Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air

Cara Mengatasi Smartphone Terkena Air
Cara Mengatasi Smartphone Terkena Air

Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air. Banyak pengunjung droidpos yang bertanya kepada saya, bagaiamana Cara mengatasi Hp smartphone terkena air ? Untuk itu, pada artikel ini kita akan membahas tentang Cara mengatasi hp smartphone terkena air secara tuntas.

HP merupakan salah satu benda elektronik yang tidak bisa digunakan di dalam air. Hal ini disebabkan komponen utama dari HP merupakan komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang hanya bisa digunakan secara sempurna, apabila ada daya listrik dari baterai.

Dengan komponen utama ini, HP akan sangat rentan rusak(konslet) apabila terkena air. Lalu bagaimana jika HP anda sudah terlanjur terkena air ?

Jika hanya terkena percikan air dalam jumlah sedikit. Silahkan hilangkan percikan air tersebut dengan menggunakan kain bahan yang menyerap air.

Hal ini bertujuan untuk menghentikan aliran air supaya tidak masuk ke dalam komponen perangkat keras pada HP.

Lalu bagaimana jika HP tenggelam ke dalam air secara sebagian atau keseluruhan ?

Sebenarnya ada beberapa tipe HP Smartphone yang bisa digunakan didalam air tanpa menggunakan waterproof.

Namun spesifikasi HP ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Hanya orang-orang tertentu yang dapat membelinya.

Tetapi jika HP smartphone anda tidak memiliki spesifikasi ini. Maka diperlukan pengetahuan secara khusus untuk menanganinya secara cepat dan aman

Dalam kasus ini, untuk menyelamatkan HP yang tenggelam di air, sebenarnya peluangnya kecil apabila salah dalam penanganannya.

Karena komponen yang ada di dalam HP biasanya akan mengalami konslet. Dan besar kemungkinan HP akan mati total.

Untuk mengatasi hal ini, berikut cara mengatasi HP smartphone terkena air dalam jumlah banyak secara mandiri.

Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air

Biasanya HP akan seketika mati total apabila sudah terkena air dengan jumlah banyak. Rangkuman tutorial dibawah ini memang tidak bisa membuat HP khusunya Smartphone anda seketika bisa langsung hidup kembali.

Tetapi dengan melakukan antisipasi seperti langkah di bawah ini, maka peluang untuk hidup kembali akan besar.

Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air
Cara Mengatasi HP Smartphone Terkena Air

1. Matikan HP Secepatnya

Langkah pertama Cara mengatasi HP Smartphone terkena air adalah dengan matikan Hp sesegera mungkin. Apabila HP terkena air sampai tenggelam sebagaian atau keseluruhan, langkah yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengambil HP tersebut secepat mungkin.

Lalu matikan HP menggunakan tombol power. Apabila HP mendukung untuk bisa melakukan pencopotan baterai, maka silahkan dicopot saja.

Hal ini dilakukan untuk mengatisipasi kerusakan pada komponen HP dari daya listrk baterai Smartphone. Sambil mematikan HP, jangan lupa untuk memposisikan HP untuk sisa air langsung jatuh ke tanah.

2. Copot Sim-Card dan Memory Card

Setelah melakukan pencopotan baterai, Cara mengatasi HP Smartphone terkena air selanjutnya adalah dengan mencopot Sim-card dan Memory-card yang masih terpasang.

Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan Sim-Card dan Memory-card dari kemungkinan rusak akibat terkena air.

Saat melakukan pencopotan, sebaiknya lakukan secara hati-hati, mengingat body HP masih basah dari sisa-sisa air.

3. Lap dengan Kain Bersih

Apabila sudah menyelesaikan bagian dalam HP, langkah selanjutnya adalah dengan menghilangkan sisa-sisa air yang terdapat pada batang HP.

Untuk membersihkannya silahkan gunakan kain kering. Pada saat proses ini, lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai aliran air menjalar, sehingga masuk ke dalam komponen HP.

4. Memakai Mini Vacuum Cleaner

Apabila saat proses mengeringkan dengan kain lap dirasa kurang maksimal. Anda bisa menggunakan mini vacuuum cleaner. alat ini bergfungsi untuk mengeringkan sisa-sisa air yang susah di jangkau oleh kain lap.

Dalam penggunannya, jangan lupa setting kemampuan menyerapnya dengan kecepetan rendah. Supaya dapat menghindari kemungkinan komponen HP yang ikut tersedot ke dalam mini vaacuum cleaner.

5. Rendam di dalam Beras

Langkah selanjutnya adalah dengan merendam HP ke dalam tempat beras.

Untuk proses ini caranya sangat mudah, Silahkan timbun HP selama beberapa menit kedalam beras.

Tahapan ini dipercaya bisa menghilangkan sisa air yang ada dan juga mengembalikan suhu normal pada HP.

Kenapa harus beras? Karena beras dianggap sebagai salah satu bahan makanan yang dapat menyerap kelembaban dengan cepat.

Namun, apabila tidak memiliki beras. Bisa menggunakan silica gel. Benda ini juga bisa digunakan untuk mengeringkan HP yang terkena air.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika HP anda terkena air. Cara di atas bisa anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke tempat service HP.

Tetapi jika, sudah melakukan cara mengatasi HP Smartphone terkena air di atas dan HP belum bisa menyala, sebaiknya segera pergi ke tempat service HP.

Sebagai tambahan untuk kesempurnaan artikel ini. Disini saya akan menjelaskan lagi apa saja yang tidak boleh di lakukan ketika HP terkena air. berikut penjelasannya.

Apa Saja yang Tidak di Perbolehkan ketika HP Terkena Air

  • Jangan menghidupkan HP ketika masih basah. 
  • Jangan menyambungkan HP ke daya listrik.
  • Jangan tekan tombol apa pun kecuali tombol turn off untuk mematikan HP. 
  • Jangan menggerakkan HP terlalu banyak. Karena sisa air di dalam HP bisa menjalar kemana-mana. 
  • Jangan panaskan HP menggunakan hairdrayer atau alat pemanas lainnya. Perlu diingat, hawa panas malah justru dapat merusak komponen di dalam HP. 

Nah itulah serangkaina Cara mengatasi HP smartphone terkena air secara mandiri. Apabila ada kendala yang tidak bisa dilakukan dengan cara di atas maka saya sarankan anda pergi ke tempat service HP.

sumber : https://www.droidpos.net
LihatTutupKomentar