Free Backlink Checker Dari Bing Webmaster Tools

Free Backlink Checker Dari Bing Webmaster Tools. Bagi yang memiliki website, SEO pasti menjadi salah satu hal yang sangat Anda pedulikan. Saat ini sudah banyak tools SEO online yang dapat membantu memantau dan meningkatkan SEO website. Bing Webmaster Tools adalah salah satunya.


bing webmaster
Free Backlink Checker Dari BIng Webmaster Tools


Apa itu Alat Webmaster Bing?


Seperti namanya, Bing Webmaster Tools adalah pembantu SEO untuk mesin pencari Bing. Bisa dibilang Bing Webmaster Tools bekerja mirip dengan Google Search Console, hanya saja mesin pencari yang digunakan adalah Bing.


Sekalipun Bing hanya digunakan untuk 2,88% pencarian online, bukan berarti bisa diabaikan. Optimasi sasaran dari semua mesin pencari pasti akan berdampak positif pada situs web Anda.


Cara mendaftar dan memverifikasi Alat Webmaster Bing


Pada bagian ini, kita akan membahas cara menggunakan alat webmaster Bing. Mulai dari cara mendaftar hingga cara membaca laporan dari alat SEO ini.


Sebelum memulai, Anda memerlukan akun Bing. Mereka menawarkan 3 metode pendaftaran untuk dipilih: akun Microsoft, akun Google atau akun Facebook.


Daftarkan situs web Anda dengan Alat Webmaster Bing


Jika Anda sudah memverifikasi website Anda di Google Search Console, Anda bisa mengimpornya langsung ke Bing Webmaster Tools, jadi tidak perlu verifikasi ulang. Namun, Anda juga dapat mendaftarkan situs web Anda secara manual di kolom yang tersedia.


Verifikasi situs web


Jika Anda menambahkan situs web secara manual, Anda perlu memverifikasi situs web tersebut terlebih dahulu. Setelah menambahkan situs web dan menekan "Tambah", Anda dapat memulai proses verifikasi.


Anda dapat memilih dari 3 proses verifikasi:


Verifikasi file -XML: Unduh file BingSiteAuth.xml dan letakkan di direktori root situs web.

-Verifikasi tag meta: Masukkan kode yang diberikan oleh Bing di kode halaman muka (home page) situs web Anda.

Verifikasi -DNS: Masukkan konfigurasi DNS di direktori DNS pada halaman panel kontrol situs web.


Setelah proses verifikasi selesai, Anda mungkin perlu menunggu 1-2 hari agar Bing menganalisis dan memberikan data lengkap tentang SEO situs Anda.


Cara menggunakan alat webmaster Bing


Jika Anda belum pernah menggunakan Alat Webmaster Bing, jangan khawatir. Antarmuka alat ini sangat sederhana dan mudah dimengerti.


Setelah berhasil memverifikasi situs web, Anda akan dapat mengakses semua informasi terkait SEO yang Anda cari. Mari kita bahas menu di Bing Webmaster Tools.


Rumah


Dasbor situs web memberikan ringkasan singkat tentang aktivitas terbaru situs web Anda di Bing. Di halaman ini, Anda dapat melihat jumlah klik, tampilan, rasio klik-tayang (CTR), rata-rata posisi situs, permintaan dan kesalahan crawl, dan jumlah halaman yang diindeks.


Selain itu, Anda dapat menelusuri tampilan ringkasan kesalahan terkait SEO di situs web.


Efek pencarian


Di menu hasil pencarian Bing Webmaster Tools, Anda dapat melihat informasi rinci tentang kata kunci mana yang mengarah ke situs web Anda. Grafik yang ditampilkan sama dengan grafik di homepage, namun di sini Anda juga bisa menemukan daftar kata kunci di bawahnya.


Pemeriksaan URL


Anda dapat menggunakan menu ini untuk memeriksa halaman situs web. Hasil pemeriksaan akan menampilkan dua data: Indeks Status


Masalah -SEO


Selain itu, jika halaman yang diperiksa tidak terdaftar di pustaka Bing, Anda juga bisa meminta pengindeksan.


Browser web


Penjelajah situs web adalah menu tempat Anda dapat menelusuri URL dan sub-URL di situs web. Mulai Januari 2021, fitur ini masih dalam versi beta (beta).


Pada tampilan Web Explorer, Anda dapat melihat daftar domain dan subdomain, informasi crawl, ringkasan dan klik URL, dan beberapa status penting lainnya.


Peta Situs


Di menu ini, Anda dapat melihat ringkasan peta situs yang sedang digunakan, dan jika struktur situs web berubah, Anda dapat mengunggah peta situs baru. Bing akan menggunakan peta situs ini sebagai "peta" untuk menjelajahi situs web Anda. Tentunya, sitemap akan mempercepat proses crawl dan indexing website di Bing.


Kirimkan URL


URL Submission adalah menu di mana Anda dapat meminta robot perayap Bing untuk merayapi halaman situs web sehingga dapat dimasukkan dalam indeks mesin pencari. Anda dapat menelusuri 1.000 URL setiap hari.


Gunakan alat pengoptimalan SEO di alat webmaster Bing


Anda dapat menemukan empat menu di bawah menu SEO di sidebar Bing Webmaster Tools. Mari kita bahas setiap menu dan tujuannya.


Tautan balik


Seperti namanya, Anda bisa menggunakan menu ini untuk melihat laporan terkait backlink ke website Anda. Selain jumlah dan sumber backlink, Anda juga bisa melihat konten anchor text yang mengarah ke website Anda.


Riset kata kunci


Selain menyediakan fungsi analisis, Alat Webmaster Bing juga menyediakan fungsi penelitian kata kunci. Fitur ini sangat berguna untuk menentukan konten apa yang bisa dibuat selanjutnya atau menyempurnakan konten yang sudah ada.


Laporan SEO


Menu laporan SEO di Bing Webmaster Tools berisi laporan tentang SEO situs web Anda. Di sini, Anda dapat melihat masalah SEO situs web berdasarkan jenis, kompleksitas, dan halaman bermasalah.


Pemindaian situs web


Pemindaian situs di Bing Webmaster Tools adalah fitur yang dapat digunakan untuk menemukan masalah SEO umum di situs Anda. Anda dapat mengatur pemindaian ke satu halaman atau seluruh situs web, dan membatasi jumlah halaman yang diperlukan.


Menu "Konfigurasi" di Alat Webmaster Bing


Di menu ini, Anda dapat mengatur kontrol perayapan dan memblokir URL. Mari kita bahas lebih lanjut tujuan dari setiap menu.


Kontrol perayapan


Kontrol perayapan di Bing Webmaster Tools adalah menu yang dapat digunakan untuk mengontrol kapan robot browser Bing dapat menjelajahi situs web Anda. Di sini Anda dapat mengatur waktu mesin pencari Bing untuk memasuki situs web Anda dengan cepat dan lambat. Anda dapat memilih dari beberapa preset yang disediakan oleh Bing, atau Anda dapat mengatur preferensi Anda sendiri.


Blokir URL


Anda dapat mematikan akses mesin pencari Bing ke halaman atau direktori di situs web Anda. Ada dua pilihan fitur "Block URL" di Bing Webmaster Tools, yaitu memblokir atau mencegah caching sepenuhnya. Selain itu, mereka juga menyediakan opsi ekspor untuk membantu dalam audit lokasi.


Menu "Alat dan Penyempurnaan" di Alat Webmaster Bing


Menu ini berisi alat dan fungsi lain, yang dapat Anda gunakan sebagai parameter lain untuk mengelola dan mengoptimalkan situs web Anda.


Penguji robot.txt


Di menu ini, Anda dapat menguji robots.txt yang diinstal di situs web. Selain itu, Anda juga dapat menguji halaman untuk melihat apakah halaman tersebut diblokir oleh indeks Bing.


Verifikasi Bingbot


Fungsi bingbot verifikasi Bing Webmaster Tool sangat berguna untuk mengetahui apakah alamat IP tersebut milik robot Bing. Ini berguna jika robot tak dikenal ingin menjelajahi situs web Anda sehingga Anda dapat memblokirnya.


Fitur Microsoft Clarity di Bing Webmaster Tools


Microsoft Clarity di Bing Webmaster Tools adalah alat tambahan baru yang dapat digunakan untuk melihat data berguna seperti sesi pengunjung, peta panas, dan wawasan yang direkam di situs web. Lebih baik lagi, alat tersebut dapat digunakan secara gratis. Mari kita bahas fitur-fitur ini.


Pemutaran percakapan


Fitur ini digunakan untuk merekam beberapa sesi pengunjung untuk melihat apa yang mereka lakukan di situs web Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan situs web Anda.


Tentunya fitur ini sangat berguna untuk melihat bagian mana dari website yang tidak valid atau kurang diperhatikan oleh pengunjung.


Heatsmap


Fitur peta panas di Alat Webmaster Bing dirancang untuk menunjukkan bagian situs web Anda yang paling banyak diklik. Data yang didapat dari heat map sangat berguna untuk meningkatkan click-through rate dan conversion rate pada website.


Pada artikel ini, kami membahas sepenuhnya alat webmaster Bing. Meski Google memang menjadi mesin pencari yang paling umum digunakan, tidak ada salahnya mengoptimalkan SEO website untuk mesin pencari lainnya.


Free Backlink Checker Bing Webmaster Tools



LihatTutupKomentar