Cara Memperbaiki Speaker Xiaomi Redmi 6A Tidak Ada Suara

Cara Memperbaiki Speaker Xiaomi Redmi 6A
Cara Memperbaiki Speaker Xiaomi Redmi 6A


Cara Memperbaiki Speaker Xiaomi Redmi 6A Tidak Ada Suara. Memperbaiki suara speaker Xiaomi Redmi 6A - Menggunakan perangkat smartphone untuk kegiatan seperti bermain game, mendengarkan musik, nonton video dan lain nya pasti sangat menyenangkan. Namun apa jadinya jika ponsel smartphone miliki kamu mengalami kendala seperti suara dari speaker yang tidak keluar. Tentunya membuat aktifitas kamu di saat menggunakan ponsel akan terganggu. Seperti ada yang kurang aja kalo ponsel tidak  ada suara nya.

Kenapa sih suara speaker bisa hilang pada handphone?

Kasus kerusakan tidak ada suara dering seperti ini sering sekali terjadi pada ponsel android, iOS iPhone atau ponsel berbasis java system. Dan pada umum nya memang terjadi kerusakan pada part komponen yang bernama speakerbuzzer. Bisa saja speaker buzzer terkena debu ataupun putusnya lilitan tembaga pada memberanspeaker, sehingga membuat suara hilang atau tidak keluar.

Selain itu kerusakan dari software yang ada pada handphone juga bisa mempengaruhi hilangnya suara dering di sepeaker buzzer. Dan ada 1 hal lagi yang bisa menyebabkan kerusakan hilang nya suara pada speaker di handphone, yaitu seringnya kamu menghubungkan perangkat handphone ke sebuah aktif speaker dengan menggunakan kabel jack audio berukuran 3,5mm.  Tentunya kebiasaan seperti ini bisa mengakibatkan gangguan pada komponen internal pada mainboard ponsel dan komponen yang paling sering mengalami kerusakan yaitu IC audio.

Oke, agar tidak panjang lebar mari kita bahas bersama tentang masalah kerusakan tidak ada suara speaker di smartphone android Xiaomi Redmi 6A serta cara memperbaiki nya.

5 cara memperbaiki Xiaomi Redmi 6A suara speaker tidak ada

  • Lakukan restart pada ponsel 

Untuk langkah awal yang bisa kamu lakukan apabila secara tiba-tiba suara dari sepeaker phone hilang. Maka coba lakukan restart pada handphone, tentunya cara ini bisa mengatasi masalah error pada sistem secara mudah.

  • Lakukan hard reset 

Cara ini tentunya bisa kamu lakukan apabila setelah melakukan restart ulang pada ponsel namun tetap saja suara tidak keluar dari speaker buzzer smartphone Xiaomi Redmi 6A. Untuk melakukan  hard reset kamu bisa mengakses nya di menu setting di ponsel dan lanjutkan untuk memilih menu pulihkan & cadangkan. Namun  sebelum melakukan hard reset, pastikan semua data, dokumen penting milik kamu sudah di backup ke memori card atau pun ke hardisk komputer atau laptop. 

Memperbaiki kerusakan speaker Xiaomi Redmi 6A dengan memeriksa komponen internal

  • Ganti speaker buzzer dan kabel flexible 

Hilang nya suara dering di sepeaker phone Xiaomi Redmi 6A bisa juga disebabkan oleh mulai rusaka nya sparepart speaker buzzer. Maka untuk memastikan kondisi dari part tersebut, kamu bisa melakukan pengukuran dengan bantuan alat Multimeter dengan posisi saklar X1. Jika hasil pengukuran tidak menunjukan nilai apapun maka dipastikan partspeaker buzzer rusak.

Kabel flexible yang mengalami korosi atau karat juga bisa membuat jalur terputus dan memicu munculnya kerusakan pada speaker phone. Kamu bisa mengganti kabel flexibel dengan part yang baru ya.

  • Periksa komponen 

Memperbaiki kerusakan speaker Xiaomi Redmi 6A
Memperbaiki kerusakan speaker Xiaomi Redmi 6A dengan memeriksa komponen internal

Jika munculnya kerusakan no speaker phone di akibatkan perangkat ponsel yang terhubung ke sebuah sepeaker aktif. Maka kamu bisa melakukan pemeriksaan pada komponen internal yang berada pada motherboard ponsel.

Langkah ini bisa kamu lakukan sebelum memvonis bahwa kerusakan berasal dari IC Audio. Dibawah ini terdapat gambar diagram yang bisa menjadi panduan buat kamu untuk menyelesaikan masalah kerusakan tidak ada suara pada speaker Xiaomi Redmi 6A.

Periksa komponen yang di tandai dan lakukan jumper jalur sesuai dengan gambar yang tertera. Selanjutnya uji fungsi dari suara sepeaker yang ada di ponsel. Jika suara dering telah muncul maka rakit kembali setiap bagian ponsel ke posisi semula. Dan ponsel pun siap digunakan.

  • Ganti IC audio 

Untuk langkah terakhir dari masalah kerusakan tidak ada suara dering di smartphone XiaomiRedmi 6A. Kamu bisa melakukan pergantian pada komponen IC audio, apabila komponen yang di jelaskan pada langkah ke 4 tidak dijumpai kerusakan berarti.

Untuk kode dari IC audio XiaomiRedmi 6A adalah IC audio 98927. Pastikan kamu tidak salah saat melakukan pergantian IC tersebut. Namun jika kamu merasa kesulitan untuk proses pergantian IC audio pada smartphone android Xiaomi Redmi 6A. Maka sebaikanya bawa saja ponsel ke jasa service handphone yang terpercaya di sekitar tempat kamu tinggal.

Demikianlah 5 cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan sepeaker tidak ada suara pada ponsel Xiaomi Redmi 6A. Setiap masalah kerusakan pada handphone bisa di sebabkan berbagai macam hal. Maka sebaiknya lakukan analisa dan dan perbaikan dengan langkah sederhana dahulu sebelum melakukan perbaikan  secara mendetail dan kompleks.
LihatTutupKomentar