8 Pintu Rezeki Hidup Sukses

8 Pintu Rezeki Hidup Sukses. Secara umum pengertian tentang rezeki yang dipahami orang banyak adalah "rezeki telah di tentukan Allah" sebelum lahir kedunia.Tidak mengeherankan jika orang tua dijaman lampau selalu berkata buat apa ngoyo toh rejeki sudah tertulis.

8 Pintu Rezeki

Tidak ada yang salah dengan ungkapan seperti itu, Tapi tahukah anda jika rejeki itu ada 8 Pintu ? dan itu tertulis dalam Al-Quran. Pahami ke 8 Pintu rejeki yang Allah berikan insyaAllah hidup anda akan menjadi lebih mudah.

Allah itu maha pengasih lagi maha penyayang dan sebaik baiknya penolong dan tempat meminta adalah Allah. Ketika Anda paham bagaimana rumusnya dalam mencari dan mengungkap 8 rahasia rejeki maka langkah Anda dalam mendapatkan rejeki akan terasa lebih ringan.

Apa saja rahasia ke 8 pintu rezeki yang Allah berikan petunjuknya dalam Al-Quran? Kita simak pemaparanya dibawah ini :

  • Rezeki Yang Sudah Allah Jamin, Al-Quran Surat Hud Ayat 6



wa mā min dābbatin fil-arḍi illā ‘alallāhi rizquhā wa ya’lamu mustaqarrahā wa mustauda’ahā, kullun fī kitābim mubīn
Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). Surat Hud Ayat 6
Sebelum lahir kedunia Allah telah menjamin rezeki anda inilah yang selalu dimaksud tidak usah grasak grusuk dalam mencari rezeki karena sudah diatur. Baik untuk muslim maupun non muslim telah Allah jamin rezekinya termasuk hewan dan tumbuh tumbuhan.

Tidak mudah untuk berkeyakinan bahwa rezeki memang telah diatur oleh Allah terlebih di jaman sekarang yang semuanya serba materialistis. Ukuran rezeki orang lebih banyak di ukur dari seberapa keras anda bekerja seberapa bagus pendidikan dan gelar anda.

Perlu tauhid yang kuat untuk mempercayai dan mengimani ayat ini. Bukankah salah 1 rukun iman menyatakan  untuk percaya dan mengimani Kitab Allah ? Kalau begitu kenapa anda masih tidak percaya bahwa rezeki memang telah di atur oleh Allah terlepas apapun usaha yang anda lakukan.

Jika Allah sudah menetapkan rezeki anda hari ini adalah 1 juta apakah ketetapan itu akan meleset dari kantong anda ? Bahkan anda tidak melakukan apapun 1 juta rejeki yang Allah tetapkan akan menghampiri anda. Masihkah anda ingin mencari rezeki dengan cara maksiat ketika Allah sudah menetapkan rezeki anda ?

  • Rezeki Yang disebabkan karena berusaha,Al-quran surat An-Najm Ayat 39





Wa al laisa lil-insāni illā mā sa'ā
Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, surat An-Najm Ayat 39
Ayat ini seolah olah menjawab pertanyaan dari orang orang munafik yang sering mengatakan si A tidak sholat tidak sedekah dan bukan muslim tapi rezekinya banyak. Allah maha adil bahkan ke hambanya yang menolak eksistensinya pun Allah masih maha pemberi.

Ini adalah bonus rezeki setelah yang di tetapkan oleh Allah maka rezeki dengan berusaha merupakan cara untuk menambahnya.Allah membebaskan Anda untuk mencari sebanyak banyak rezeki yang anda inginkan dengan cara berusaha.

Berusaha mempunyai 2 cara yang sama sama menghasilkan yaitu cara halal dan haram.Allah tidak mengintervensi cara apa yang anda pakai dalam berusaha. Disinilah cobaan itu terjadi terkadang kita dibuat lalai dengan usaha dalam menambah rezeki dan melupakan kewajiban kita kepada Allah.

Lantas usaha seperti apa yang baik dilakukan untuk menambahkan rezeki ? berdaganglah dengan Allah sebagai salah satu usaha anda untuk meraih bonus rezeki. Kapan terakhir kali anda melibatkan Allah dalam bekerja dan berusaha ? apa yang anda lakukan diwaktu dhuha datang ? Kapan terakhir anda mengucapkan bismillah sebelum melakukan pekerjaan ?

Sewaktu waktu ketika atasan anda memberikan briefing ke HRD untuk hanya merekrut manager dari dalam perusahaan. Apa yang anda lakukan ? bekerja keras mencapai target ? apa itu akan membuat anda dapat promosi ? atau ada rekan anda yang pandai bertutur kata dan pandai mencari muka didepan atasan ? Siapakah yang akan mendapat posisi tersebut ?

Atasan anda akan tetap mempertahan posisi anda karena anda adalah garis terdepan perusahaan sebagai kompensasi mungkin bonus akan mengalir untuk anda. Tapi tidak untuk promosi jabatan sampai ada orang lain yang sama bagusnya seperti anda dalam mencapi target.

Kemungkinan besar posisi itu akan diberikan ke rekan anda yang pandai mencari muka. Am I Right ? Bukankah Allah maha pecemburu kenapa anda tidak mencari muka kepada pemilik Alam semesta ini dari pada sibuk bekerja keras dihadapan manusia yang derajatnya sama seperti anda ? Bukankah mencari muka termasuk bagian dari berusaha ?

Saya sudah berusaha tapi rezeki yang saya dapatkan hanya begini begini saja. Tidak ada usaha yang sia sia kalaupun rezeki yang didapat tidak sesuai harapan percayalah keringat dan pikiran yang anda keluarkan ada ganjaranya. Mungkin ditahan Allah sebagai pahala di akhirat karena banyak kelalaian yang anda lakukan.

Cek kedalam diri anda jika usaha yang sudah dilakukan masih belum berbuah hasil. Pasti ada yang salah coba berusaha meningkatkan derajat dan kemuliaan anda dihadapan Allah. Apapun kebutuhan anda bahkan sebelum anda meminta sudah Allah berikan langsung.

  • Rezeki Yang disebabkan karena bersyukur, Surat Ibrahim ayat 7 




Wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`ing kafartum inna 'ażābī lasyadīd 
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". Surat Ibrahim ayat 7
Bersyukurlah dengan apa yang telah Allah berikan.Kalimat yang simpel untuk dipahami tapi sangat susah untuk diterapkan. Karena manusia diciptakan mempunyai nafsu, Kecenderungan nafsu untuk selalu merasa kurang dan tidak akan pernah puas menjadi penyebab utama kita lupa untuk bersyukur.

Kapan terakhir Anda menyadari oksigen yang anda hirup dengan gratis adalah rezeki yang luar biasa dari Allah ? coba sesekali anda bermain main ke IGD melihat pasien yang terbaring lemah dengan bantuan selang oksigen.

Mindset bagi kebanyakan orang rezeki adalah uang dan harta. Kalau pendapat ini yang anda kembangkan dalam kehidupan sehari hari maka anda akan menjadi pribadi yang sangat susah untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan.

Berpuasa sunnahlah untuk menekan nafsu dan menaikan derajat dan sebagai rasa bersyukur anda kepada Allah SWT. Ketika anda berbuka puasa dengan seteguk air putih tanpa rasapun dapat membuat anda senang. Dan sesuap makanan manis dapat membuat anda merasa kenyang, ingat bersyukur itu bukan mengucapkan tapi merasakan.

  • Rezeki Yang tidak disangka Al-Quran surat At-Talaq ayat 3




Wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal 'alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja'alallāhu likulli syai`ing qadrā
Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. surat At-Talaq ayat 3
Rezeki dari arah yang tidak terduga artinya rezeki ini akan muncul ketika kondisi dan keadaan yang sangat terdesak. Rezeki situasional ketika dirumah tidak terdapat makanan untuk dimakan tiba tiba datang tetangga mengirimkan nasi kotak karena ada acara pengajian.

Ketika motor anda rusak tiba tiba ada pengendara lain berhenti meminjamkan alat atau bahkan membantu memperbaiki. Mau menjadi orang yang banyak mendapat keberuntungan jagalah ibadahmu dan jauhkan diri dari perbauatan maksiat. Allah SWT telah memberikan kuncinya dalam Al-Quran.

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang khusyuk dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya.” (QS. Al-Mu’minuun: 1-5)

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya meminum khamar, berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah: 90)

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jumuah: 10)
Jagalah hubungan anda dengan sesama lainya dengan baik. Jalin tali silaturahim dengan siapapun dan permudahlah urusan orang lain ketika berhubungan dengan anda.

  • Rezeki yang disebabkan karena istighfar Al-Quran surat Nuh Ayat 10-11




Fa qultustagfirụ rabbakum innahụ kāna gaffārā

Yursilis-samā`a 'alaikum midrārā

Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-,

Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, surat Nuh Ayat 10-11
Istigfar adalah memohon ampun atas dosa dosa yang telah dilakukan, Hujan merupakan salah satu rezeki yang Allah berikan bagi dunia. Dan bukan kebetulan jika salah satu waktu yang paling mustajab agar doa mudah terkabul adalah saat hujan pertama turun.

Point yang dapat kita petik dari surat nuh 10-11 adalah meminimkan dosa dosa yang telah kita lakukan agar rezeki mudah menghampiri. Dengan kata lain seperti yang sudah saya tulis diatas kondisi derajat anda di hadapan Allah. Derajat adalah posisi semakin tinggi semakin mudah.

Derajat seseorang dimata Allah bukan karena banyak harta dan kedudukan di dunia tapi seberapa banyak amal pahala yang telah anda lakukan untuk membooster posisi anda dimata Allah. Ingat orang yang derajatnya tinggi disisi Allah doanya sangat mudah dikabulkan.

Benahi ibadahmu cobalah lakukan istigfar 30 menit sebelum adzan subuh itulah waktu yang paling mustajab memohon ampun. Istigfar bukan hanya mengucapkan kalimat astagfirullah tapi ingatlah semua dosa yang telah anda lakukan saat mengucapkan istigfar.

Pernah tidak anda penasaran kenapa ya dimesjid 30 menit sebelum adzan subuh suka ada yang berdzikir. Buat yang belum paham mungkin akan merasa terganggu tapi bagi yang paham itulah waktu paling mustajab dimana Allah mencari hamba hambanya yang memohon ampun dan akan diampuni seketika itu juga.

Jangan lewatkan waktu subuh berlalu begitu saja ada 2 hal yang sangat luar biasa yang bisa anda lakukan disaat itu istigfar dan memohon ampun 30 menit sebelum adzan subuh dan 2 rakaat sebelum sholat subuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya.

  • Rezeki yang disebabkan karena menikah Al-Quran Surat An-Nur Ayat 32




Wa angkiḥul-ayāmā mingkum waṣ-ṣāliḥīna min 'ibādikum wa imā`ikum, iy yakụnụ fuqarā`a yugnihimullāhu min faḍlih, wallāhu wāsi'un 'alīm

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. Surat An-Anur 32
Pernikahan menggabungkan 2 rezeki insan yang berbeda menjadi 1.Ketika anda menikah itu adalah proses merger rezeki antara anda dengan pasangan anda minimal rezeki yang telah Allah tetapkan baik untuk suami maupun istri ketika mereka masih di lauh mahfuzh.

Tidak ada alasan untuk takut menikah karena sebab belum mapan.Justru pernikahan membuka pintu rezeki bagi anda jika anda paham rumusnya.Ingat cara mencari pasangan hidup ? ada 4 sebab pasangan anda di nikahi karena keturunanya,kecantikanya,kekayaanya dan karena kesholehanya.

Dari 4 kriteria itu pilihlah pasangan hidupmu yang sholeh/sholeha bukan karena keturunan,kecantikan/ketampanan maupun kekayaanya. Karena prinsip rezeki sangat dekat dengan orang orang yang derajatnya tinggi disisi Allah.

Jika anda mendapatkan pasangan misalnya penghafal Al-Quran. Anda sudah pasti mempunyai wild card menuju surga karena penghapal Al-Quran langsung masuk surga berikut mempunyai hak untuk membawa 7 orang bersamanya.

Cerdaslah dalam memilih pasangan hidup carilah yang bisa membawa anda selamat didunia dan akhirat. Bukankah suatu kebahagiaan luar biasa mempunyai pasangan yang ketika berdoa mudah dikabulkan oleh Allah.Tapi ingat rumus ini masih di surat an-nur juga lelaki pendosa jodohnya adalah wanita pendosa jadi jagalah diri anda baik baik sampai ke gerbang pernikahan.

  • Rezeki yang disebabkan karena anak Al-Quran Surat Al-israa Ayat 31




Wa lā taqtulū aulādakum khasy-yata imlāq, naḥnu narzuquhum wa iyyākum, inna qatlahum kāna khiṭ`ang kabīrā

Dan janganlah kamu takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu.  Surat Al-Israa 31
Banyak anak banyak rezeki karena tiap anak membawa rezeki yang telah Allah tetapkan.Kalau sudah Allah tetapkan rezekinya hal apalagi yang membuat anda ragu untuk mempunyai anak? Jangan pernah berandai andai dengan masa depan yang anda sendiripun belum tau.

Takut tidak dapat memberikan makan,takut tidak dapat memberikan sekolah yang layak.takut tidak dapat memberikan rumah.Ketakutan yang tidak berasalan ingat apa yang kamu sangkakan kepada Allah itulah yang akan terjadi.

Selalu berfikir positif akan pertolongan dan kasih sayang Allah jangan sekali kali ada keraguan dalam diri anda.Bahkan cicakpun tidak pernah mengeluh kenapa Allah memberikan nyamuk yang bisa terbang sebagai makanan sementara dia hanya menempel didinding.

Anda bukan cicak kan ? kenapa takut mempunyai anak banyak coba dibalik bagaimana jika anda mempunyai 10 orang anak dan mereka semua sukses menjadi pengusaha,mentri,dokter bahkan presiden.Jangan memprediksi masa depan karena itu ghaib hanya Allah yang Maha Tahu.

  • Rezeki Yang disebabkan karena sedekah Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 245




Man żallażī yuqriḍullāha qarḍan ḥasanan fa yuḍā'ifahụ lahū aḍ'āfang kaṡīrah, wallāhu yaqbiḍu wa yabṣuṭu wa ilaihi turja'ụn

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. Surat Al-Baqarah Ayat 245
Anda sibuk mencari informasi saham mana hari ini yang bagus untuk dibeli agar kedepan bisa mendatangkan profit yang luar biasa bagi anda. Anda lebih mempercayai angka angka yang tertera dalam monitor anda sebagai sesuatu yang bisa anda prediksi kedepanya seperti apa.

Didalam surat Al-Baqarah 245 Allah SWT telah melakukan IPO Initial Public Offering Allah sendiri menawarkan hayu bagi siapapun yang mau memberikan pinjaman kepada Allah akan diberi keuntungan berlipat ganda.

Jadi agak konyol jika ada orang sangat susah melakukan sedekah,infaq,wakaf padahal sebaik baiknya perdagangan adalah berdagang dengan Allah.Anda ingin rezeki anda langgeng dan tidak akan pernah miskin budayakan sedekah,infaq dan wakaf dalam keluarga anda.Latih anak anak anda untuk mudah bersedekah sejak dini.
LihatTutupKomentar