di dasbor WordPress. Meskipun anda tidak memakai Rank Math, tapi menu seting Instan Indexing ini bakal ada di menu Rank Math maka janganlah pusing cari nya ya.


Di kolom JSON Key anda tinggal copy-paste didalamnya dari file JSON yang telah anda unduh barusan. Selanjutnya click Save.


Selamat! Anda saat ini halaman web anda akan tersubmit automatis ke indeks google secara cepat. Anda bisa juga memperbaharui secara manual atau meminta status indexing lewat dasbor ini.

Langkah Pemakaian Instan Indexing Rank Math

  • Anda dapat lakukan Bulk Instan Update dengan semacam ini:
  • Atau anda dapat update satu demi satu artikel atau halaman web yang baru anda ubah.
  • Anda dapat pilih untuk Update atau check Status dari indeks google.

Setiap anda memperbaharui posting atau halaman, maka instan indexing ini akan automatis mengontak Google untuk selekasnya recrawl web supaya cepat terindeks oleh Google. Demikian Cara Membuat Indexing API Google Dengan Rank Math semoga bermanfaat.




RANK MATH INDEXING PLUGIN TUTORIAL 





LihatTutupKomentar